Ismail | MataMata.com
Ari Lasso. (Instagram/ari_lasso)

Matamata.com - Dewa 19 salah satu band besar yang legendaris bagi para penikmat musik Tanah Air. Sepanjang kariernya band ini telah beberapa kali mengalami pergantian personel, termasuk vokalis.

Dewa 19 pertama kali dibentuk pada tahun 26 Agustus 1986 di Surabaya. Grup ini meraih kesuksesan sepanjang dekade 1990-an dengan vokalis Ari Lasso dan dekade 2000-an dengan vokalis Once Mekel.

Band legendaris bentukan Ahmad Dhani ini sempat vakum dan tidak menelurkan karya baru. Namun beberapa waktu belakangan, Dewa 19 mulai mengambil tawaran untuk kembali naik panggung.

Baca Juga:
Tsania Marwa Diam-diam Punya Pacar Baru Setelah 3 Tahun Menjanda

Ahmad Dhani juga berperan sebagai vokalis, tapi Dewa 19 juga memberikan beberapa pilihan vokalis, yakni Ari Lasso, Once Mekel dan Virzha. Nah, berikut ini adu gaya 4 vokalis Dewa 19!

1. Ahmad Dhani

Ahmad Dhani saat diwawancarai Anji (Youtube.com/AnjiManji)

Ahmad Dhani adalah salah satu dari empat orang yang menjadi awal pembentukan Dewa 19. Ia membentuk band yang awalnya bernama Booster ini pada tahun 1986, bersama Erwin Prasetya, Wawan Juniarso dan Andra Junaidi.

Baca Juga:
Akui Sheila Dara Tak Bisa Masak, Vidi Aldiano Kecewa?

Nama band kemudian diganti jadi Dewa, akronim dari nama mereka. Ahmad Dhani berperan sebagai vokalis sekaligus keyboardist. Meski beberapa kali mengalami pergantian personel, suami Mulan Jameela tersebut tetap mempertahankan posisinya di grup.

Selama berkarier dengan Dewa 19, Ahmad Dhani dikenal karena gayanya yang nyentrik. Ayah lima anak itu pernah tampil gondrong hingga kini khas dengan jenggotnya. Namun tidak bisa dipungkiri jika gayanya di panggung sangat karismatik.

2. Ari Lasso

Baca Juga:
Lucinta Luna Diajak Makan Pedas, Khodam Auto Keluar!

Ari Lasso. (Instagram/ari_lasso)

Ari Lasso bergabung dengan Dewa 19 sebagai vokalis sekitar tahun 1988. Bersama Ari Lasso, grup ini meraih kesuksesan sepanjang dekade 1990-an. Album perdana mereka "19" yang dirilis pada 1992 meledak dan laris di pasaran.

Namun hubungan Ari dengan Dewa 19 mulai memburuk setelah dirilisnya album Pandawa Lima tahun 1997. Di tengah proses penggarapan album Bintang Lima, ia mengundurkan diri. Posisinya digantikan oleh Once Mekel.

Ari Lasso dikenal karena suaranya yang merdu dan kuat. Gayanya di panggung memancarkan pesona yang kuat, bahkan saat ia hanya memakai t-shirt saja. Kabar terbaru, Ari Lasso dinyatakan sembuh dari kanker limfoma yang diidapnya sejak Januari 2021 lalu.

Baca Juga:
Profil Medina Zein, Influencer yang Lepas Jilbab setelah Kabar Suaminya Berselingkuh

3. Once Mekel

Once Mekel (MataMata.com/Sumarni)

Era Dewa 16 dengan vokalis Once Mekel juga tak kalah bersinar saat mereka bersama Ari Lasso. Grup ini menelurkan sejumlah karya musik yang sukses besar selama dekade 2000-an. Bersama Once, Dewa 19 mengganti nama mereka jadi Dewa saja.

Pada tahun 2011, Once keluar dari Dewa 19 dan grup tersebut memutuskan untuk vakum. Once sendiri terus mengembangkan kariernya sebagai penyanyi solo, dan meluncurkan sebuah album berjudul Once.

Gaya khas Once adalah rambut lurusnya yang gondrong. Warna suaranya sangat berbeda dari Ari Lasso, tapi sama kuatnya. Gaya Once di panggung tentu saja tak kalah memukau dari vokalis Dewa 19 lainnya.

4. Virzha

Virzha [Suara.com/Revi C Rantung]

Selain Ari Lasso dan Once Mekel, Dewa 19 juga menawarkan Virzha sebagai vokalis mereka. Pemilik nama Di Muhammad Devirzha itu adalah juara ketiga Indonesian Idol musim kedelapan pada tahun 2014.

Virzha digaet Ahmad Dhani jadi vokalis baru Mahadewa menggantikan posisi Judika. Mahadewa adalah grup band yang dibentuk Dhani pada 2011 dengan beberapa personel Dewa 19.

Dalam acara bincang-bincang bersama Gofar Hilman pada 2021, Virzha mengatakan bahwa Dewa 19 saat ini tidak memiliki vokalis tetap. Namun Dewa 19 akan mengajaknya, Ari Lasso atau Once jika naik panggung.

Demikian potret adu gaya 4 artis yang pernah jadi vokalis Dewa 19 di panggung. Siapa favoritmu?

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More