Ismail | MataMata.com
Ello bergabung dengan grup band Dewa 19. (Instagram/marcello_tahitoe)

Matamata.com - Beberapa band di tanah air kerap gonta-ganti vocalis. Dalam sebuah band, bongkar pasang personel dalam sebuah grup memang bukan hal yang asing dan lumrah terjadi.

Bahkan ada beberapa band Indonesia yang sering gonta-ganti vokalis. Pergantian vokalis menjadi hal yang cukup krusial dalam sebuah band. Mengingat, biasanya suara dari vokalis adalah daya tarik utama selain lagu.

Band-band yang harus mengalami pergantian vokalis ada yang mampu bertahan dan kembali meraih popularitas. Tapi ada juga yang akhirnya redup dan tak lagi terdengar gaungnya. Tidak cuma sekali ada juga band yang sudah berganti vokalis lebih dari sekali.

Baca Juga:
Sherina Munaf Dulunya Tak Pernah Kepikiran Menikah, Diminta Orang Tua Tetap Melajang

Lantas siapa saja band Indonesia yang sering gonta-ganti vokalis? Berikut ini ulasannya yang sudah MataMata.com himpun.

1. Dewa 19

Band Indonesia yang Sering Gonta-Ganti Vokalis (Instagram/officialdewa19)

Band legendaris Dewa 19 sudah lebih dari sekali berganti vokalis. Hingga yang paling anyar adalah Ello. Ello dipercaya menjadi vokalis terbaru dari band yang dimotori oleh Ahmad Dhani ini. Dewa 19 dibentuk pada tahun 1986 silam. Kesuksesan Dewa 19 tidak bisa dilepaskan dari tangan dingin Ahmad Dhani dalam meramu lagu.

Baca Juga:
DJ Chantal Dewi dan 3 Teman Pria Resmi Jadi Tersangka: Positif Sabu

Namun selain itu, kualitas vokal dari vokalis Dewa 19 juga menjadi daya tarik dan kunci kesuksesannya. Dewa 19 telah beberapa kali berganti vokalis. Vokalis ikonik Dewa 19 adalah Ari Lasso yang bergabung pada 1991. Namun pada tahun 1999, ia memilih keluar dan bersolo karier. Posisinya digantikan oleh Once Mekel pada tahun 1999 hingga 2011. Sama seperti Ari Lasso, Once juga memilih bersolo karier.

Terbaru Dewa 19 mendapuk Ello sebagai vokalis barunya. Sebelum Ello, Dewa 19 pernah beberapa kali berkolaborasi dengan penyanyi pria tanah air sebagai vokalis, aalah satunya adalah Virzha. Meski sering gonta-ganti vokalis, popularitas Dewa 19 tidak pernah meredup. Baladewa tetap dengan setia mendukung band kesayangan mereka.

2. Ada Band

Baca Juga:
Kiky Saputri Mewek Harga Minyak Goreng 'Dipermainkan': Kok Pemerintah Malah Kemping?

Band Indonesia yang Sering Gonta-Ganti Vokalis (Instagram/adabandofficial)

Band yang melejit berkat lagi melow seperti Masih, Manusia Bodoh, juga Karena Wanita (Ingin Dimengerti) ini juga sudah sering berganti vokalis. ADA Band berdiri pada tahun 1996 dengan formasi awal Dika Satjadibrata (bass), Ibrahim Imran atau Baim (lead vocal dan gitar), Krishna Balagita (keyboard), Iso Eddy (Synthesizer), dan Eel Ritonga (drum).

Di tengah perjalanan kariernya, Baim memutuskan hengkang pada tahun 2001. Posisinya digantikan oleh Donnie Sibarani pada tahun 2002. Donnie berhasil mempertahankan dan bahkan meningkatkan popularitas ADA Band dengan vokalnya yang merdu. Namun pada tahun 2017, Donnie juga mundur dari ADA Band, ia ingin bersolo karier dan memberikan pelayan di gereja.

Tak memiliki vokalis cukup lama, ADA Band Akhirnya mengumumkan Indra Perdana Sinaga, yang juga mantan vokalis Lyla sebagai vokalis baru. Sepeninggal Donnie karier Ada Band tidak secemerlang dulu.

Baca Juga:
Suami Polisi Sering Dibilang Gak Ganteng, Reaksi Uut Permatasari Menohok Banget!

3. Cokelat

Band Indonesia yang Sering Gonta-Ganti Vokalis (Instagram/cokelat_band)

Siapa tak kenal band rock yang berjaya pada tahun 2000-an? Lagu-lagu mereka yang easy listening mampu memikat hati pecinta musik. Belum lagi suara Kikan yang khas dan powerfull menjadikan Cokelat sebagai band papan atas. Sayangnya pada tahun 2010, Kikan yang sukses membawa Cokelat berkibar di belantika musik tanah air memilih hengkang.

Sepeninggal Kikan, Cokelat telah beberapa kali berganti vokalis. Pengganti Kikan yang pertama adalah Sarah Hadju, namun ia juga hanya bertahan selama satu tahun saja. Posisi vokalis kemudian kembali berganti di tangan Jackline. Tetapi Jackline juga mengundurkan diri pada 2020. Kini vokalis Cokelat dipegang oleh Aiu Ratna. Meski masih terus mencoba bangkit, namun kejayaan Cokelat semasa bersama Kikan belum bisa digapai kembali. Cokelat juga beberapa kali berkolaborasi dengan Astrid.

4. Drive

Band Indonesia yang Sering Gonta-Ganti Vokalis (Instagram/drive_indonesia)

Drive juga mengalami hal serupa dengan Cokelat. Sejak ditinggal oleh Anji pada 2011, Drive seolah kehilangan nyawanya. Vokal Anji yang khas membuat posisi vokalis di Drive menjadi keramat. Sebab sangat sulit untuk bisa menggantikan suara Anji yang berkarakter.

Para fans pun sudah begitu lekat dengan suara Anji.
Beberapa nama pernah mencoba mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Anji, seperti Tirta juga Umaru Takaeda. Kini vokalis Drive dipegang oleh Rizky eks vokalis The Titans. Kendati demikian, Drive juga belum bisa bangkit dan meraih kesuksesan seperti dulu.

5. Yovie Nuno

Band Indonesia yang Sering Gonta-Ganti Vokalis (Instagram/yovieandnuno)

Yovie Widianto dikenal sebagai musisi bertangan dingin yang sudah melahirkan banyak lagu hits. Personil Kahitna ini membentuk band bernama Yovie Nuno. Band ini pun menjadi salah satu pemberi warna baru di dunia musik tanah air. Vokalis pertama Yovie Nuno adalah Dudi Oris sebagai vokalis tunggal.

Pada album kedua, band yang dikenal sebagai spesialis lagu galau ini menambahkan Gail sebagai vokalis kedua. Namun setelah album kedua rampung Gail mengundurkan diri. Pelantun lagi Inginku Bukan Hanya Jadi Temanmu ini juga harus kehilangan vokalis utama setelah Dudi memilih mundur.

Kini Yovie Widianto sudah tidak lagi ikut tampil sebagai personel dan bertindak di balik layar sebagai produser. Kini Yovie Nuno memiliki tiga personil yaitu Dikta (vokal), Muhammad Ahadiyat (gitar), dan Ady Julian (keyboard).

Itu tadi sejumlah band Indonesia yang sering gonta-ganti vokalis. Ada yang masih bisa bertahan dan tetap jaya. Namun tak sedikit yang meredup dan belum bisa meraih kekayaan seperti dahulu. Dari beberapa band tadi mana nih yang paling jadi favoritmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More