Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Profil Davina Veronica. (Instagram/@davinaveronica)

Matamata.com - Davina Veronica mendadak ramai diperbincangkan usai menggunggah pernyataan tentang ketidaksetujuannya pada rencana crazy rich untuk membangun kebun binatang.

Davina Veronica sendiri bukan orang baru di industri hiburan tanah air. Ia adalah artis yang sudah malang melintang di dunia entertainment sejak 1995.

Profil Davina Veronica. (Instagram/@davinaveronica)

Profil Davina Veronica kini menjadi sorotan sejak unggahannya yang berisi kritik di Instagramnya ramai dibahas. Ia juga diserang oleh netizen karena diduga menyindir Raffi Ahmad yang memang telah mengungkapkan rencananya untuk bangun kebun binatang. Walau dalam pernyataan yang Davina unggah di Instagram itu tidak menyebut nama, tetap saja publik mengartikan unggahannya itu memang dialamatkan pada Raffi Ahmad. 

Baca Juga:
Geram! Davina Veronica Sindir Crazy Rich yang Bangun Kebun Binatang

Davina Veronica sendiri tidak hanya mengkritik rencana tersebut, ia juga memberikan saran yang dirasa akan lebih baik bagi semua orang termasuk binatang. Ya, Davina adalah aktivis lingkungan dan pecinta binatang. Tak heran ia begitu peduli dengan isu lingkungan dan hewan.

Kepoin profil Davina Veronica yang berani mengkritik rencana pembangunan kebun binatang crazy rich berikut ini yuk?

Profil Davina Veronica. (Instagram/@davinaveronica)

Profil Davina Veronica

Baca Juga:
Mobil Raffi Ahmad yang Ditumpangi Rafathar Menabrak Truk

Davina Veronica merupakan artis kelahiran 20 Oktober 1978. Davina Veronica yang berdarah Minahasa ini merupakan kakak dari model Stefanie Theresia Hariadi. Ia adalah anak sulung pasangan Guntur Hariadi dan Patricia Gontha.

Davina Veronica mengawali kariernya sejak usia muda. Ia menjadi model ketika usianya baru 16 tahun. Kariernya begitu cemerlang sebagai model pada kisaran tahun 1996 sampai tahun 2000an. Davina Veronica juga merupakan seorang mualaf. Awalnya ia memeluk agama Kristen sejak kecil. Ia memutuskan memeluk agama Islam pada tahun 2003. Kemudian pada tahun 2007 ia melaksanakan ibdah Umroh.

Kini Davina Veronica memang tak lagi sering muncul di layar kaca. Sebab ia fokus pada kegiatannya sebagai seorang aktivis lingkungan. Davina bergabung dengan organisasi lingkungan dan hewan seperti WWF (World Wide Fund for Nature) Indonesia. Ia juga mendirikan Garda Satwa Indonesia (GSI).

Baca Juga:
Bertemu Pejabat Tinggi, Sikap Raffi Ahmad dan Rafathar Jadi Sorotan

Profil Davina Veronica. (Instagram/@davinaveronica)

Kecintaan Davina Veronica pada satwa dan lingkungan membuatnya vokal pada masalah satwa. Baru-baru ini ia juga dengan tegas melontarkan kritik atas rencana pembangunan kebun binatang oleh crazy rich yang diduga adalah Raffi Ahmad.

Menurutnya pembangunan kebun binatang baru bukan hal bijak mengingat banyak kebun binatang yang tak terawat dengan baik di Indonesia. Karena hal ini ia pun jadi sorotan, ia bahkan menerima komentar pedas di media sosialnya.

Perjalanan Karier

Baca Juga:
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Bikin Kebun Binatang, Habis Dana Berapa?

Profil Davina Veronica. (Instagram/@davinaveronica)

Davina Veronica memulai karier sebagai model di usia 16 tahun. Masa remajanya diisi dengan menjadi model di berbagai majalah. Ia juga kerap mengikuti peragaan busana dan memakai rancangan desainer kondang. Kariernya sebagai model cukup cemerlang. Ia juga sukses menjadi finalis International Model Search di Bangkok, Thailand pada 2003. 

Tak hanya menjadi model di catwalk. Davina Veronica juga laris menjadi model video klip. Sederet musisi tanah air menggaetnya untuk jadi model video klip lagu mereka. Sebut saja Sheila On 7, Dewa 19, Hedi Yunus, juga Marcel pernah mengajak Davina jadi model untuk klip lagu mereka.

Kariernya kian mantap saat ia terjun ke dunia seni peran. Ia sudah membintangi 13 film layar lebar sepanjang kariernya, seperti Sang Pialang, Pesan Dari Surga, Badai Pasti Berlalu, Punk in Love, Ruma Maida, Bukan Cinta Biasa, juga Belenggu. Kemampuan aktingnya juga nggak kaleng-kaleng. Ia juga laris menjadi bintang iklan komersil. Berbagai merek terkenal mendapuknya jadi model iklan.

Saat ini ia memang tak lagi aktif di layar kaca. Sebab kini ia sibuk pada kegiatan sosialnya sebagai aktivis lingkungan dan hewan di Indonesia. Ia oun tergabung dalam banyak organisasi aktivis lingkungan hidup.

Aksi Sosial

Profil Davina Veronica. (Instagram/@davinaveronica)

Davina Veronica adalah pecinta hewan, ia menyayangi hewan-hewan termasuk anjing, meskipun ia seorang muslim. Baginya agama kerap menjadikan masyarakat salah paham dan memandang anjing dengan cara yang keliru. Oleh karena itu, ia ingin menjadi orang yang bisa memberikan inspirasi tentang masalah hewan.

Pada tahun 2004 ia bergabung dalam organisasi WWF (World Wide Fund for Nature) Indonesia. Ia bahkan menjadi anggota kehormatan WWF Indonesia pada tahun 2009. Tahun 2012 ia mendirikan Garda Satwa Indonesia (GSI), yayasan yang concern pada kesejahteraan hewan peliharaan. Ia terlibat di banyak aksi sosial terutama tentang lingkungan dan hewan.

Jadi tak heran jika ia merasa tak sampai hati melihat hewan-hewan yang pasti akan terkurung jika ada lagi kebun binatang yang dibangun. Ia juga tergabung dalam NGO Borneo Orangutan Survival Fundation (BOSF). BOSF fokus pada penyelamatan Orangutan, merehabilitasi, dan membuat liar kembali, dan mengembalikan mereka ke habitat asalnya di hutan yang aman bagi mereka dari tangan manusia.

Keseriusannya dalam masalah lingkungan dan satwa membuatnya merasa wajib memberikan informasi dan penyadartahuan tentang kesejahteraan satwa. Ia ingin agar masyarakat semakin sadar dan lebih memperhatikan kesejahteraan hewan.

Itulah tadi profil Davina Veronica, artis yang kini jadi aktivis lingkungan dan hewan. Ia memang lantang dan konsisten dengan aksi sosialnya untuk kepentingan lingkungan dan hewan.

Kritik yang ia lontarkan pada crazy rich tentang pembangunan kebun binatang ini juga disertai dengan saran dan berbagai alasan kenapa membangun kebun binatang bukan suatu perkara yang mendesak. Sebab masih banyak kebun binatang lain yang justru kurang terawat. 

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More