Gaya Uki Eks NOAH. (Instagram/uki_kautsar)

Matamata.com - Mantan gitaris band NOAH, Mohammad Kautsar Hikmat atau Uki eks NOAH sempat menyebut musik merupakan pintu maksiat yang membuat hukumnya haram. Ucapannya itu kemudian menuai pro kontra dari para musisi.

Ustaz Zacky Mirza sendiri punya pendapat lain menanggapi hal itu. Menurutnya, musik tidaklah haram bagi sebagian muslim lainnya, begitu pula sebaliknya.

Uki NOAH merambah bisnis pakaian. [Instagram]

"Ada beberapa hukum yang selisih pendapat. Satu ulama dengan ulama yang lain. Mazhab satu dengan yang lain, beda. Termasuk di antaranya adalah musik," ungkap ustaz Zacky Mirza di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga:
7 Gaya Uki Eks NOAH Usai Hijrah, Lebih Agamis dan Berjenggot

"Ada sebagian ulama yang menyebut musik ini haram. Sebagian besar mengatakan musik ini justru tergantung (kita) bisa membawa iman kita menjadi lebih baik atau jangan-jangan malah turun," sambungnya.

Tangkapan layar video Ustaz Zacky Mirza. [Ist]

Ustaz Zacky Mirza sendiri berpendapat semua tergantung bagaimana niat dan jenis musiknya. Sholawat yang disenandungkan misalnya, jika mendengar syair itu bisa menambah kecintaan kepada islam, maka tidaklah haram musiknya.

"Contoh musik shalawat, itu kan buat kita inget Allah. Tergantung orangnya sih, kalau segala syair dalam lagu, bahkan lagu cinta sekalipun, kalau kita bawa syair itu kepada Allah jadi indah," jelasnya. "Tapi ketika lagu itu merangsang syahwat, itu menjadi haram," imbuhnya lagi.

Baca Juga:
Uki eks NOAH Viral, Gus Miftah Ungkap Musik yang Diharamkan dalam Islam

Uki eks Noah [MataMata.com/Revi]

Seperti diketahui, Uki eks NOAH kini hijrah dan menjauhi musik. Dia membuat pernyataan musik adalah pintu maksiat belum lama ini. Apabila seseorang tidak lagi berurusan dengan musik, otomatis ia juga akan menutup pintu-pintu berbau haram atau hal yang dilarang.

"Jadi dari segi musiknya, karena ketika musik itu gak kalian lakukan, otomatis kalian menutup pintu khamar (minuman keras), rokok juga, terus bercampur dengan wanita. Ya, jadi dengan menutupnya pintu musik dan industri musik, kalian itu menutup banyak hal yang sifatnya mudharat (merugikan)," tutur Uki.

Bahwa apa yang dilakukannya dahulu dalam bermusik tidak membuatnya bangga diakui olehnya. Sebab kariernya di NOAH dirasa tidak akan bisa meningkatkan derajatnya di hadapan Allah.

Baca Juga:
Banjir Doa, Istri Uki eks NOAH Melahirkan Anak Ketiga

Load More