Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Fakta Arie Untung (Instagram/@ariekuntung)

Matamata.com - Arie Untung baru-baru ini menuai sorotan karena responsnya terhadap batalnya ibadah haji 2021 karena Indonesia tak mendapat izin dari pemerintah Arab Saudi. Seperti diketahui, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memutuskan bahwa Indonesia memberangkatkan jemaah haji Indonesia 1442 H/2021 M karena masih tingginya kasus COVID-19 di berbagai negara. Demi keselamatan warga negara, pemerintah membatalkan pemberangkatan haji.

Sebagai respons, Arie Untung mempertanyakan kembali alasan di balik batalnya ibadah haji 2021 untuk warga Indonesia. Ia juga mengatakan bahwa pembatalan haji sebenarnya tidak lebih menyedihkan karena umat Islam jauh akan lebih rugi apabila tidak diizinkan untuk masuk ke surga oleh Allah. Pria kelahiran 1976 itu mempertanyakan jika Allah membuka pintu surga untuk beberapa negara, tapi orang Indonesia tidak termasuk di dalamnya.

Fakta Arie Untung (Instagram/@ariekuntung)

Terlepas dari komentarnya tentang pembatalan ibadah haji 2021, Arie Untung memang dikenal sebagai artis yang tak sungkan menyampaikan opininya di media sosial. Berikut ini lima fakta Arie Untung di bawah ini.

Baca Juga:
Muslim Indonesia Belum Boleh Laksanakan Haji, Ini Tanggapan Arie Untung

1. Mantan VJ MTV dan Bintang Film

Fakta Arie Untung (Instagram/@ariekuntung)

Karier Arie Untung di dunia hiburan diawalinya sebagai VJ MTV. Arie menjadi VJ MTV di MTV Indonesia selama lima tahun, tepatnya mulai 2000 hingga 2005. Setelah itu, ia mencoba peruntungan dengan debut di layar lebar, mengikuti jejak mantan VJ MTV lainnya, Dewi Rezer dan Nirina Zubir.

Arie pertama kali membintangi film Brownies produksi SinemArt yang dirilis pada 2004. Dalam film tersebut, Arie berperan sebagai Lilo serta beradu akting dengan Marcella Zalianty dan Bucek Depp. Deretan film yang dibintangi setelahnya adalah Barongsai, Gotcha (2006), Namaku Dick (2008), Maling Kutang (2009), Insya Allah Sah (2017) dan terakhir Ayat-Ayat Cinta 2 (2017).

Baca Juga:
Kocak Banget! Arie Untung Lupa Lagi Puasa Lahap Makan Sampai 2 Piring

2. Suami Fenita Arie

Fakta Arie Untung (Instagram/@ariekuntung)

Pada 5 Februari 2005, Arie Untung menikahi Fenita Arie yang lebih muda 10 tahun darinya. Pernikahan mereka dikaruniai tiga anak. Anak selung mereka, Misbareta Fathir Gavin Daffa lahir pada 10 November 2005, sementara Misbareta Aisyah Mikhaila lahir pada 5 Maret 2008. Kemudian 23 Agustus 2016, anak bungsu mereka lahir dan diberi nama Mezbareta Yusuf Athalla.

Arie Untung membangun perusahaan yang bergerak di bidang off air dan on air entertainment bersama sang istri. Perusahaan yang diberi nama FAM (Fajar Anugrah Media) itu telah memproduseri banyak acara televisi dan beberapa iklan. Debut mereka di layar lebar adalah film 3 (Alif Lam Mim) kerja sama dengan Multivision Plus.

Baca Juga:
Dude Harlino Berwajah Melas di Acara Resepsi UAS: Gara-gara Arie Untung!

3. Hampir Bercerai

Fakta Arie Untung (Instagram/@ariekuntung)

Arie Untung nyaris bercerai dengan Fenita Arie karena keputusannya berhijrah. Kembali pada 2016, Arie mulai berani membagikan ajakan dan seruan berhijrah dalam agama Islam, membuatnya dibully sok alim. Saat itu Fenita rupanya kurang sreg dengan perubahannya. Suatu ketika, ia dan Fenita terlibat aduh mulut dan nyaris bercerai. Untunglah, mereka mampu menyelesaikan masalah.

Setahun kemudian, Fenita menyusul Arie berhijrah. Ia sempat menceritakan proses hijrahnya yang tentu saja melibatkan sang suami. Fenita mengenakan hijab untuk pertama kalinya sekitar awal 2018. Potret Fenita berhijab dibagikan oleh Arie di mana ia juga memberikan doa lewat caption.

Baca Juga:
5 Kontroversi Ucapan Arie Untung, Bahas Riba Bawa-bawa Raja Salman

4. Pernah Dicaci Maki Karena Remehkan Virus Corona

Fakta Arie Untung (Instagram/@ariekuntung)

Tahun lalu ketika pandemi COVID-19 atau virus Corona menghantam dunia, termasuk Indonesia, Arie Untung mengemukakan opini kontroversial yang membuatnya dicaci maki oleh netizen. Saat itu, ia membandingkan virus Corona yang tengah merebak dengan kelaparan.

Menurut Arie, kelaparan lebih berbahaya dari virus Corona merujuk pada kenyataan bahwa banyak anak yang meninggal karena kelaparan. Setelah membaca opini Arie Untung, netizen menyayangkan sikapnya yang kurang bijak karena bisa membuat yang lain ikut meremehkan virus. Netizen minta Arie untuk tidak membanding-bandingkannya karena pengaruhnya sebagai tokoh publik.

Demikianlah fakta Arie Untung, artis yang kecewa karena ibadah haji 2021 dibatalkan.


Kontributor: Chusnul Khotimah

Load More