Yohanes Endra | MataMata.com
Aktris Cornelia Agatha ketika ditemui saat peluncuran Komnas Anak TV di Kantor Komisi Nasional Perlindungan Anak, Jakarta Timur, Senin (12/4/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]

Matamata.com - Cornelia Agatha kembali menuai perhatian karena pengakuannya mewariskan sebuah lembaga kepada anak-anaknya. Cornelia Agatha termasuk salah seorang artis yang sangat peduli terhadap perlindungan anak dari kekerasan.

Untuk menyalurkan kepeduliannya, perempuan 48 tahun itu mendirikan Lembaga Perlindungan Anak. Cornelia Agatha berharap anak-anaknya bisa meneruskan semangat dan dedikasinya. 

"Saya membuat lembaga perlindungan anak ini untuk anak-anak saya ke depan. Saya bilang ini investasi, ini untuk kalian," kata Cornelia Agatha, saat ditemui di Kantor Komnas Anak, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Senin (12/4/2021).

Baca Juga:
Anggap Penting Edukasi Seks Sejak Dini, Cornelia Agatha: Agar Bisa Menjaga

Aktris Cornelia Agatha ketika ditemui saat peluncuran Komnas Anak TV di Kantor Komisi Nasional Perlindungan Anak, Jakarta Timur, Senin (12/4/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]

Diketahui, Cornelia Agatha ini dikenal sebagai salah satu publik figur yang begitu peduli pada perlindungan anak-anak di Indonesia. Bahkan, untuk menyalurkan kepeduliannya, ia sampai membangun Lembaga Perlindungan Anak.

Rencananya, lembaga tersebut akan ia wariskan pada anak-anaknya kelak. Harapannya, anak-anaknya tetap melanjutkan semangatnya dalam membantu serta melindungi anak-anak Indonesia. Buat yang ingin mengenal lebih dekat sosoknya, berikut ini profil Cornelia Agatha.

Profil dan Biodata Cornelia Agatha

Baca Juga:
Dengar Kasus Kakek Setubuhi Cucu, Cornelia Agatha Prihatin

Cornelia Agatha lahir pada 11 Januari 1973 di Jakarta. Perempuan berdarah Jawa, Manado, Jerman dan Belanda ini dikenal membintangi banyak sinetron, salah satunya sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Perempuan yang akrab disapa Lia ini merupakan Putri dari pasangan Dave Maramis dan Erry Yudha Asri ini. Tahun 2006, ia menikah dengan Sony Lalwani. Keduanya dikaruniai dua anak bernama Makayla Athaya Lalwani dan Tristan Athala Lalwani. Namun, keduanya bercerai pada tahun 2013.

Aktris Cornelia Agatha ketika ditemui saat peluncuran Komnas Anak TV di Kantor Komisi Nasional Perlindungan Anak, Jakarta Timur, Senin (12/4/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]

Perjalanan Karier Cornelia Agatha

Baca Juga:
Cornelia Agatha Jadi Advokat, Disangkutpautkan Status Insinyur Si Doel

Bakat aktingnya sudah terlihat sejak ia masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Pada tahun 1998, tepatnya saat masih duduk di bangku SMP, ia memberanikan diri untuk terjun ke dunia seni peran. 

Hal tersebut dibuktikannya dengan bermain layar lebar. Ia debut dalam film remaja populer berjudul Lupus. Selain itu, ia juga bermain dalam film ‘Elegi Buat Nana’ dan film ‘Rini Tomboy’. 

Diketahui, film ‘Rini Tomboy’ sukses membawanya masuk dalam jajaran nominasi Festival Film Indonesia 1992 kategori Aktris Terbaik. Tahun 2005, ia bermain dalam film ‘Detik Terakhir’.

Baca Juga:
Jaga Jarak, Cornelia Agatha Curhat Pilu Tak Bisa Cium Anak

Melalui film Detik Terakhir, ia sukses masuk nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 2005, Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Jakarta 2006, dan Aktris Terfavorit di Indonesian Movie Awards 2007.

Ia juga masuk nominasi Pasangan Terfavorit di Indonesian Movie Awards 2007, Pasangan Terbaik di Indonesian Movie Awards 2007. Tahun 2007, ia sukses mendapatkan penghargaan dari Indonesian Movie Awards sebagai Aktris terbik. Tahum 2006 sukses mendapatkan penghargaan dari Festival Film Bandung 2006 sebagai Aktris Terpuji

Masih pada tahun 1992, ia memulai debut di layar kaca. Beberapa sinetron dibintanginya, beberapa di antaranya yaitu ‘Si Doel Anak Sekolahan’ ( musim pertama sampai keenam). Melalui sinetron ini juga namanya semakin dikenal khalayak luas.

Ia juga bermain dalam sinetron ‘Wanita Pilihan’ yang membuatnya mendapatkan penghargaan di Forum Film Bandung Tahun 2002 sebagai Aktris Terpuji. 

Nah, itulah informasi mengenai profil Cornlia Agatha pemeran Sarah di sinetron ‘Ai Doel Anak Sekolahan’ yang mewariskan lembaga perlindungan anak ke anak-anaknya. (Ulil Azmi)

Load More