Yohanes Endra | MataMata.com
Artis Berjuang Jalani Bayi Tabung. (Instagram/zaskiasungkar15)

Matamata.com - Perempuan mempunyai tiga kodrat sepanjang hidupnya yaitu menstruasi, hamil, dan menyusui. Tiga kodrat ini merupakan hal yang hanya dialami oleh perempuan. Namun, tidak semua perempuan bisa menjalankan semua kodrat tersebut. Salah satunya adalah kehamilan. Sederet artis berjuang jalani bayi tabung agar bisa hamil dan memiliki anak.

Tentu saja kesuburan bukan hanya jadi masalah perempuan. Sebab laki-laki juga bisa mengalami masalah reproduksi yang membuat mereka tidak subur. Untuk urusan reproduksi baik perempuan dan laki-laki sama-sama bisa mengalami masalah. Hal ini berujung pada sulitnya untuk memeroleh keturunan.

Sulit untuk mendapatkan anak bukan berarti akhir. Sebab saat ini perkembangan teknologi sudah maju dan memungkinkan proses bayi tabung atau istilah medisnya IVF (in-vitro Fertilization). Hal ini sudah dilakukan oleh banyak pasangan yang mengalami masalah sehingga kesulitan untuk punya anak. 

Baca Juga:
Program Bayi Tabung Citra Monica Gagal, Ifan Seventeen: Kuat Terus Sayang

Usaha para artis berjuang jalani bayi tabung ini tidak selalu mulus. Ada beberapa yang harus menerima kenyataan bahwa program bayi tabung yang mereka jalani gagal. Tapi ada juga yang langsung sukses. Perjuangan mereka pun patut diapresiasi. Berikut ini Matamata.com sudah siapkan daftar artis yang berjuang jalani bayi tabung untuk bisa punya anak. Ada siapa saja kira-kira? 

1. Siti Nurhaliza

Artis Berjuang Jalani Bayi Tabung. (Instagram/ctdk)

Penyanyi Malaysia Siti Nurhaliza menikah dengan Datuk Khalid Mohamad Jiwa pada tahun 2006. Ia telah menanti cukup lama untuk bisa hamil. Tetapi usahanya belum berhasil, ia pun menjalani program bayi tabung. Kedua anaknya yang lahir pada tahun 2018 dan 2020 itu ia kandung lewat proses bayi tabung.

Baca Juga:
Program Bayi Tabung Citra Monica Gagal, Ifan Seventeen Curhat Sedih

2. Inul Daratista

Artis Berjuang Jalani Bayi Tabung. (Instagram/inul.d)

Biduan dangdut yang tenar karena goyang nge-bornya ini menikah dengan Adam Suseno. Ia menanti selama 13 tahun untuk bisa punya anak. Inul sendiri adalah artis yang mempopulerkan program bayi tabung di Indonesia. Sebab pada masa itu IVF belum populer di tanah air. Pada akhir 2008 ia mengumumkan kehamilannya yang ia dapat lewat program bayi tabung. Setelah melewati proses yang panjang dan melelahkan ia akhirnya melahirkan bayi laki-laki yang diberi nama Yusuf Ivander Damares pada 31 Mei 2009.

3. Zaskia Sungkar

Baca Juga:
5 Seleb Sukses Jalani Bayi Tabung, Ada yang Menanti 10 Tahun

Artis Berjuang Jalani Bayi Tabung. (Instagram/zaskiasungkar15)

Pasangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah juga menunggu selama 10 tahun untuk bisa menimang baby Syahki. Setelah satu dekade menanti, Zaskia dan Irwan memutuskan menjalani program bayi tabung. Perjuangan mereka akhirnya berbuah manis dengan kehadiran Ukkasya Muhammad Syahki pada Maret 2021.

4. Tya Ariestya

Artis Berjuang Jalani Bayi Tabung. (Instagram/tya_ariestya)

Tya Ariestya juga menjalani program bayi tabung. Hal ini karena ia menderita PCOS (Polycystic Ovary Sindrom) yang menyebabkan dirinya mengalami ketidakseimbangan hormon. Akibatnya kesuburannya pun terganggu. Tya dan suaminya Irfan Ratinggang sepakat untuk menjalani program bayi tabung demi mendapat anak. Kedua anak mereka yaitu Muhammad Kanaka Ratinggang dan Muhammad Kalundra Ratinggang ini merupakan hasil program bayi tabung.

Baca Juga:
Istri Natta Reza Hamil Lewat Bayi Tabung, Harus Banyak Istirahat

5. Rianty Cartwright

Artis Berjuang Jalani Bayi Tabung. (Instagram/riantic)

Rianty Cartwright menikah dengan Cassanova Alfonso pada tahun 2010. Keduanya harus menunggu 9 tahun, sebelum memutuskan menjalani program bayi tabung. Akhirnya mereka pun berhasil menimang buah hati mereka Cara Rose Kanaya.

6. Cynthia Lamusu

Artis Berjuang Jalani Bayi Tabung. (Instagram/cynthia_lamusu)

Cynthia Lamusu menikah dengan Surya Saputra dan menanti selama 8 tahun. Hingga akhirnya mereka memutuskan mengikuti program bayi tabung. Bukan hanya sekali, Cynthia dua kali di suntik inseminasi, tapi gagal. Tapi keduanya tidak putus asa. Akhirnya setelah mencoba untuk ketiga kalinya, mereka berhasil. Cynthia pun hamil anak kembar laki-laki dan perempuan yaitu Bima dan Tatjana yang dilahirkan pada November 2016 silam.

7. Naga Eks Lyla

Artis Berjuang Jalani Bayi Tabung. (Instagram/ipesinaga)

Naga eks Lyla dan istrinya Febi Rizky Andhika menjadi pejuang bayi tabung setelah 8 tahun menanti. Feby akhirnya hamil setelah dia kali menjalani bayi tabung. Pada 2009, Feby melahirkan putri cantiknya yang diberi nama Baehati Aaleyah Sinaga.

8. Gilang Dirga

Artis Berjuang Jalani Bayi Tabung. (Instagram/adieztyfersa)

Gilang Dirga dan istrinya Adiesty menjalani bayi tabung. Adiesty sebenarnya sudah dinyatakan hamil. Namun sayang janinnya tidak bisa diselamatkan setelah Adiesty mengalami pendarahan. Sebelumnya mereka juga sudah menjalani bayi tabung tapi gagal. Sampai saat ini keduanya masih berusaha untuk bisa mendapatkan anak. Mereka pun kerap mengunjungi makam anak mereka.

9. Dea Ananda

Artis Berjuang Jalani Bayi Tabung. (Instagram/dea_ananda)

Terbaru adalah Dea Ananda dan Ariel Nidji yang sudah menanti selama 12 tahun. Dea Ananda dan Ariel sama-sama punya masalah kesuburan. Dea Ananda menderita PCOS seperti Tya Ariestya, yang mengganggu kesuburannya. Sementara Ariel Nidji juga mengalami masalah kesuburan karena jumlah spermanya sedikit lantaran pola hidup yang tak sehat. Keduanya akhirnya menjalani program bayi tabung. Penantian panjang mereka terjawab saat Dea Ananda akhirnya dinyatakan positif hamil.

Kehamilan merupakan anugrah bagi setiap pasangan. Perjuangan untuk hamil setiap orang berbeda namun semuanya berjuang untuk tujuan yang sama yaitu memiliki keturunan. Para artis berjuang jalani bayi tabung untuk bisa mendapat momongan. Perjuangan mereka bikin salut karena program bayi tabung tidak hanya butuh kesiapan mental dan fisik tetapi juga materi.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More