Yohanes Endra | MataMata.com
Artis Punya Yayasan Sosial (Instagram/@babang_andikamahesa)

Matamata.com - Kehidupan artis identik dengan kehidupan serba glamour dan hura-hura. Namun, nyatanya tidak semua artis hanya mementingkan Hal gemerlap semata. Bukan sekedar artis, sederet artis juga ikut memajukan pendidikan di tanah air.

Mulai dari mendirikan sekolah hingga membuat yayasan sosial, beberapa artis ini tunjukkan nilai sosial yang tinggi. Daripada untuk hal yang kurang bermanfaat, sederet selebriti tanah air ini lebih memilih membantu dalam bidang pendidikan.

Tak sedikit pula yang mendirikan yayasan sosial di bidang lain untuk kepentingan orang banyak. Patut dicontoh, selain sukses di dunia hiburan mereka juga berhasil memberikan andil dalam meningkatkan pendidikan. Lantas siapa sajakah mereka? Yuk, intip daftarnya.

Baca Juga:
Medina Zein Bakal Bangun Yayasan Atas Nama Vanessa Angel: Om Doddy Sudrajat Setuju!

1. Dian Sastrowardoyo

Artis Punya Yayasan Sosial (Instagram/@therealdisastr)

Artis pemain film AADC ini mendirikan sebuah yayasan dengan namanya. Yayasan Dian Sastrowardoyo(YDS) dibangun pada tahun 2009 silam.

Peduli dengan pendidikan, yayasan milik Dian ini berkomitmen dalam bidang pendidikan. Tak hanya itu, YDS juga bergerak dalam bidang pemberdayaan perempuan. Tujuannya adalah membantu para perempuan berprestasi, namun memiliki hambatan ekonomi untuk melanjutkan pendidikannya.

Baca Juga:
Yayasan Az Zikra Gugat Bisnis Madu Ustaz Arifin Ilham

2. Yuni Shara

Artis Punya Yayasan Sosial (Instagram/@yunishara36)

Penyanyi senior, Yuni Shara memiliki sebuah sekolah yang diperuntukkan anak-anak kurang mampu. Sekolah milik kakak Krisdayanti tersebut adalah PAUD Cahaya Permata Abadi yang terletak di Batu, Malang, Jawa Timur.

Rencana awal Yuni Shara bukanlah membangun sekolah semi formal. Namun sekolah yang dikelolanya tersebut kini telah terakreditasj A Dan membuatnya bersyukur.

Baca Juga:
Klarifikasi Alvin Faiz Soal Tudingan Foya-Foya Pakai Uang Yayasan Az Zikra

3. Cinta Laura

Artis Punya Yayasan Sosial (Instagram/@claurakiehl)

Cinta Laura memang dikenal sangat memproritaskan pendidikan. Selain berprestasi dalam hal pendidikan, ia juga mendirikan sebuah yayasan pendidikan. Soekarseno Peduli Faiu dation namanya.

Yayasan yang didirikan bersama dengan keluarganya tersebut berfokus pada pembangunan sekolah untuk mereka yang kurang mampu. Beberapa sekolah tersebut didirikan di beberapa daerah seperti Cibalung, Ciherang, dan Cipicung.

Baca Juga:
Rizki dan Ridho D'Academy Bakal Bangun Yayasan Pendidikan Tahun 2021

Selain sekolah, Cinta Laura juga mendirikan pusat bantuan bencana bagi mereka yang membutuhkan.

4. Oki Setiana Dewi

Artis Punya Yayasan Sosial (Instagram/@okisetianadewi)

Selain aktif sebagai aktris, Oki Setiana Dewi juga dikenal sebagai penceramah. Selain sibuk di Dunia hiburan ternyata Oki juga membangun sebuah sekolah lho.

Kakak Ria Ricis tersebut mendirikan sebuah pondok pesantren sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pendidikan. Diberi nama Maskanul Huffadz, Pondok Pesantren tersebut berarti merupakan tempat tenang bagi penghafal Al Qur'an.

Yayasan yang dikelola Oki tersebut menyediakan tempat tinggal sekaligus beasiswa untuk muslimah yatim, anak yatim piatu, mualaf, hingga dhuafa dengan rentang usia 17-22 tahun.

5. Zaskia Adya Mecca

Artis Punya Yayasan Sosial (Instagram/@zaskiadyamecca)

Tak hanya berkecimpung di bidang Muslim fashion, Zaskia Adya Mecca juga mendirikan yayasan Taman Pendidikan Al Quran Online. Istri sutradara Hanung Bramantyo tersebut awalnya ingin mendirikan sebuah pesantren.

Meski berbasis online, namun yayasan yang dikelolanya tersebut kini telah memiliki puluhan pengajar yang siap mengajari mengaji para pesertanya.

6. Alena Wu

Artis Punya Yayasan Sosial (Instagram/@alenawuofficial)

Carolina Gunawan, atau yang lebih akrab disapa dengan Alena Wu merupakan seorang penyanyi. Selain fokus dengan karirnya di dunia tarik suara, Alena juga mendirikan sebuah yayasan.

Yayasan tersebut adalah Alena Free Foundation yang menyediakan program sekolah gratis bagi anak-anak kurang mampu.

7. Nadine Chandrawinata

Artis Punya Yayasan Sosial (Instagram/@nadinelist)

Berharap dapat membantu masyarakat agar lebih peduli pada biota laut, Nadine mendirikan sebuah Sekolah Alam. Sekolah ini dibangun demi menjaga keberlangsungan hidup lumba-lumba.

8. Andika Kangen Band

Artis Punya Yayasan Sosial (Instagram/@babang_andikamahesa)

Siapa sangka jika ternyata vokalis Kangen Band, Andhika punya panti asuhan. Dibangun dengan hasil keringatnya sendiri, Andhika Tak hanya membangun panti tersebut, namun juga memenuhj segala keperluan disana.

Penghasilan dari channel YouTube miliknya merupakan salah satu sumber dana dalam mengelola panti asuhan.

Itulah sederet artis yang punya yayasan sosial. Semoga tindakan mereka dapat menginspirasi Dan membantu memperbaiki pendidikan di Indonesia ya.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More