Wawan Wanisar [YouTube BG Tran]

Matamata.com - Aktor Wawan Wanisar meninggal dunia pada Senin (29/3/2021). Dia menghembuskan napas terakhir di usia 71 tahun dan meninggalkan empat orang anak.

Deddy Mizwar melalui akun media sosialnya pada Senin (29/3/2021), menyampaikan kabar duka tersebut. Sebagai sesama aktor, Deddy Mizwar mengakui kehebatan seorang Wawan Wanisar dalam berakting. "Innalilahi wainna ilaihi rojiun. Satu lagi aktor film dan sinetron kembali ke pangkuan Ilahi, hari ini 29 Maret 2021," tulis Deddy Mizwar.

"Bung Wawan Wanisar lahir 13 Desember 1949. Beliau telah mengabdikan diri di perfilman Indonesia dan meraih berbagai penghargaan. Tokoh yang pernah dilakoni antara lain sebagai Lettu Pierre Tendean dalam film G30S/PKI dan juga berperan sebagai Mayor Lukman di film Nagabonar," sambung Deddy Mizwar lagi.

Baca Juga:
Pemeran Pierre Tendean di Film G30S/PKI Meninggal

Wawan Wanisar Meninggal (Instagram/@deddy_mizwar)

Kronologi meninggalnya Wawan Wanisar diungkapkan oleh istri almarhum, Sri Rohayati. Menurut Sri, Wawan tak memiliki tanda-tanda akan berpulang sebelum meninggal dunia.

"Nggak ada tanda-tanda. Pagi masih biasa dia gunting kuku terus makan siang jam satu. Jadi nggak ada tanda-tanda sekali dia mau pergi," ujar Sri Rohayati ditemui di rumah duka, kawasan Tajurhalang, Bogor, Jawa Barat, Selasa (30/3/2021).

Setelah itu, Sri menyebut bahwa Wawan Wansiar ingin ke kamar mandi untuk buang air besar. Namun, sang istri baru sadar bahwa suaminya sudah tak bernyawa beberapa jam kemudian. 

Baca Juga:
Kakak Boiyen Meninggal Dunia, Kezia Karamoy Melahirkan Anak Ketiga

"Cuma dia habis makan, 'mama mau ke kamar mandi, mau buang air'. Saya tinggal ke belakang, terus kok lama banget di kamar mandi. Nggak tahunya dia tengkurap di kloset," kata Sri Rohayati.

Istri almarhum Wawan Wanisar, Sri Rohayati (MataMata.com/Herwanto)

Sayangnya, di rumah cuma ada Wawan Wanisar dan Sri Rohayati. Sri pun teriak meminta pertolongan tetangga karena tak kuat mengangkat sang suami seorang diri. 

"Itu saya di rumah sendiri kan nggak mungkin saya angkat kan. Jadi saya cuma teriak, 'papa bangun, papa bangun'. Akhirnya saya nggak kuat, saya keluar rumah dan teriak 'tolong, tolong'. Karena saya sendiri," ucap Sri Rohayati.

Baca Juga:
Profil Olga Syahputra, Komedian yang Meninggal Dunia 6 Tahun Lalu

Menurut Sri Rohayati, Wawan Wanisar meninggal dengan cara khusnul khatimah. Bahkan, saat dimandikan jenazah pun masih dalam keadaan bersih.

"Alhamdulilahnya dia meninggal tidak nyusahin dan alhamdulilahnya sampai yang mandiin bilang 'itu di badan nggak ada kotorannya'. Mungkin dia sudah nyiapin dirinya buat bersih-bersih," kata Sri Rohayati.

"Kukunya sudah dipotongin sendiri. Memang jalannya begitu, dia mau bersihin dirinya dulu sebelum meninggal," ucap Sri Rohayati.

Istri almarhum Wawan Wanisar, Sri Rohayati (MataMata.com/Herwanto)

Tapi sayangnya, MataMata.com belum bisa mendapat informasi apa penyebab Wawan Wanisar meninggal dunia. Wawan Wanisar dikenal sebagai aktor yang cemerlang. Ia sudah memulai karier di dunia seni peran sejak 1982 melalui film G 30 S/PKI. Di situ, ia berperan sebagai Kapten Piere Tendean.

Wawan Wanisar juga pernah memerankan Dukun Datuk dalam film Dukun AS (Misteri Kebon Tebu) yang dirilis pada 1990. Di masa bangkitnya film Indonesia, Wawan Wanisar juga masih laku membintangi sejumlah film seperti The Fabulous Udin (2016), Lukisan Ratu Kidul (2019), Cinta Tanpa Tapi (2021) dan Berhenti di Kamu (2021).

Wawan Wanisar juga laris di dunia sinetron selain main film. Salah satu judul sinetron yang dibintangi adalah Pesantren Rock N Roll.

Load More