Yohanes Endra | MataMata.com
Artis Dadakan yang Kini Tenggelam. (MataMata.com/Herwanto)

Matamata.com - Berbeda dengan dulu, kini siapa saja dapat menjadi selebriti dengan begitu mudah sejak adanya media sosial. Tanpa harus ikut casting, orang biasa dapat menjadi terkenal selama mereka bisa menjadi viral di media sosial dengan kelakuan mereka yang unik dan lucu.

Selain mendapatkan followers dalam jumlah banyak, para selebriti dadakan tersebut tak jarang diundang untuk menjadi bintang tamu dalam beberapa program televisi. Beberapa di antaranya sukses mendapat kontrak eksklusif oleh stasiun televisi dan bahkan diajak untuk bermain film ataupun sinetron, lho.

Sayangnya, karena dunia entertainment merupakan industri dengan pergerakan yang sangat cepat, para selebriti yang tidak mengembangkan diri sebagai entertainer ataupun tidak pernah mempertimbangkan risiko menjadi seorang entertainer akan kalah saing dengan cepat. Mereka dapat dengan mudah tersingkir dari dunia entertainment dan tergantikan oleh artis-artis pendatang baru lainnya. 

Baca Juga:
Viral Saipul Jamil dan Indah Sari Pakai Baju Pengantin

Tak hanya kehilangan pekerjaan, nama besar yang telah mereka bangun selama ini pun perlahan memudar dan mulai dilupakan. Tak jarang, beberapa dari mereka berakhir hidup mengenaskan, lho. Yuk simak daftar artis dadakan yang kini tenggelam berikut ini!

1. Sinta dan Jojo

Artis Dadakan yang Kini Tenggelam (YouTube/Starky Aji; Instagram/@sisisinta/@jojoevitae)

Sinta dan Jojo bisa dibilang sebagai salah satu artis dadakan generasi pertama. Jauh sebelum ada TikTok, keduanya sudah dikenal publik karena memparodikan dan lipsync lagu Keong Racun di tahun 2010-an silam. Sejak video lipsync mereka viral di internet, duo cantik asal Bandung ini mulai diundang untuk mengisi beberapa program televisi dengan aksi lipsync mereka yang mencuri perhatian tersebut. 

Baca Juga:
Viral Atta Halilintar Punya 'Kembaran' di Australia, Wajahnya Mirip Banget!

Bahkan, Sinta dan Jojo sempat masuk ke dalam manajemen artis milik Charly Van Houten dan dibuatkan lagu. Sayangnya, album tersebut tidak laku di pasaran. Perlahan, popularitas Sinta dan Jojo di dunia hiburan pun mulai meredup hingga akhirnya keduanya menghilang tanpa kabar.

2. Norman Kamaru

Artis Dadakan yang Kini Tenggelam. (Youtube/NormanKamaru)

Kalian tentunya masih ingat dengan mantan polisi asal Gorontalo yang bernama Norman Kamaru ini, kan? Ia mulai mencuri perhatian karena video dirinya yang menyanyikan lagu Chaiya Chaiya saat tengah bertugas tersebut viral di dunia maya pada tahun 2011 lalu. 

Baca Juga:
Viral Pria Mirip Suami Jessica Iskandar, Vincent Verhaag: Ini Adik Gue!

Suara dan gayanya yang unik tersebut akhirnya menarik perhatian banyak orang hinga ia kerap diundang ke berbagai acara televisi. Meskipun sempat menerima penghargaan karena berhasil menampilkan citra baik polisi, Norman Kamaru yang tergiur dengan gemerlap dunia entertainment pun akhirnya diberhentikan secara tidak terhormat karena melalaikan tugasnya sebagai polisi selama 3 bulan berturut-turut.

