Vidi Aldiano (MataMata.com/Evi Ariska]

Matamata.com - Hidup dengan satu ginjal kini tengah dijalani oleh Penyanyi Vidi Aldiano. Sebelumnya pada 14 Desember 2019, penyanyi 30 tahun itu divonis menderita kanker ginjal stadium tiga dan melakukan operasi pengangkatan di Singapura. 

Kini, meski hidup dengan hanya satu ginjal, Vidi Aldiano merasa sehat.  Penyanyi  30 tahun ini bersyukur meski telah kehilangan satu ginja. Malah ia tak mau menyi-nyiakan hidupnya sekarang dengan mengubah gaya hidup.

Vidi Aldiano (MataMata.com/Evi Ariska]

"Gue sekarang kan ginjalnya tinggal satu. Diet makanannya, semuanya yang nggak memperparah kerja ginjal gue ini. Gue juga nggak boleh kerja berat, olah raga juga nggak boleh keras, cardio aja," kata Vidi Aldiano, di channel YouTube Nikita Willy yang diunggah Jumat (5/12/2020).

Baca Juga:
Vidi Aldiano Blak-blakan Soal Hidup dengan Satu Ginjal

Vidi Aldiano juga kini menerapkan diet plant-based selain rajin olahraga. Pelantun "Nuansa Bening" ini tak lagi mengonsumsi daging merah.

Vidi Aldiano dan Sheila Dara Aisha. [Instagram]

"Daging merah kan tinggi banget kreatin. Dokter sih nggak ada yang bilang larang gue makan ikan atau ayam sih. Cuma gue kemarn yg cobain plant-based diet. Gue sekarang olahraga cuma sepeda, squash sama badminton," ujar Vidi Aldiano.

Vidi Aldiano menyadari bahwa kesehatan menjadi teramat penting setelah kehilangan satu ginjal. Vidi yang tadinya pekerja keras dan memiliki ambisi besar di dunia musik, kini menjaga kesehatan sebagai prioritas utama.

Baca Juga:
Diajak Nikita Willy dan Indra Bulan Madu ke Antartika, Vidi Aldiano Syok

"Gue Aries, ambisius banget. Dulu gue pekerja kerasa banget. Tapi setelah itu (terkena kanker) gue merasa semua harta, karya itu nggak ada gunanya. Punya itu semua kalau nggak sehat buat apa?," tutur Vidi Aldiano.

"Dari dulu gue pengin sukses, ingin membahagiakan orang-orang sekitar gue. Tapi gimana lu mau menyayangi orang-orang yang lu sayang, kalau lu sendiri sakit. Dulu prioritas pekerjaan, sekarang diri sendiri dan orang-orang yang sayang sama gue dan gue sayang mereka juga," ucap Vidi Aldiano.

Vidi Aldiano, Indra Priawan, Nikita Willy. (YouTube/Vidi Aldiano, Instagram/nikitawillyofficial94)

Selain itu, Vidi Aldiano juga kini tersadar dirinya disayangi banyak orang. Banyak penggemar yang menawarkan ginjal untuknya usai divonis kanker. 

"Gue merasa terharu, banyak banget yang nawarin (donor ginjal). Ada yang bilang, 'kak aku nggak butuh duit, aku cuma ingin kakak berkarya. Gue merinding. Orang random, kita nggak kenal, bisa sebaik itu," imbuh Vidi Aldiano.

Tapi Vidi Aldiano memastikan dirinya belum hingga saat ini belum membutuhkan tranplantasi ginjal. "Aku belum butuh, dan jangan sampai butuh. Karena kalau ginjal kita sehat nggak apa-apa. So far belum perlu lah," kata Vidi Aldiano.

Load More