Angel Lelga. (MataMata.com/Rena Pangesti)

Matamata.com - Belum lama ini, artis Angel Lelga dan Syakir Daulay tampil di sebuah acara adat yang digelar di Pelauw, Kepulauan Haruku, Maluku Tengah. Rupanya, mereka hadir di kawasan tersebut atas undangan dari keluarga model cilik, Husein Latuconsina.

Meski tak tinggal di sana, keponakan Elma Theana itu tengah menjalankan tradisi Tatiana yang merupakan tradisi injak bumi dan gunting rambut masyarakat berdarah Ambon. 

"Di situ ada beberapa proses adat budaya yang diselenggarakan sesuai dengan adat istiadat di sana, Tatiana, jadi walaupun kita lahirnya di mana pun, kembali ke sana tetap harus dibikin adat secara adat istiadat di sana," kata Muh. Rakib Latuconsina, ayah Husein Latuconsina mengawali saat dihubungi pada Selasa (25/5/2021).

Baca Juga:
Disinggung Lebaran Jadi Ketemu Rhoma Irama, Begini Reaksi Angel Lelga

Alasan mengundang dua public figure tersebut pun diungkap olehnya. Dia ingin memberikan pengetahuan tentang tradisi adat itu adalah salah satu diantaranya. 

Kebersamaan Angel Lelga, Syakir Daulay dan Husein Latuconsina [istimewa]

"Tujuannya ngundang mba Angel dan Syakir itu pengin berikan satu pengetahuan bahwa di kampung kami ini ada lho adat seperti ini, terus yang kedua kita patut melestarikan budaya yang sudah dilaksanakan oleh nenek moyang kita di zaman dulu,” sambungnya.

Bisa tampil di Ambon dan menyaksikan prosesi adatnya, Angel Lelga cukup antusias. Ini merupakan pengalaman yang tak terlupakan baginya. 

Baca Juga:
Angel Lelga Betah Menjanda, Ogah Hartanya Dimanfaatkan Suami

"Kali ini itu spesial banget karena dari awal aku datang, masuk ke salah satu daerahnya, kita nyebrang itu dengan sambutan, dikasih kalung, pakai sarung, kaya sambutan, terus masuk ke dalam kapal tapi di kapalnya itu jalan kaki gitu, kan ini buat aku tuh lucu ya ini adatnya gitu,” tutur Angel Lelga kepada wartawan.

Angel Lelga. (MataMata.com/Rena Pangesti)

Anggapan bahwa orang-orang Ambon menyeramkan ditepis oleh mantan istri Vicky Prasetyo ini. Hal itu tak terbukti saat ia bertandang dan menikmati budaya serta tradisinya.

"Saya juga pakai sarung kemarin, istri Abang kan pakai sarung tapi dua lapis, terus aku tanya kenapa dua lapis, Ternyata kalau dua lapis itu (menandakan) sudah menikah, kalau selapis belum menikah," beber Angel Lelga.

Baca Juga:
Angel Lelga Kasih Emas Batangan ke Anak Buat Hadiah Lebaran

Keindahan alam dan budaya di Haruku begitu dikagumi oleh pemain film Susuk Pocong itu. Keramahan masyarakat menyambut kedatangannya bikin Angel Lelga terkesan.

"Luar biasa sekali ya (budayanya) gotong royong mereka itu sangat luar biasa dan apa ya, tadinya kita pikir orang Ambon tuh kan serem serem ya, besar-besar gitu yang kita tahu, tapi ternyata mereka tuh ramah, hatinya melow dan makanannya juga luar biasa enak ya," pungkas Angel Lelga.

Load More