Ismail | MataMata.com
Profil Ghozali Everyday (Twitter/@Ghozali_Ghozalu)

Matamata.com - Nama Ghozali Everyday tiba-tiba viral terkenal di media sosial. Dia semakin dikenal karena berhasil menjual foto-foto selfie miliknya dengan format NFT. Harganya pun tergolong fantastis karena mencapai miliaran rupiah.

Foto-foto Ghozali dijual di OpenSea, platform marketplace yang biasa digunakan penjual, pembeli, dan kreator aset digital untuk bertransaksi dengan mata uang kripto ethereum (ETH).

Selfie Ghozali awalnya hanya dibanderol dengan harga 0,001 ETH atau sekitar Rp45 ribu. Namun harga penjualan tertinggi dari salah satu fotonya kini mencapai 11 ETH atau sekitar Rp47 miliar. Hal ini tentu saja membuat Ghozali kaya mendadak dan menjadi pusat perhatian, khususnya di dunia bisnis NFT.

Baca Juga:
Hanung Bramantyo Ungkap Kondisinya Usai Operasi Saraf Kejepit

Lantas siapa sih sosok Ghozali ini? Berikut profil Ghozali Everyday dirangkum dari berbagai sumber.

Profil Ghozali Everyday

Profil Ghozali Everyday (Twitter/@Ghozali_Ghozalu)

Nama asli Ghozali Everyday adalah Sultan Gustaf Al Ghozali. Saat ini ia masih berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

Baca Juga:
Luna Maya Punya Kursi Mewah Rp80 Juta, Titi Kamal: Jadi Takut Mau Dudukin

Ghozali Everyday diketahui mengambil jurusan animasi di kuliahnya. Sebelumnya ia merupakan siswa di SMK Negeri 5 Semarang. Ghozali adalah seorang gamer Valorant yang juga hobi main game AOV (Arena of Valor).

Mahasiswa Berprestasi

Profil Ghozali Everyday (Twitter/@Ghozali_Ghozalu)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Ghozali Everyday adalah seorang mahasiswa program studi animasi di Fakultas Ilmu Komputer di Udinus. Ia biasa membagikan karya-karya animasi dan 3D buatannya di Instagram dengan akun @ghozali_3d.

Baca Juga:
Dikira Anak Mona Ratuliu, Kesha Ratuliu Akhirnya Ungkap Wajah Ibu Kandung

Pemuda asal Semarang ini juga disebut sebagai mahasiswa berprestasi di kampus. Ia menjadi salah satu mahasiswa yang mendapat beasiswa sejak semester tiga. Tak hanya itu, Ghozali juga pernah memenangkan sejumlah kompetisi bertaraf internasional.

Awal Kepikiran Jual Selfie

Profil Ghozali Everyday (Twitter/@Ghozali_Ghozalu)

Ghozali Everyday awalnya mengenal NFT dari kampus dan dari internet. Saat itu ia hanya berpikir bahwa NFT hanya memuat karya 2D dan 3D saja. Namun Ghozali berpikir akan unik jika gambar wajahnya sendiri dijual dalam format NFT di marketplace.

Baca Juga:
7 Adu Gaya Fuji dan Kiky Saputri, Sama-sama Punya Karakter

Ghozali sengaja memasang harga tinggi agar tidak ada yang membeli foto selfienya. Ia pun tidak menyangka fotonya yang pertama kali dimasukkan ke OpenSea pada 10 Januari 2022 dipromosikan di komunitas NFT, hingga viral seperti sekarang.

Fyi, NFT adalah singkatan dari Non-Fungible Token yang berarti aset digital yang hanya dimiliki oleh satu orang. Ada banyak barang yang bisa dijual dalam bentuk NFT, mulai dari aset game, foto, video, musik dan lain-lainya.

Tajir Karena Jual Selfie

Profil Ghozali Everyday (Twitter/@Ghozali_Ghozalu)

Ghozali menjual total 933 foto selfie yang diambilnya selama lima tahun sejak 2017 hingga 2021 melalui OpenSea. Siapa yang menyangka jika foto selfie Ghozali diminati dari harga 3 ETH atau sekitar Rp14 juta sampai 11 ETH atau Rp47 miliar.

Di antara pembeli NFT Ghozali, ada dua sosok terkenal yakni Reza Arap dan Chef Arnold. Menurut Reza Arap, ia tertarik membeli NFT Ghozali karena ingin apresiasi atas konsistensi pemuda kreatif tersebut membuat foto selfie selama lima tahun.

Total Keuntungan Ghozali

Profil Ghozali Everyday (Twitter/@Ghozali_Ghozalu)

Meski laku hingga puluhan miliar, total cuan yang dikantongi Ghozali hanya mencapai Rp1,5 miliar sejauh ini. Itu karena Ghozali hanya mendapat hasil dari harga jual awal dan persenan royalti di setiap transaksi.

Ghozali menyampaikan bahwa cuan hasil penjualan NFT akan ditabung untuk mewujudkan impiannya. Cita-citanya saat ini adalah bekerja di studio animasi. Kelak ia akan memiliki studio animasinya sendiri setelah mendapatkan banyak pengalaman.

Itu dia profil Ghozali Everyday, pemuda Indonesia yang kaya mendadak karena jual selfie. Melihat kisah Ghozali, mungkin kamu mulai tertarik mengumpulkan selfiemu untuk dijual kelak.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More