Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Angelina Sondakh. (Suara.com/Oke Atmaja)

Matamata.com - Karena cerita perjalanan spiritualitasnya di penjara, profil Angelina Sondakh belakangan ramai diperbincangkan. Angelina Sondakh yang merupakan seorang mualaf kini telah hafal 15 juz Al quran hingga jadi guru ngaji di penjara. Bagaimana ya kabar Angelina Sondakh sekarang?

Pada 2011 silam, Angelina Patricia Pinkan Sondakh atau akrab dikenal dengan Angelina Sondakh pernah ramai menjadi sorotan publik. Dia terseret korupsi Wisma Atlet Palembang dan juga kala suaminya, Adjie Massaid Februari 2011 silam.

Namun, di balik itu semua, Angelina Sondakh juga sempat menuai prestasi lewat ajang Putri Indonesia 2001 dan pernah menjadi Duta Orang Utan untuk penyelamatan satwa langka ini pada 2005. Untuk menjawab rasa penasaran, berikut profil Angelina Sondakh selengkapnya biar kamu nggak penasaran. 

Baca Juga:
Nyesek! Keanu Massaid Ingin Jenguk Angelina Sondakh di Bui dan Ngaji Bareng

Angelina Sondakh. (Suara.com/Oke Atmaja)

Profil Angelina Sondakh

Angelina Sondakh mengawali karier secara nasional lewat pemilihan Putri Indonesia 2001. Sebelumnya, perempuan berdarah Manado tapi lahir di Australia 28 Desember 1977 ini menamatkan pendidikan dasar dan menengah di Manado.

Ketika memutuskan untuk membuka hati kepada suaminya, mendiang Adjie Massaid, Angelina Sondakh memutuskan memeluk Islam atau mualaf.  Angelina Sondakh tidak segan-segan mempelajari tentang agama Islam, meski berasal dari daerah yang mayoritas penganut agama Nasrani,.

Baca Juga:
Vanessa Angel Dapat Jamur Hasil Berkebun di Penjara dari Angelina Sondakh

Usai bebarapa tahun menjadi mualaf, suami yang memperkenalkannya belajar agama Islam harus dipanggil Allah ke pangkuan-Nya secara mendadak akibat penyakit serangan jantung, tepatnya pada bulan Feburuari 2011. 

Terpidana kasus korupsi proyek di Kemenpora dan Kemendiknas Angelina Sondakh bersaksi dengan terdakwa M Nazaruddin di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (6/1).

Dia hijrah ke ibu kota saat berkuliah di Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta jurusan Ekonomi. Dia juga belajar di Year 9 – 10 Presbyterian Ladies College, Sydney, Australia dan Year 11 Armidale Public High School, Armidale, Australia.

Pada tahun 1993, Angelina Sondakh meraih penghargaan Outstanding Effort in Maths, Textile & Design and Scripture Presbyterian Ladies College, Sydney dan Certificate of Merit in Chemistry Armidale Public High School, Armidale, NSW (1994), serta Juara III Putri Ayu Manado (1995).

Baca Juga:
Keanu Massaid Curhat Sedih Tak Bisa Jenguk Angelina Sondakh

Juara I dan Juara Favorit Puteri Pixy Manado; dan Juara I dan Puteri Intelegensia sebagai Puteri Simpatik Manado adalah sejumlah penghargaan yang diraih Angelina Sondakh pada tahun 1995

Angelina Sondakh (suara.com/oke atmaja)

Prestasi itu terus berlanjut hingga Angelina Sondakh meraih gelar Puteri Indonesia Sulawesi Utara (2001) dan memenangi ajang yang sama di tingkat nasional pada 2001.

Prestasi itu membawa Angelina Sondakh kepada karier selanjutnya sebagai Duta Orang Utan pada 2005 dan didapuk sebagai anggota DPR dari Partai Demokrat pada pemilihan umum 2004.

Sayang menjadi wakil rakyat tak serta merta membuat jalan Angelina Sondakh mulus. Dia tercatat sebagai tersangka kasus hukum dugaan suap Kemenpora atas proyek Wisma Atlet Jakabaring, Palembang untuk penyelenggaraan Sea Games ke-26 pada 2011 lalu.

Kasus serupa juga menyeret nama politisi Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin. Gara-gara kasus tersebut, Angelina Sondakh dijatuhi hukuman paling lama 20 tahun penjara dan belum bebas hingga saat ini.

Wah, Angelina Sondakh jadi guri ngaji di penjara. Itu dia profil Angelina Sondakh. [Nadia Lutfiana Mawarni]

Load More