Yohanes Endra Evi Ariska | MataMata.com
Billy Syahputra ditemui di Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (20/1/2021). (MataMata.com/Herwanto)

Matamata.com - Billy Syahputra ternyata pernah bercita-cita menjadi abdi negara. Namun, cita-cita itu harus dipendam karena terhalang restu sang kakak, almarhum Olga Syahputra.

Sejak lulus SMA, Billy Syahputra bertekad menjadi tentara atau polisi. Kekasih Amanda Manopo ini memiliki tujuan mulai di balik cita-citanya. Hal itu terungkap di kanal YouTube Atiek Nur Wahyuni yang diunggah pada Rabu (27/1/2021).

"Jadi setelah lulus SMA keinginan itu aku pengin banget jadi tentara atau polisi antara dua itu. Karena aku ingin melindungi bangsa, negara dan keluarga aku," kata Billy Syahputra.

Baca Juga:
Ini Alasan Billy Syahputra Masih Belum Siap Menikah dengan Amanda Manopo

Tak sekedar cita-cita masa kecil, Billy Syahputra bahkan sudah melakukan berbagai persiapan demi mewujudkan mimpinya.

"Setelah lulus SMA keinginan itu sudah pengin tercapai karena aku belajarnya sama tentaranya langsung. Dari segi fisik, segi otak, sudah belajar semua," ungkapnya.

Baca Juga:
Nonton Adegan Mesra Amanda Manopo, Raut Wajah Billy Syahputra Disorot

Setelah melakukan persiapan dengan matang, laki-laki 30 tahun ini kemudian meminta izin keluarga. Mengantongi restu orangtua, ia terpaksa mengurungkan niatnya karena terhalang restu mendiang Olga Syahputra.

"Ketika sudah belajar suatu ketika aku bilang sama almarhum Olga Syahputra, 'Yoga Bang Billy mau masuk tentara.' Yoga tiba-tiba kaget di rumah, 'nggak deh Bang Billy, Yoga takut. Takutnya Bang Billy diapa-apain.' Diapa-apain dalam arti tonjok, dipukul, ya diapa-apain," imbuhnya.

"Terus dengan gamblangnya aku bilang, 'memang seperti itu Yoga. Karena kita pengin menjaga negara pendidikannya memang seperti itu'. Lagian kan belum tentu dipukup-pukul dan identik tentara kan memang keras, benar-benar untuk menjaga negara kita," sambungnya.

Baca Juga:
Billy Syahputra Dikabarkan Terpapar Covid-19, Ibu Amanda Manopo Bilang Gini

Padahal menurut Billy Syahputra, memang sudah sewajarnya abdi negara harus menempuh pendidikan yang keras. Namun Olga Syahputra tetap pada pendiriannya tak setuju dengan cita-cita sang adik.

"Tapi karena almarhum punya hati yang lembut, dia nggak mau adiknya kenapa-kenapa. Tanda kutip dalam arti takut pendidikan seperti itu (keras). Tapi itu hal yang wajar sebenarnya, tentra itu keras, kuat, berani. Nah dari situ nggak di restui," ujarnya.

Orangtua Billy Syahputra juga sempat berlinang air mata ketika mendiang Olga Syahputra tak memberi restunya. Ia kemudian memilih mengubur cita-citanya tersebut. 

Baca Juga:
Kenang Hidup Susah, Billy Syahputra Pernah Tidur di Samping WC Umum

"Ketika nggak direstui, mama bapak sedikit kecewa, nangis karena kan cita-cita aku. Tapi aku izin sama kakak nggak direstui ya apa boleh buat. Takutnya kan kalau salah satu keluarga nggak ngerestui takutnya kenapa-kenapa," jelasnya.

Tak mendapat izin jadi tentara, pemilik nama asli Jhoni Rhoma Billy Iskandar ini tak kehabisan akal. Diam-diam di belakang Olga Syahputra, dia mendaftarkan diri masuk akpol.

"Tiba-tiba karena masih keinginan (jadi abdi negara mengebu-gebu) aku masuk polisi diam-diam nggak bilang. Baru mau daftar, akpol jenjang paling tinggi yang kalau keluar perwira. Pendidikannya itu kurang lebih empat tahun," kata Billy Syahputra terkekeh.

Aksi sembunyi-sembunyi itu tak berbuah manis. Untuk kedua kalinya Billy Syahputra harus mengubur mimpinya karena nilai rata-ratanya tidak masuk persyaratan.

"Nilainya kan harus 7,0 aku nilainya 6,8 kurang 0,2 nilai rata-rata ya maksudnya dikalkulasikan. Wah akhirnya nggak bisa masuk akpol, ya sudah lah," tutur Billy Syahputra.

Load More