Ade Wismoyo | MataMata.com
Artis Punya Makam di Rumahnya. (YouTube/Gen 98.7 FM)

Matamata.com - Rumah menjadi tempat untuk beristirahat dan bersantai dengan keluarga. Namun, apa jadinya jika di area rumah justru dijadikan sebagai makam? Hal inilah yang dilakukan oleh sejumlah artis tanah air. Beberapa artis punya makam di rumahnya yang merupakan tempat jasad anggota keluarga dikuburkan. 

Keberadaan makam di rumah para artis ini membuat hunian mewah mereka jadi terasa menyeramkan. Bahkan ada juga yang pernah mengalami kejadian mistis hingga akhirnya berniat untuk menjual rumah tersebut.

Mulai dari musisi hingga aktor senior, siapa saja artis yang memiliki makam di area rumahnya? Kepoin daftarnya yang sudah Matamata.com himpun berikut ini.

Baca Juga:
Kim Tae Ri Tampil Seksi di Baeksang Arts Awards, Gaun Cantiknya Malah Dituduh KW

1. Mandra

Artis Punya Makam di Rumahnya. (YouTube/TRANS7 OFFICIAL)

Aktor senior Mandra memiliki rumah di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Pemain sinetron lawas Si Doel ini mempunyai makam di area rumahnya. Tidak hanya satu, Mandra memiliki tiga makam yang ada di rumahnya.

Makam-makam itu adalah milik kedua orang tuanya dan kakak pertamanya. Alasan mengapa ada makam di rumahnya ini adalah karena lokasi makam tersebut sebelumnya tergusur. Akhirnya ia memutuskan untuk memindahkan makam itu ke area rumah tempat tinggalnya yang dulunya merupakan garasi.

Baca Juga:
Caisar YKS Klarifikasi usai Dituduh Pakai Obat-Obatan dan Live Tiktok Nonstop: Saya Gabut Bang

2. Muzdalifah

Artis Punya Makam di Rumahnya. (YouTube/TRANS7 OFFICIAL)

Siapa sangka di area rumah mewah nan megah milik Muzdalifah yang nyaris dijual seharga Rp 32 Miliar ini ada beberapa makam di sana. Rumah mewah yang kini juga digunakan sebagai restoran dengan menu masakan nusantara ini memiliki makam yang merupakan makam mendiang H. Nurman bin H. Kartali. 

Tak hanya makam dari suami pertamanya yang merupakan pengusaha kaya raya, area pemakaman di rumahnya itu juga menjadi tempat peristirahatan terakhir anggota keluarga Muzdalifah yang lain.

Baca Juga:
Ternyata Harga Baju Lebaran Rayyanza Tak Kalah Mahal dari Punya Nagita Slavina: Itu Gaji 4 Bulan

3. Ahmad Dhani

Artis Punya Makam di Rumahnya. (YouTube/Taulany TV)

Ahmad Dhani dan Mulan Jameela selama ini tinggal di kawasan elit Pondok Indah. Tak banyak yang tahu bahwa Mulan Jameela sempat melahirkan anak yang lahir dalam kondisi meninggal. Keluarga mereka memutuskan untuk memakamkannya di area sekitar rumah.

Namun, Mulan Jameela jadi sering mengalami beberapa kejadian mistis di rumah tersebut. Hingga akhirnya Ahmad Dhani pun berniat untuk menjual rumah mewahnya itu seharga Rp 10 miliar.

Baca Juga:
Tak Pernah Dijenguk oleh Keluarga Gen Halilintar di Indonesia, Netizen Khawatirkan Aurel Hermansyah

4. Anggi Pratiwi

Artis Punya Makam di Rumahnya. (Instagram/elmostacho)

Istri dari mendingan Eben Burgerkill juga memiliki makam di area rumahnya. Makam itu adalah makam sang suami, Eben Burgerkill yang meninggal pada (3/9/2021) kemarin. Alasan kenapa Eben dimakamkan di halaman rumahnya di Kawan Turangga, Bandung ini adalah karena wasiat dari sang musisi.

Semasa hidupnya, Eben pernah berwasiat pada Anggi agar ia dimakamkan di area rumahnya. Anggi pun menunaikan wasiat mendiang suaminya itu dan menguburkan Eben di pekarangan rumah.

5. Iwan Fals

Artis Punya Makam di Rumahnya. (YouTube/Gen 98.7 FM)

Musisi senior Iwan Fals memiliki hunian super luas hingga 2 hektar. Di rumahnya yang luas ini, ia menyiapkan area khusus untuk memakamkan putra sulungnya, Galang Rambu Anarki. Putra pertama Iwan Fals itu meninggal di tahun 1997 saat usianya baru 15 tahun.

Tak hanya makam Galang Rambu yang ada di area pemakaman di kawasan rumahnya, sebab di area itu ada juga 2 makam yang merupakan pemilik tanah dari rumahnya itu.

Itulah beberapa artis yang memiliki makam di rumahnya. Makam-makam itu merupakan makam dari anggota keluarga yang berpulang lebih dulu. Meski tak umum yang cenderung menyeramkan, namun para artis tadi sepertinya sudah terbiasa tinggal di rumah yang memiliki makam di sekitarnya. Walau ada pula yang akhirnya berniat menjual rumah tersebut. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More