Ismail | MataMata.com
Laura Basuki (Matamata.com/Yuliani)

Matamata.com - Laura Basuki dianugerahi piala Silver Bear di ajang Festival Film Internasional, Berlin 2022 di Jerman. Penghargaan ini diraih sang aktris berkat perannya dalam film Nana (Before, Now & Then) yang disutradarai oleh Kamila Andini.

Laura Basuki memulai kariernya di dunia entertainment dengan menjadi seorang model. Aktris kelahiran 1988 tersebut kemudian debut akting lewat film Gara-Gara Bola yang dirilis pada 2008.

Laura meraih penghargaan Silver Bear untuk Best Supporting Performance di Berlinale 2022 atas penampilannya dalam film Nana. Sebelumnya ia juga telah menerima sejumlah penghargaan dari Festival Film Indonesia.

Baca Juga:
Tompi Akhirnya Kembali dengan Proyek Solo Lewat Single "Makan Teman"

Akting Laura sebagai aktris memang tidak pernah gagal membuat pemirsa terkesan. Berikut ini deretan film terbaik Laura Basuki yang sayang banget jika dilewatkan!

1. Gara-Gara Bola (2008)

Film Terbaik Laura Basuki (imdb)

Gara-Gara Bola merupakan film debut Laura Basuki yang langsung membuatnya meraih penghargaan Aktris Pendatang Baru Terbaik serta Terfavorit pada Indonesian Movie Awards 2009. Film komedi ini juga dibintangi Winky Wiryawan, Herjunot Ali, Aming, Tarzan dan Aida Nurmala.

Baca Juga:
Nagita Slavina Bagi-Bagi Dolar saat Ulang Tahun, Netizen Heboh Ingin Jadi Karyawan RANS

Gara-Gara Bola menceritakan dua sahabat, Ahmad (Winky Wiryawan) dan Heru (Herjunot Ali), yang terlilit utang karena taruhan Piala Dunia. Mereka pun harus menghadapi debt collector yang meresahkan. Laura berperan sebagai pacar Heru.

2. 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta (2010)

Film Terbaik Laura Basuki (imdb)

Disutradarai oleh Benni Setiawan, 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta dibintangi Laura Basuki bersama Reza Rahadian dan Arumi Bachsin. Film ini meraih 7 Piala Citra di Festival Film Indonesia 2010, termasuk Pemeran Utama Wanita Terbaik untuk Laura Basuki.

Baca Juga:
Keluarga Islam, Yati Surachman Pindah ke Kristen

Diadaptasi dari dua novel karangan Ben Sohib, film 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta mengangkat tema perbedaan agama dan bagaimana setiap tokohnya dapat menyikapi perbedaan ini. Laura memerankan Delia, wanita yang kepincut sosok Rosid (Reza Rahadian) meski berbeda agama.

3. Madre (2013)

Film Terbaik Laura Basuki (imdb)

Madre dibintangi oleh Vino G. Bastian, Laura Basuki, Didi Petet, Titi Qadarsih, dan Framly Nainggolan. Dalam film arahan Benni Setiawan ini, Laura berperan sebagai Meilan Tanuwidjaja.

Baca Juga:
Vicky Alaydrus Dituding Umbar Aurat Anak Gadisnya, Publik Ramai Pasang Badan

Film ini menceritakan bagaimana sejarah hidup Tansen (Vino G. Bastian), pria berusia 27 tahun, berubah dalam sehari hanya dengan sebuah kunci lemari es yang berisi adonan biang roti berumur 70 tahun bernama Madre.

4. Terbang: Menembus Langit (2018)

Film Terbaik Laura Basuki (imdb)

Terbang: Menembus Langit dirilis untuk memperingati 20 tahun Kerusuhan 1998. Film ini mendapatkan sejumlah nominasi dari ajang penghargaan Festival Film Bandung, Indonesian Movie Actors Awards, dan Piala Maya.

Kisahnya tentang Onggy (Dion Wiyoko) yang terlahir dari sebuah keluarga sederhana tinggal di Tarakan. Ia melanjutkan studi demi meraih gelar sarjana di Surabaya. Onggy menikahi Candra (Laura Basuki) dan meraih cita-cita bersama.

5. Susi Susanti: Love All (2019)

Film Terbaik Laura Basuki (imdb)

Susi Susanti: Love All adalah film biopik yang mengisahkan perjalanan hidup atlet bulu tangkis putri Indonesia, Susi Susanti meraih medali emas di Olimpiade Musim Panas 1992 Barcelona. Laura Basuki dipercaya memerankan sosok pesohor ternama di dunia olahraga ini.

Susi Susanti: Love All berhasil mendapatkan 13 nominasi termasuk Film Terbaik di Festival Film Indonesia 2020. Laura Basuki dianugerahi penghargaan Pemeran Utama Perempuan Terbaik, menjadi Piala Citra kedua yang berhasil dimenangkan sang aktris.

6. Before, Now & Then (2022)

Film Terbaik Laura Basuki (imdb)

Before, Now & Then (Nana) menghantarkan Laura Basuki pada kemenangannya meraih piala Silver Bear di Berlinale 2022. Film ini berpusat pada karakter Raden Nana Suhani diperankan oleh Happy Salma, yang melarikan diri saat akan dipersunting.

Film garapan sutradara Kamila Andini ini mengambil latar pada 1960-an. Laura Basuki berperan sebagai Ino, salah satu simpanan suami Nana yang justru bersahabat dengan Nana. Bersama-sama, mereka mencari harapan untuk kemerdekaan.

Itu dia deretan film terbaik Laura Basuki yang wajib masuk list. Selamat atas penghargaannya di Berlinale 2022!

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More