Tinwarotul Fatonah Ismail | MataMata.com
Zumi Zola (Instagram/@zumizola_corner)

Matamata.com - Mantan Gubernur Jambi sekaligus aktor Zumi Zola mengajukan peninjauan kembali (PK) atas vonis 6 tahun terkait kasus gratifikasi yang menjeratnya. Bukan tanpa alasan, di situ ia meminta keringanan hukuman.

Keringanan hukum diminta punya tujuan pribadi, menurutnya ia mau merawat ibunya yang sudah sepuh.

"Ini usaha saya untuk mendapatkan keringanan hukuman. Semata-mata niatnya adalah untuk bisa cepat pulang merawat ibu saya," kata Zumi Zola usai sidang PK di Pengadilan Tipikor Jakarta, kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga:
Tiap Bulan Zumi Zola Tetap Transfer Rp20 Juta untuk Anak meski di Penjara

Sidang tersebut beragendakan pembacaan surat dakwaan, sebelumnya KPK menetapkan Zumi Zola sebagai tersangka dalam dua kasus berbeda. Kasus dugaan penerimaan gratifikasi dan kasus dugaan suap di Jambi. (Suara.com/Muhaimin A Untung)

Menurut lelaki 40 tahun ini, ibunya kini tinggal seorang diri. Sebagai anak, dia ingin berbakti pada sang bunda di sisa-sisa hidupnya.

"Orangtua saya tinggal satu, ayah saya sudah meninggal. Ibu saya sudah sepuh dan saya ingin sekali merawat beliau," katanya.

Alasan lain, Zumi Zola juga ingin membimbing kedua anaknya yang saat ini masih kecil. "Dan tentu membesarkan, membimbing anak-anak saya yang masih kecil itu aja," ujar Zumi Zola.

Baca Juga:
Zumi Zola Jalani Sidang PK, Bawa Berkas Bertumpuk

Karenanya, Zumi Zola berharap ada angin segar dari putusan PK nanti. "Jadi saya minta doanya untuk mendapatkan yang terbaik," ujar Zumi Zola.

Zumi Zola dan Sherrin Tharia. (Suara.com, Instagram/@stharia)

Zumi Zola resmi mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, pada Rabu (6/1/2021).

Sebelumnya, Zumi Zola divonis enam tahun penjara atas perkara penerimaan gratifikasi dan memberikan suap kepada anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019 terkait pengesahan APBD tahun anggaran 20017 dan 2018.

Baca Juga:
Mantan Istri Zumi Zola Lepas Hijab, Penampilan Sherrin Tharia Disorot

Load More