Ia kemudian merantau ke Jakarta demi mewujudkan keinginannya sebagai seorang artis. Sayangnya, karena kurangnya kemampuannya dalam bertahan di dunia hiburan, keberadaannya di dunia hiburan mulai tergeser. Tak lagi mendapatkan pekerjaan di layar kaca, Norman Kamaru akhirnya memutuskan untuk berjualan bubur manado demi menyambung hidup.

3. Udin Sedunia

Artis Dadakan yang Kini Tenggelam. (Instagram/realudinsedunia)

Artis dadakan yang kini tenggelam selanjutnya dikenal dengan nama Udin Sedunia. Pria asal Lombok, Nusa Tenggara Barat ini membuat lagu berjudul Udin Sedunia yang kemudian viral karena liriknya yang unik.

Karena kekocakan lagunya tersebut, Udin Sedunia pun mulai tampil di layar kaca dan bahkan dikontrak untuk menjadi pengisi acara dalam beberapa program televisi, lho. Sayangnya, ia tak dapat mempertahankan popularitasnya.

Kini ia masih sering menjadi entertainer off-air di kampung halamnnya dan bahkan masih menciptakan lagu. Meskipun demikian, media dan publik seakan mulai melupakan dan mengabaikan keberadaannya. 

4. Caisar YKS

Artis Dadakan yang Kini Tenggelam. (Instagram/caisar_aditya)

Mengawali kariernya di dunia entertainment sebagai asisten pribadi komedian Yadi Sembako, Caisar Putra Aditya mulai dikenal sejak ia diminta menjadi penari di program spesial ramadhan Yuk Kita Sahur. Karena senyum dan goyangannya yang khas, stasiun televisi swasta tersebut pun meminta Caisar untuk terus mengisi program tersebut hingga akhir ramadhan.

Sejak saat itu, Caisar pun mulai dibanjiri banyak job untuk tampil dalam berbagai program televisi. Bahkan, acara Yuk Kita Sahur tersebut pun berganti nama menjadi Yuk Keep Smile dan mengontrak Caisar untuk menjadi pengisi acara tetap selama beberapa tahun.

Kini, Caisar YKS memutuskan untuk hijrah dan tak lagi bergelut di dunia hiburan. Bahkan, Caisar memilih hidup sederhana bersama keluarga kecilnya dan menjajal beberapa jenis usaha.

5. Ade Londok

Artis Dadakan yang Kini Tenggelam (MataMata.com/Herwanto)

Ade Londok merupakan salah satu artis dadakan yang cukup terbaru sehingga sosoknya masih fresh di ingatan banyak orang. Dengan strategi marketingnya yang unik, video review-nya di YouTube pun selalu sukses memperkenalkan berbagai macam jajanan khas Sunda. Bahkan, ia juga sukses membuat salah satu lapak odading yang dipromosikannya ramai didatangi pengunjung.

Tak heran jika Ade Londok pun didaulat menjadi duta kuliner Jawa Barat oleh Ridwan Kamil. Selain itu, ia juga mulai kerap diundang untuk tampil di berbagai stasiun televisi. Sayangnya, sikapnya yang terkesan norak dan tidak sopan di layar kaca tersebut mulai membuat warganet risih dan menghujatnya. 

Bahkan, ia pernah menjatuhkan nama baik dan mempermalukan pelawak senior Maling Tong Tong saat berusaha melucu di salah satu program televisi. Kelakuannya yang dinilai sudah keterlaluan tersebut akhirnya membuat Ade Londok tak lagi dipanggil syuting. Demi menyambung hidupnya, Ade Londok kini kembali menekuni profesi lamanya sebagai seorang tukang jahit.

Itulah lima nama artis dadakan yang kini tenggelam. Dengan kerasnya dunia entertainment, seorang artis memang tak bisa hanya mengandalkan popularitas sesaat, ya. Jika mereka tak bisa mengasah nilai jual mereka, alhasil karier mereka sebagai entertainer akan berakhir dalam sekejab.

Kontributor: Wahyu Panca Handayani
Load More