Yohanes Endra | MataMata.com
Posan Tobing. (MataMata.com/Evi Ariska)

Matamata.com - Posan Tobing mengabarkan bahwa ia tengah menggugat label musik Warner Music Indonesia (WMI). Gugatan tersebut rupanya terkait hak royalti ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Hari ini kami datang ke persidangan Jakarta Pusat itu semata-mata hanya untuk mempertanyakan bagaimana hasil atau hak dari pada Posan Tobing," kata Posan Tobing ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (29/11/2021).

Posan Tobing di Hard Rock Kafe, Jakarta Pusat, Jumat (24/8/2018). [suara.com/Wahyu Tri Laksono]

Secara spesifik, Gugatan Posan Tobing ini terkait lagu ciptaannya yang berjudul Sayang. Pada 2012, lagu tersebut dipopulerkan oleh Shae.

Baca Juga:
Buka Suara Soal PP Royalti, Gisella Anastasia Mendukung Tapi...

Mantan drummer Kotak ini enggan secara langsung menyebutkan nama pihak tergugat. Namun ia mengatakan label musik itu cukup dikenal hingga di luar negeri.

"Mengenai nama gugatannya bisa diliat di pengadilan ya. Rumah musik di Indonesia dan asiliasi di luar negeri," ujarnya.

Posan Tobing. (MataMata.com/Evi Ariska)

"Kami tim kuasa hukum Posan Tobing menggugat rumah musik WMI di Indonesia dan perusahaan afiliasinya di Malaysia," kata kuasa hukum Posan, Djohansyah, menimpali.

Baca Juga:
Disebut Dalang PP Royalti Lagu dan Musik, Fiersa Besari Bilang Gini

Menurut Djohansah, pihaknya telah melayangkan gugatan pada Juni 2020. Tapi karena terkendala pandemi covid-19, persidangan sempat tertunda.

"Baru belakangan sidang lagi. Hari ini sidangnya adalah agenda saksi," kata Djohansyah.

Posan Tobing. (MataMata.com/Evi Ariska)

Selain saksi, Djohansyah juga membawa beberapa barang bukti.

Baca Juga:
Anji Soroti Komentar Julian Jacob soal Royalti, Bisa Sesatkan Masyarakat!

Nilai gugatan yang dilayangkan Posan Tobing tak main-main, yakni Rp 5 miliar. Djohansyah beralasan lagu tersebut telah mendapatkan 10 penghargaan sejak 2016.

"Nilai gugatannya lebih dari Rp 5 Milyar, Posan Tobing pekerja kreatif ini seniman ini mencipta lagu judulnya 'Sayang' dapat 10 platinum mungkin lebih dari itu, mari temen temen bantu cek berapa platinum yang didapat Posan Tobing," ujar Djohansyah.

Baca Juga:
Julian Jacob Izinkan Lagunya Diputar Tanpa Bayar Royalti, Malah Dicibir

Load More