Yohanes Endra | MataMata.com
Komedian Kiwil berpose di depan kamera ketika ditemui usai menjalani sidang cerai di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Rabu (10/2/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]

Matamata.com - Nama Kiwil kembali menjadi perbincangan seiring dengan kabar dirinya menggugat cerai istri pertamanya, Rochimah. Namun, jauh sebelum itu, Kiwil juga kerap menjadi sorotan karena aksi kocaknya saat melawak.

Ya, Kiwil dikenal karena kepiawaiannya membikin penonton tertawa. Dia juga sudah membintangi berberapa film antara lain Tulalit, Setan Budeg, dan Paku Kuntilanak. Tak cuma melawak yang membuat kehidupan pria bernama asli Wildan Delta ini dekat dengan gosip, kehidupan pribadinya pun ramai setelah dia memutuskan untuk menikah tiga kali.

Seperti apakah sosok pelawak ini? Berikut profil Kiwil.

Baca Juga:
Rochimah Klaim Resmi Cerai, Bagaimana Nasib Kiwil?

Komedian Kiwil dan Istri pertamanya, Rochimah berpose di depan kamera ketika ditemui usai menjalani sidang cerai di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Rabu (10/2/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]

Awal Karir Kiwil

Kiwil lahir di Jakarta 10 Agustus 1972 silam. Namanya mulai dikenal publik setelah rutin tampil melawak di tahun 1997. Karirnya pun makin cemerlang setelah mendapatkan tawaran bermain di beberapa serial komedi televisi seperti Dikejar Surga (2011) dan Cantik-Cantik Kucing Dapur (2017).

Di bulan Ramadan, tawaran mengisi acara sahur dan buka puasa makin laris berdatangan. Kiwil langganan muncul di acara Yuk Kita Sahur, Yuk Smile, dan Ngabuburit. Total sekitar sembilan acara televisi dia bintangi.

Baca Juga:
Rohimah Girang Dirangkul Pria Tampan, Kiwil Kalah Jauh!

Tak puas begitu saja, Kiwil juga merambah dunia film. Wajahnya menghiasi layar bioskop lewat berbagai film komedi dan horor seperti Paku Kuntilanak (2009) yang melambungkan namanya setelah beradu akting dengan Dewi Persik. Film-film Kiwil lainnya adalah Nenek Gayung (2012) dan Pokun Roxy (2013).

Komedian Kiwil berpose di depan kamera ketika ditemui usai menjalani sidang cerai di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Rabu (10/2/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]

Kehidupan Asmara Kiwil

Sayangnya kisah kesuksesan Kiwil di dunia akting dan hiburan tak sejalan dengan kisah asmaranya. Kiwil dikabarkan baru saja digugat cerai dua istrinya setelah menikah sebanyak tiga kali. Kiwil pertama kali menikah tahun 1998 silam, tepat setahun sejak karirnya di dunia hiburan melejit. Istri pertamanya, Rohimah, memberi Kiwil empat buah hati.

Baca Juga:
Rochimah Akrab Nongkrong Bareng Eva Belisima di Bali: Kiwil Gak Bersyukur!

Pada 2003, Kiwil menikah lagi dengan Meggy Wulandari. Dari pernikahannya yang kedua, sang komedian itu dikaruniai tiga anak. Kiwil kini adalah bapak dari tujuh anak. Namun Rohimah dan Meggy diketahui kerap terlibat cekcok.

Pada 23 Februari 2011 Kiwil mengumumkan talak dua kepada istri keduanya, Meggy. Tak lama berselang dia juga menjatuhkan talak dua pada istri pertamanya Rohimah. Pada Agustus 2020 lalu, Meggy dan Kiwil resmi bercerai dengan gugatan awal dari pihak Meggy.  

Belum lama berselang, Kiwil kini dikabarkan sudah menikah lagi dengan seorang pengusaha asal Kalimantan, Eva Belisima secara siri.

Baca Juga:
Hakim Kabulkan Gugatan Cerai Rochimah, Sikap Kiwil Ditunggu

Ini berarti Eva adalah istri sah ketiga Kiwil. Sebuah video yang diunggah di kanal Youtube Beepdo menunjukkan ada tujuh orang hadir di pernikahan Eva-Kiwil, termasuk seorang penghulu. Pernikahan itu berlangsung secara Islam. 

Kekinian, Eva Bellisima mengaku telah berpisah dengan Kiwil usai menjalin pernikahan yang hanya bertahan beberapa bulan saja.

Demikian profil Kiwil dan perjalanan kisah asmaranya. (Nadia Lutfiana Mawarni)

Load More