Ismail | MataMata.com
Zumi Zola

Matamata.com - Beberapa artis ini pernah menjadi kepala daerah. Nama besar mereka di dunia hiburan ternyata mampu membawa mereka menjadi seorang politikus.

Para artis ini mengikuti Pemilu dan Pilkada dengan harapan bisa menjadi pemimpin yang arif bijaksana sesuai janji mereka saat berkampanye. Namun ada beberapa diantara mereka justru harus dibui.

Walau demikian, tetap ada cukup banyak artis yang sukses menjadi kepala daerah dan bisa membawa daerah yang mereka pimpin maju.

Baca Juga:
Anak Inul Daratista Makin Kurus, Kecantikan Ibu Mertua Titi Kamal Disanjung

Simak daftar artis pernah jadi kepala daerah yang sudah dihimpun dari berbagai sumber.

1. Deddy Mizwar

Artis Pernah Jadi Kepala Daerah (Suara.com/Ismail)

Deddy Mizwar sudah sangat dikenal oleh masyarakat sebagai artis dan produser kenamaan. Siapa sangka dulunya ia adalah Pegawai Negeri Sipil alias PNS di Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Tapi demi kariernya sebagai artis, ia memilih berhenti jadi PNS dan mengejar mimpi menjadi artis.

Baca Juga:
Ini Lirik Lagu Love You Like - VIVIZ

Pada tahun 2012, Deddy Mizwar banting setir ke dunia politik dan mencalonkan diri menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat. Ia pun sukses dengan karier politiknya dengan terpilih menjadi Wakil Gubernur. Pada tahun 2018 ia kembali maju dan mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat namun kali ini ia gagal dan kalah dari Ridwan Kamil.

2. Dede Yusuf

Artis Pernah Jadi Kepala Daerah (Instagram/@ddyusuf66)

Aktor yang tenar di tahun 90-an, Dede Yusuf pernah menjadi idola perempuan di masa itu. Ia juga menjadi presenter dan produser lho. Namun di tahun 2008 ia memilih mundur dari dunia hiburan yang membesarkan namanya dan terjun ke dunia politik. Ia berhasil menjadi wakil Gubernur Jawa Barat berdampingan dengan Ahmad Heryawan.

Baca Juga:
Anak Sulung Positif Covid-19 dan Demam Berdarah, Meggy Wulandari: Sekejab Hati Hancur Rasanya

3. Rano Karno

Artis Pernah Jadi Kepala Daerah(MataMata.com/Alfian Winanto)

Aktor senior yang akan segera menyapa penggemar lewat film barunya Pelangi Tanpa Warna, Rano Karno juga menjadi salah satu artis yang pernah jadi kepala daerah. Pemeran Si Doel ini awalnya menjadi Wakil Bupati Tangerang untuk periode 2008-2012. Ia mengundurkan diri pada tahun 2011, dan mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Banten.

Ia berpasangan dengan Ratu Atut Chosiyah yang kemudian dicopot karena kasus suap Pilkada. Rano Karno pun ditunjuk menjadi Plt. Gubernur Banten menggantikan Ratu Atut. Kini ia menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 dan tetap melanjutkan kariernya sebagai artis.

Baca Juga:
9 Artis Rayakan Ulang Tahun di Dalam Penjara, Ada Ahmad Dhani dan Jerinx SID

4. Pasha Ungu

Artis Pernah Jadi Kepala Daerah(MataMata.com/Yuliani)

Vokalis band Ungu, Pasha alias Sigit Purnomo menjadi wakil Wali Kota Palu di tahun 2015 dan berhasil terpilih. Namun selama menjabat, Pasha terlibat kontroversi yang membuat publik ragu atas kapasitasnya sebagai wakil kepala daerah. Beberapa kontroversi Pasha ketika menjadi pejabat adalah model rambutnya yang dianggap tidak etis dan tidak pantas bagi seorang pejabat dan pemimpin daerah.

