Gus Miftah. (Instagram/@gusmiftah)

Matamata.com - Gus Miftah belum lama ini menggelar pentas wayang kulit di Ponpes Ora Aji miliknya. Pentas wayang itu berujung polemik karena sang dalang, ki Warseno Slank, menghadirkan tokoh "wayang berpeci".

Sejumlah pihak menyebut "wayang berpeci" tersebut mirip dengan Ustaz Khalid Basalamah. Di sana juga adegan dalang menghajar karakter wayang itu hingga memicu keributan di media sosial.

Atas hal itu, Gus Miftah memberikan klarifikasi di Instagram pada Rabu (23/2/2022). Ia menegaskan bahwa proses kreatif penciptaan tokoh dalam pentas wayang adalah otoritas dalang.

Baca Juga:
Muzdalifah Salah Sasaran Saat Doakan Sakit dan Dosa Suami: Kok Bisa Salah Tag IG Suami Sendiri?

"Dalang dengan segala otoritasnya tidak bisa diintervensi atas lakon yang dibawakannya. Dalang independen dengan lakon yang dibawakannya," tulis Gus Miftah di Instagram, Rabu (23/2/2022). 

Wayang Gambar Ustaz Khalid Dimaki dan Dibanting Dalang. (YouTube/Adara Nathania)

Selain itu, Gus Miftah menilai banyaknya kritik dan hujatan yang diterimanya daripada ditujukan kepada sang dalang ki Warseno Slank.

"Tapi kan pentasnya di pondoknya Miftah, yang salah ya Miftah!" lanjutnya.

Baca Juga:
Olla Ramlan Ungkap Rumah Tangga Goyah, Berusaha Sekuat Tenaga untuk Tetap Bersama

Adanya itervensi yang tinggi dalam pementasan wayang, ungkap Gus Miftah, bisa merusak kelestarian berbudaya. 

Gus Miftah. (Instagram/@gusmiftah)

"Musnahnya wayang itu sederhana kok, kalau sudah tidak ada yang nanggap dan nguri-nguri. Lha Miftah nanggap saja supaya kelestariannya terjaga malah disalahkan," sambungnya lagi.

Alih-alih meminta maaf soal menggelar pentas "wayang berpeci", Gus Miftah lebih memilih untuk meminta maaf atas kehebohan "wayang berpeci" yang telah membuat gaduh publik.

Baca Juga:
Farida Nurhan Ketahuan Unfollow Fuji usai Bikin Video YouTube, Auto Digosipin

"Oke fine. Saya minta maaf atas kegaduhan yang terjadi, bukan karena nanggap wayangnya," pungkasnya. 

Wayang Gambar Ustaz Khalid Dimaki dan Dibanting Dalang. (YouTube/Adara Nathania)

Sementara itu, netizen kembali menyayangkan sikap Gus Miftah yang hanya meminta maaf atas kegaduhan pentas "Wayang berpeci".

"Caramu kelewatan," tulis seorang netizen. "Apa ini ajaran Islam Gus dengan memperkeruh suasana?" sambung netizen lain. "Semoga berkenan tabayun, duduk bareng, bukan klarifikasi masing-masing," ujar netizen lainnya.

Baca Juga:
Masih Kecewa Indah Permatasari Nikahi Arie Kriting, Ibunda: Saya Ingin Masukkan Lagi ke Perut

Load More