Yohanes Endra | MataMata.com
Artis jadi aktivis sosial dan lingkungan. (Instagram/claurakiehl, Youtube/MilesFilm)

Matamata.com - Menjadi artis terkenal tak lantas membuat deretan selebriti ini lupa akan isu sosial dan lingkungan yang sering meresahkan rakyat.

Tak hanya gembar-gembor menyuarakan, mereka juga benar-benar terjun ikut terlihat menjadi aktivis sosial dan lingkungan untuk memberikan kontribusi nyata.

Ada yang fokus ke pendidikan daerah terpencil, satwa liar hingga kerusakan alam.

Baca Juga:
10 Artis Tak Suka Beli Barang Branded, Cinta Laura hingga Sarwendah

Nah kira-kira seperti apa kegiatan artis jadi aktivis sosial dan lingkungan. Yuk simak rangkuman Matamata.com di bawah ini.

1. Cinta Laura

Artis jadi aktivis sosial dan lingkungan. (Instagram/claurakiehl)

Cinta Laura dikenal sebagai artis yang sangat peduli dengan pendidikannya. Dia bahkan rela vakum dari dunia hiburang yang sudah membesarkannya untuk mengejar pendidikan ke luar negeri. Tak hanya pendidikan dirinya, dia juga sangat peduli dengan pendidikan orang lain. Lewat yayasan milik keluarga yakni Yayasan Sukaseno, dia fokus mengurus pendidikan di daerah terpencil. Dia juga punya sekolah gratis. Tak hanya pendidikan, dia juga menjadi Duta Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak lho.

Baca Juga:
Pilih Berkarier di Indonesia daripada Amerika, Cinta Laura Blak-blakan Alasannya

2. Nadine Chandrawinata

Artis jadi aktivis sosial dan lingkungan. (Instagram/@nadinelist)

Bicara soal aktivis, nama Nadine Chandrawinata nggak boleh terlewat. Seperti diketahui, dia dinobatkan menjadi duta lingkungan untuk beberapa isu antara lain Duta Gajah Sumatera tahun 2019, Duta HAM bidang lingkungan tahun 2015 dan Duta Wisata Bahari tahun 2017. Tak hanya sekadar menjadi duta, dia juga menerapkan gaya hidup ramah lingkungan dalam kesehariannya. Dia bahkan sering membuat DIY dari barang-barang bekas.

3. Dian Sastrowardoyo

Baca Juga:
Cinta Laura Akhirnya Blak-blakan Tanggapi Tudingan Serobot Antrean Swab

Artis jadi aktivis sosial dan lingkungan. (Instagram/@therealdisastr)

Terkenal sebagai aktris ternama dan film-filmnya selalu banjir penonton, Dian Sastrowardoyo tak larut dalam kehidupan keartisannya saja. Dia ternyata juga sangat peduli dengan beberapa isu mulai sosial, budaya, pendidikan dan pemberdayaan perempuan. Sebagai bukti nyata kepeduliannya, Dia sampai mendirikan Yayasan Dian Sastrowardoyo bersama ibunya.

4. Raline Shah

Artis jadi aktivis sosial dan lingkungan. (Instagram/@ralineshah)

Raline Shah ternyata sangat peduli dengan isu lingkungan hidup. Dia ikut penggalangan dana untuk peduli hutan dan satwa liar. Tak hanya itu, dia juga tak tanggung-tanggung ikut terjun membersihkan sampah di Pantai Sanur, Bali saat itu.

Baca Juga:
Cinta Laura Pamer Body Goals, Perut Six Pack Bikin Iri Sekaligus Penasaran

5. Manohara

Artis jadi aktivis sosial dan lingkungan. (Instagram/@manodelia)

Aktris Manohara termasuk sangat vokal dalam menyuarakan perlindungan hewan. Di akun Instagramnya, dia bahkan sering mengunggah tentang perlindungan satwa liar hingga tak segan mengkritik aksi penyiksaan hewan. Sebagai aktivis lingkungan, dia juga tak ragu untuk pergi ke daerah pelosok desa dan hutan demi melindungi satwa liar.

6. Tasya Kamila

Artis jadi aktivis sosial dan lingkungan. (Instagram/@tasyakamila)

Tasya Kamila tak hanya peduli dengan Save Lagu Anak-anak, dia juga peduli dengan isu ramah lingkungan. Bentuk nyatanya, dia pernah membuat proyek Energy Empoweres Villege di Sumba Timur. Ada juga Yayasan pendidikan yang didirikannya untuk mengedukasi soal lingkungan hidup.

7. Melanie Subono

Artis jadi aktivis sosial dan lingkungan. (Instagram/@melaniesubono)

Status sebagai aktivis sangat melekat pada sosok Melanie Subono. Betapa dia sangat peduli dengan isu HAM dan pemberdayaan perempuan. Dia juga dikenal sangat vokal di media sosial soal isu-isu sosial lainnya.

8. Nadya Hutagalung

Artis jadi aktivis sosial dan lingkungan. (Instagram/@nadyahutagalung)

Nadya Hutagalung juga jadi salah satu artis yang peduli dengan isu lingkungan hidup. Dia fokus pada isu melindungi hewan langka di Indonesia bahkan tergabung dalam UN Environment Goodwill Ambassador. Dia juga dinobatkan sebagai Duta Global Earth Hour dan WWF Elephant Warrior.

9. Hamish Daud

Artis jadi aktivis sosial dan lingkungan. (Instagram/@hamishdw)

Hamish Daud dari dulu dikenal sebagai artis yang peduli dengan lingkungan hidup. Dia bahkan menjadi pelopor Ocean Pride dengan tujuan melindungi biota laut. Dia juga tak ragu untuk ikut bersih-bersih sampah di laut dan pantai.

10. Nicholas Saputra

Artis jadi aktivis sosial dan lingkungan. (Youtube/MilesFilm)

Tahu kan kalau Nicholas Saputra menjadi Duta Nasional Unicef. Jauh sebelum itu, pemain Ada Apa Dengan Cinta ini memang dikenal sangat peduli lingkungan. Jika tak sibuk syuting, Nicho pun kerap menikmati hidupnya dengan travelling hingga ke suku pedalaman.

Nah itu tadi deretan artis jadi aktivis sosial dan lingkungan. Ada idola kamu nggak?

Kontributor: Nur Khasanah
Load More