Gaya berbusananya juga dianggap tidak sesuai dengan protokol. Bahkan di masa jabatannya, ia tetap manggung dengan Ungu di Singapura dan Malaysia. Hal ini dianggap menyalahi aturan dan menuai protes dari netizen. Pasha telah menyelesaikan masa jabatannya pada 17 Februari 2021 kemarin.

5. Zumi Zola

Artis Pernah Jadi Kepala Daerah (Zumi Zola Suara.com)

Aktor dan mantan kekasih Ayu Dewi, Zumi Zola pernah menjabat sebagai Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur selama periode 2011-2016. Selepas masa jabatannya sebagai bupati, ia mencalonkan diri menjadi Gubernur Jambi periode 2016-2021 dan berhasil terpilih. Keluarganya memang dekat dengan dunia politik, mengingat ayahnya Zulkifli Nurdin juga merupakan Gubernur Jambi selama dua periode.

Namun, pemain film Di Sini Ada Setan itu ternyata tak mampu menjalankan amanah rakyat. Zumi Zola kedapatan menerima suap RAPBD Jambi pada 2018, tiga tahun sebelum masa jabatannya habis. Akibat perbuatannya ini Zumi Zola didakwa 6 tahun penjara dan dicabut hak politiknya selama 6 tahun.

6. Lucky Hakim

Artis Pernah Jadi Kepala Daerah [Matamata.com/Alfian Winanto]

Lucky Hakim menambah panjang daftar artis yang terjun ke dunia politik. Ia pernah menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019. Pada Pilkada serentak 2020, Lucky Hakim berhasil terpilih menjadi Wakil Bupati Indramayu bersama dengan Nina Agustina.

7. Sahrul Gunawan

Artis Pernah Jadi Kepala Daerah(Instagram/sahrulgunawanofficial)

Artis dan penyanyi yang sangat tenar di tahun 90-an Sahrul Gunawan juga meraih kesuksesan seperti Lucky Hakim pada Pilkada Serentak 2020 lalu. Lawan main Agnes Monica di Pernikahan Dini itu berhasil menjadi Wakil Bupati Bandung.

8. Hengky Kurniawan

Artis Pernah Jadi Kepala Daerah (Instagram/@hengkykurniawan)

Aktor tampan Hengky Kurniawan awalnya menjabat sebagai Wakil Bupati Bandung Barat untuk periode 2018-2021. Namun ia kemudian ditunjuk menjadi Plt, Bupati Bandung Barat, karena Aa Umbara Sutisna yang saat itu menjabat sebagai Bupati tersandung dugaan kasus korupsi.

9. Emil Dardak

Artis Pernah Jadi Kepala Daerah (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)

Suami Arumi Bachsin, Emil Dardak dulu pernah mencoba peruntungan dengan menjadi penyanyi. Ia bahkan sudah merilis lagu lho, namun karier sebagai pesohor sepertinya tidak berjalan lancar baginya. Ia pun banting setir dan terjun ke dunia politik.

Emil Dardak terpilih menjadi Bupati Trenggalek bersama dengan Mochamad Nur Arifin. Pada tahun 2019, ia terpilih menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur bersama dengan Nur Khofifah.

10. Angely Emitasari

Artis Pernah Jadi Kepala Daerah. (Instagram/angelemythasari)

Nama Angely Emitasari mungkin memang belum familiar, namun ia adalah penyanyi dangdut yang pernah beberapa kali menghiasi layar kaca. Selain jadi penyanyi, ia juga pernah menjadi bidan. Namanya menjadi sorotan saat dirinya terpilih menjadi Kepala Desa Kedungkumpul, Kecamatan Sukorame, Lamongan, Jawa Timur. Potret Angely Emitasari dalam balutan seragam dinasnya ini tampak bersahaja dan berwibawa. Tak hanya itu, kinerja Angely juga dianggap bagus oleh masyarakat.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More