Ismail | MataMata.com
(Instagram/blackpinkofficial)

Matamata.com - Nama sangat penting bagi sebuah grup K-Pop. Hal itu akan menjadi branding mereka serta simbol dari imej dan konsep musik yang mereka usung.

Namun ada beberapa grup K-Pop yang nyaris debut dengan nama lain, karena setiap nama grup K-Pop akan dikaitkan dengan sesuatu yang bermakna dan kuat, ternyata ada sejumlah opsi nama yang akan mereka gunakan sebelum debut, sebelum memilih nama mereka sekarang.

Lantas grup K-Pop mana saja yang nyaris debut pakai nama lain? Intip daftarnya berikut ini!

Baca Juga:
3 Tahun Tak Puasa, Kimberly Ryder Ambruk saat Mulai Berpuasa Lagi: Lemes Banget!

1. BTS

Grup K-Pop Nyaris Debut Pakai Nama Lain (twitter/@bts_bighit)

BTS merupakan singkatan dari "Bangtan Sonyeondan" atau "Bangtan Boys" yang secara harfiah berarti "Pramuka Anti Peluru." Tapi, tahukah kamu kalau "Young Nation" atau bahkan "Big Kids" sempat dipertimbangkan sebagai nama grup sukses beranggotakan tujuh orang ini?

2. EXO

Baca Juga:
10 Potret Geng Rachel Vennya Buka Bersama, Jadi Orang India

Grup K-Pop Nyaris Debut Pakai Nama Lain (twitter/@weareoneexo)

Setiap penggemar tahu bahwa EXO berasal dari "exoplanet" tetapi mungkin tidak menyadari bahwa SM Entertainment hampir mendebutkan grup yang beranggotakan Suho dan kawan-kawan ini tersebut dengan nama "Boy's Paradise." Jika pakai nama ini, mereka mungkin akan menunjukkan konsep yang berbeda ketika debut.

3. SHINee

Grup K-Pop Nyaris Debut Pakai Nama Lain (twitter/@SHINee)

Sulit untuk membayangkan SHINee dengan nama lain, karena ini adalah apa yang penggemar pikirkan tentang grup sebagai branding mereka. Tapi Key pernah mengungkapkan bahwa mereka hampir saja debut dengan nama "The Kiddies!" atau "'SM5."

Baca Juga:
Salat 5 Waktu di Bawah Dedaunan, Ivan Gunawan Bongkar Kondisi Pelosok Uganda: Menyakitkan

4. BIGBANG

Grup K-Pop Nyaris Debut Pakai Nama Lain (namuwiki)

BIGBANG bisa saja memiliki nama seperti "Diamond" saat mereka debut. Itu memang terdengar bagus, tapi jelas tidak sesuai dengan konsep grup yang baru saja comeback merilis lagu bertajuk "Still Life" tersebut. Bagaimana menurut kalian?

5. BTOB

Baca Juga:
Ajak Baby Izz Jalan-jalan, Aura Nikita Willy Disorot: Kayak Manusia yang Baru Dilahirkan

Grup K-Pop Nyaris Debut Pakai Nama Lain (instagram/@cube_official_btob)

Meskipun akhirnya debut dengan nama BTOB, yang merupakan singkatan dari "Born To Beat," ini bukan nama mereka sebelum debut. CUBE Entertainment juga telah memikirkan "Asian King" atau "Sonic" sebelum menetapkan nama yang mereka gunakan saat ini.

6. VIXX

Grup K-Pop Nyaris Debut Pakai Nama Lain (instagram/@vixx_stargram)

Karena VIXX bernaung di bawah Jellyfish Entertainment, mereka akan berpikir untuk mendebutkan grup dengan nama samudera untuk agensi mereka. Bahkan, N sang leader pernah mengungkapkan bahwa mereka bisa saja debut dengan nama "Bluefish!"

7. Girls' Generation

Grup K-Pop Nyaris Debut Pakai Nama Lain (instagram/@girlsgeneration)

Girls' Generation sebenarnya adalah rekan sesama grup SM, Super Junior. Dan dengan ini, grup tersebut biasa disebut "Girl Group" atau "Super Girls." Namun SM Entertainment berubah pikiran dan akhirnya mendebutkan mereka dengan nama Girls' Generation atau SNSD (SoNyeoShiDae).

8. MAMAMOO

Grup K-Pop Nyaris Debut Pakai Nama Lain (instagram/@mamamoo_official)

Bisakah kamu bayangkan memanggil MAMAMOO sebagai "Wah Wah Girls"? Tidak, kan? Nah, penggemar mereka juga bersyukur karena mereka tidak debut dengan nama grup itu. Sepertinya RBW mungkin akan menyesal jika mereka benar-benar memutuskan dengan nama itu untuk girl grup dengan vokal kuat ini.

9. Oh My Girl

Grup K-Pop Nyaris Debut Pakai Nama Lain (instagram/@wm_ohmygirl)

Sebelum debut, mereka telah mempertimbangkan cukup banyak nama yang berbeda, termasuk "Puzzle" dan "Nameless Girls." Akhirnya, mereka menyukai frasa "My Girl" dan menggunakan bentuk terakhirnya tepat sebelum debut.

10. Lovelyz

Grup K-Pop Nyaris Debut Pakai Nama Lain (instagram/@official_lvlz8_)

Lovelyz sebenarnya seharusnya debut sebagai "Radiance," karena para member terlihat sangat bersinar sebelum debut mereka. Namun Woollim Entertainment akhirnya mendebutkan girl grup yang sudah bubar ini dengan nama yang cantik seperti semua membernya.

11. GFRIEND

Grup K-Pop Nyaris Debut Pakai Nama Lain (instagram/@gfriendofficial)

Girl grup besutan Source Music ini hampir debut dengan nama dan konsep grup yang berbeda. Agensi sempat mempertimbangkan "World Peace," "Guardian Angel," dan "Hug Hug" sebagai nama mereka sebelum mereka menetapkan nama mereka saat ini sekarang. Sayangnya GFRIEND harus bubar.

12. BLACKPINK

Grup K-Pop Nyaris Debut Pakai Nama Lain (instagram/@blackpinkofficial)

BLACKPINK nyaris debut dengan nama PINK PUNK? Kedengarannya gila, bukan? Untungnya, YG mendebutkan gir grup beranggotakan 4 gadis cantik dan berbakat ini dengan BLACKPINK sebagai nama mereka yang memiliki getaran kuat.

Itu dia sederet grup K-Pop yang nyaris debut dengan nama lain. Ada idolamu?

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More