Yohanes Endra Farah Nabila | MataMata.com
Dorce Gamalama. (Instagram/@dg_kcp)

Matamata.com - Sebelum meninggal dunia karena Covid-19, Dorce Gamalama dikabarkan sudah memiliki penyakit yang cukup serius. Beberapa kali Dorce dirawat di rumah sakit akibat diabetes. Ia pun jatuh bangun meminta pertolongan banyak rekan artis dan tokoh penting, termasuk Presiden Jokowi, selama melalui masa sulit.

Kini, Dorce telah meninggal dunia. Kabar tersebut telah dikonfirmasi oleh sahabat Dorce Gamalama, Hetty Sunjaya. "Waalaikumsalam, benar iya jam setengah delapan pagi meninggal," kata Hetty dihubungi hari ini, Rabu (16/2/2022). Dorce Gamalama meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19. Berikut deretan fakta Dorce Gamalama sakit hingga meninggal.

1. Sakit parah hingga drop

Baca Juga:
Dorce Gamalama Dikabarkan Segera Dimakamkan di TPU Bambu Apus

Potret Terbaru Dorce Gamala. (YouTube/Sule Family)

Kondisi Dorce Gamalama belakangan memang menurun. Dia beberapa kali dirawat di rumah sakit akibat diabetes. 

Diketahui, Dorce Gamalama sempat koma beberapa waktu lalu di rumah sakit. Kondisinya sempat membaik dan pulang ke rumah. Dorce Gamalama diketahui mengidap Demensia Alzheimer.

2. Minta bantuan Jokowi

Baca Juga:
Detik-detik Keluarga Antar Kain Kafan untuk Dorce Gamalama: Ini Amanah, Jangan sampai Kotor

Dorce Gamalama (YouTube.com)

 Dorce Gamalama belum lama ini buat heboh media sosial dengan aksi meminta bantuan pengobatan ke Presiden Jokowi hingga Megawati Soekarnoputri. Upaya yang dilakukan itu tak sia-sia, ia mendapatkan respons dari orang penting di Indonesia tersebut.

"Ya kalau pak Jokowi sudah bantu, kalau bu Mega mungkin lagi repot, beliau juga tahulah kondisi saat ini bu Mega lagi sibuk dengan kegiatan sendiri-sendiri masing-masing ya," kata Ira Safira di Cawang, Jakarta Timur, Rabu (19/1/2022).

Bantuan yang diberikan Presiden Jokowi berupa biaya pengobatan. Selain itu ada juga dari Menteri BUMN Erick Thohir yang membantu pengobatan di rumah sakit.

Baca Juga:
Keluarga Dorce Gamalama Terpukul dan Menangis Setibanya di Rumah Sakit

3. Bantuan uang tunai

Erick Thohir saat menjenguk Dorce Gamalama. (Twitter.com/Erickthohir)

Dorce Gamalama mengungkap jumlah donasi yang diberikan Presiden Jokowi dan politisi Megawati Soekarnoputri. Ia berterima kasih lantaran sudah dibantu meringankan biaya pengobatan.

"Kalau itu nggak ya (tak ada biaya berobat) kayak Megawati ngasih Rp 150 (juta) terus Jokowi ngasih Rp 200 (juta), Alhamdulillah," kata Dorce Gamalama dikutip dari YouTube Denny Sumargo, Minggu (23/1/2022).

Baca Juga:
Sule Kenang Dorce Gamalama Meninggal: Selamat Jalan Bunda

Meski sudah mendapat santunan dari Jokowi dan Megawati, Dorce Gamalama mengaku bantuan tersebut belum cukup. Sebab, ia ingin bisa kembali berjalan dengan normal.

4. Meninggal karena Covid-19

Dorce Gamalama [Instagram/dg_kcp]

Dorce Gamalama meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Pertamina Simprug pada Rabu (16/2/2022). Seniman 58 tahun itu wafat sekira pukul 07.30 WIB.

Kabar duka ini disampaikan sahabat Dorce Gamalama, Hetty Sunjaya. Ia mengatakan penyakit artis berdarah Minangkabau itu diperparah dengan terinfeksi virus corona.

"Beliau kena covid hampir 3 minggu di rumah sakit," ujar kerabat Dorce Gamalama, Hetty Sunjaya kepada awak media, Rabu (16/2/2022).

Itulah deretan fakta Dorce Gamalama sakit hingga meninggal dunia. Semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan YME. Selamat jalan Dorce.

Load More