Rio Reifan (MataMata.com/Ismail)

Matamata.com - Bergandengan dengan Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 Indonesia atau (Amphibi), aktor ganteng Rio Reifan mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Hal ini karena dia berpartisipasi menanam 5000 pohon mangrove di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

Pada Jumat (26/2/2021), Rio dan rekan-rekannya di Amphibi menerima penghargaan di kantor MURI, kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

"Kebetulan kemarin di tanggal 21 Februari ada acara penanaman 5 ribu mangrove, pohon yang hidupnya di payau dan di laut. Tapi kita dari Amphibi menanam di darat di Bantar Gebang," kata Rio sebagai Duta LH Amphibi, usai menerima penghargaan.

Baca Juga:
Belum Cerai dari Rio Reifan, Henny Mona Lagi Dekat dengan Sandy Tumiwa

Rio Reifan (MataMata.com/Ismail)

Menurut Rio, menanam pohon mangrove, bukan di kawasan air payau sulit dilakukan secara ilmiah. Tapi dia dan teman-temannya berhasil menanamnya di lahan tak biasa.

"Makanya kita dapat apresiasi dari MURI. Dan hari ini kita diserahin dan dicatat oleh MURI untuk penanaman Magrove di tempat sampah Bandar Gebang," ujar dia.

Salah satu tujuan menanam pohon mangrove di sana untuk mencegah kelongsoran sampah. Dia tak ingin mengulang tragedi longsornya TPA Luwigajah Bandung yang memakan korban jiwa pada 21 Februari 2005. "Sampahnya sudah menggunung banget, berbukit-bukit," katanya.

Baca Juga:
Fakta Baru Terungkap, Rio Reifan dan Henny Mona Nikah Siri di Penjara

Rio Reifan (MataMata.com/Ismail)

Meskipun penghargaan tersebut diberikan bukan untuk dirinya pribadi, Rio Reifan senang. Paling tidak, dia ikut berperan dalam kegiatan peduli terhadap lingkungan.

"Saya kebetulan dipercaya sebagai duta lingkungan hidup di sini. Jadi saya harus meningkatkan lagi peduli terhadap lingkungan terutama DKI Jakarta dan sekitarnya," kata Rio Reifan. Wow, keren nih Rio Reifan dapat rekor MURI dalam kegiatan peduli lingkungan bersama rekan-rekannya. 

Load More