Ismail | MataMata.com
Ivan Gunawan (Instagram/ivan_gunawan)

Matamata.com - Desainer Ivan Gunawan memiliki hati yang mulia, Dia diam-diam membangun masjid di desa Ruwabarangga, Uganda, Afrika. Hal tersebut diketahui dari unggahan salah satu akun instagram @hamza.tamimy.

Unggahan foto itu pun kembali diunggah oleh artis yang kerap disapa Igun itu. Dia menggunggahnya melalui postingan di akun TikTok miliknya yang diberi nama @igun31.

Ivan Gunawan membangun masjid di sana lewat bantuan pria bernama Hamza. Berikut deretan fakta Ivan Gunawan bangun masjid di Afrika.

Baca Juga:
Farhat Abbas Diroasting Ardit Erwandha Sampai Salting: Umur 45 Tahun Kelakuan 9 Tahun

1. Proyek Amal Ivan Gunawan

Fakta Ivan Gunawan Bangun Masjid di Afrika (instagram/@hamza.tamimy)

Pembangunan masjid di Afrika ini merupakan proyek amal pribadi Ivan Gunawan yang dibantu oleh Hamza. Hal ini dibagikan Hamza melalui unggahan video singkat berdurasi 32 detik di Instagram.

Dalam unggahannya, Hamza mengungkapkan bahwa dirinya merasa bahagia dan senang, karena keberangkatannya ke Uganda Barat, Afrika didukung penuh oleh Ivan Gunawan.

Baca Juga:
Terkuak Cara Andika Kangen Band Perlakukan Anak Gadisnya: Bahagia Jadi Ratu dari Segala Ratu

"Nggak nyangka banget sih keberangkatan kali ini di support total sama kak @ivan_gunawan, dari di repost, transfer dana yang bikin gue sama @yudhanurzahra sujud sukur merinding, dan langsung minta dibangunin masjid dengan nama Masjid Indonesia," tulis Hamza dalam unggahannya, Sabtu (9/4/2022).

2. Ukurannya Cukup Besar

Fakta Ivan Gunawan Bangun Masjid di Afrika (instagram/@hamza.tamimy)

Menurut Hamza, bangunan Masjid Indonesia by Ivan Gunawan akan berdiri di wilayah Desa Ruwabarangga, Uganda Barat. Desa tersebut tercatat memiliki sekitar 5 ribu penduduk.

Baca Juga:
5 Artis Pernah Disindir Ade Armando, Dari Atta Halilintar Sampai Raffi Ahmad

Selain itu, Masjid Indonesia by Ivan Gunawan dapat menampung jemaah 400 sampai 500 orang. Ini cukup besar jika dibandingkan dengan masjid-masjid yang ada di sana.

"Assalamualaikum, kak Igun. Alhamdulillah sekarang kita sudah dapet tempat untuk lokasi masjid Indonesia, ini lokasinya di Ruwabarangga, Uganda barat yang dapat menampung 400 hingga 500 jamaah," kata Hamza.

"Ini masjid yang cukup besar, karena biasanya masjid-masjid yang dibuat di sini paling cuma menampung 150 sampai 200, tapi ini mencapai hampir dua kali lipatnya," jelas Hamza dalam video.

Baca Juga:
Reza Arap Dinyinyiri gegara Posting Foto Makanan saat Ramadhan: Itu Hak Gue!

3. Masih dalam Proses Pembangunan

Fakta Ivan Gunawan Bangun Masjid di Afrika (instagram/@hamza.tamimy)

Dalam video, Hamza menjelaskan bahwa dirinya tengah berada di lokasi masjid akan dibangun. Proses pembangunan Masjid Indonesia yang didukung penuh oleh Ivan Gunawan itu masih berlangsung.

Hamza mengatakan bahwa untuk hari pertama proses pembangunan telah dilakukan pembabatan pepohonan di atas lahan tersebut. Pembangunan masjid juga mengikutsertakan sejumlah warga setempat.

"Ikuti terus perkembangan bangunannya, siapa yang ga sabar lihat Masjid Indonesia berdiri gagah di tanah Afrika," tulis Hamza.

Komentar Ivan Gunawan

Fakta Ivan Gunawan Bangun Masjid di Afrika (instagram/@hamza.tamimy)

Ivan Gunawan pun sempat berkomentar mengenai pembangunan masjid atas namanya. Igun menuliskannya di postingan Hamza terkait proses pengenalan awal lokasi Masjid Indonesia by Ivan Gunawan.

"@mastercorbuzier Masjid kita ada di Uganda," tulis Ivan Gunawan menandai akun Deddy Corbuzier.

Igun pun meminta doa kepada seluruh masyarakat dan juga netizen agar proses pembangunan masjid berjalan lancar serta dapat bermanfaat bagi orang banyak, khususnya masyarakat di Desa Ruwabarangga, Uganda Barat.

5. Ivan Gunawan Banjir Pujian

Fakta Ivan Gunawan Bangun Masjid di Afrika (instagram/@hamza.tamimy)

Aksi Ivan Gunawan membangun masjid di Afrika tentu saja mengundang reaksi positif dari netizen. Apalagi kabar baik ini datang di tengah momentum Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah.

"Masya Alloh bangga deh sama ka igun semoga menjadi amal jariyah ka igun kelak aamiin," komentar netizen. "Masyaallah..smoga jd amal jariyah untuk mas @ivan_gunawan jg Kang @hamza.tamimy jg team dr @goldenfuture.indonesia," sahut netizen lain.

"Bangga bangett punya idola seperti kamu mas @ivan_gunawan berkah selalu rezeki kamu ya mass Aamiin," tulis netizen. "Masyaallah mas igun berkah selalu, panjang umurnya, semakin melimpah rezekinya dan selalu disayang semua orang aamiin," imbuh yang lain.

Itu dia fakta Ivan Gunawan bangun masjid di Afrika. Semoga berkah ya, Igun.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More