Ade Wismoyo | MataMata.com
Artis Berdarah Madura.

Matamata.com - Madura adalah pulau yang terletak di timur laut Jawa Timur yang dikenal dengan ikonnya, Jembatan Suramadu. Masyarakat Madura dikenal dengan kepribadian yang tegas dan blak-blakan, selain itu mereka juga disiplin dan pekerja keras.

Ternyata ada cukup banyak artis berdarah Madura yang meramaikan panggung hiburan tanah air. Para artis asli Madura ini juga punya prestasi membanggakan dan populer sebagai pesohor. Penasaran ada siapa saja mereka? Kepoin langsung daftarnya yang sudah MataMata.com himpun berikut ini.

1. Jhonny Iskandar

Baca Juga:
Dul Jaelani Perlihatkan Jati Diri Lewat Band Qodir

Artis Berdarah Madura. (Instagram/artisindo_asli)

Penyanyi senior Jhonny Iskandar merupakan artis kelahiran Sumenep, Madura. Penyanyi yang populer sejak tahun 1980-an ini adalah idola bagi masyarakat Madura. Bahkan pelantun lagu Bukan Pengemis Cinta Ini sukses sebagai penyanyi solo selama bertahun-tahun sejak 1980 hingga 1990. Namanya pun masih dikenal hingga sekarang.

2. Randy Martin

Artis Berdarah Madura. (Instagram/randymartinnn)

Aktor ganteng yang jadi idola remaja, Randy Martin juga merupakan artis berdarah Madura. Ia lahir di Surabaya, Jawa Timur dan sudah mulai berakting sejak usianya 8 tahun. Sejumlah film dan puluhan sinetron serta FTV sudah ia bintangi sejak debutnya di tahun 2007.

Baca Juga:
Sule Kerap Buka Baju sehabis Berantem, Nathalie Holscher: Dia Kedip-Kedip Gitu

Ia juga meraih berbagai nominasi penghargaan salah satunya yang berhasil ia menangkan adalah The Most Fashionable Couple 2017 dalam ajang Insert Fashion Awards bersama dengan mantan kekasihnya Cassandra Lee. Ia juga masuk nominasi Pemeran Pria Terpuji Serial Televisi dalam Festival Film Bandung 2018 berkat aktingnya dalam film Best Friend Forever.

3. Marissa Haque

Artis Berdarah Madura. (Instagram/marissahaque)

Istri dari Ikang Fawzi, Marissa Haque adalah artis papan atas yang sangat populer di era 1980-an. Walau lahir di Balikpapan, tapi ia memiliki darah Madura dari sang ibu yang merupakan orang Sumenep tulen. Artis kelahiran 16 Oktober 1962 ini adalah anak pertama dari pasangan Allen Haque dan Nike Suharyah. Ia juga merupakan kakak dari artis Soraya Haque dan Shahnaz Haque.

Baca Juga:
10 Artis Tidak Makan Nasi, Bukan cuma Ingin Langsing tapi Lebih Pilih Gaya Hidup Sehat

4. Soraya Haque

Artis Berdarah Madura. (Instagram/sorayahaque)

Adik kandung Marissa Haque, Soraya Haque mewarisi darah Madura dari sang ibu. Sementara ayahnya Allen Haque merupakan keturunan India-Prancis. Soraya memulai kariernya sebagai model sebelum merambah ke dunia akting dengan bermain film dan sinetron. Ia menikah dengan musisi Ekki Soekarno pada tahun 1961 yang memberinya tiga orang buah hati.

5. Shahnaz Haque

Baca Juga:
Ustaz Abdul Somad Benarkan Kabar Dideportasi dari Singapura, Apa Penyebabnya?

Artis Berdarah Madura. (Instagram/shahnaz.haque)

Anak ketiga dari haque bersaudara, Shahnaz Haque mengikuti jejak kedua kakaknya. Ia juga merupakan None Jakarta dan Puteri Indonesia Terfavorit tahun 1995. Kariernya dimulai dari dunia modelling. Kariernya mencapai puncak saat bermain dalam sinetron legendaris Olga Sepatu Roda (1998).

6. Ferrasta Soebardi

Artis Berdarah Madura. (Facebook/Bens Leo via suara.com)

Pelawak dan aktor senior Ferrasta Soebardi atau lebih akrab dikenal dengan nama Pepeng ini juga asli berdarah Madura. Pepeng lahir di Sumenep pada 23 September 1954. Kariernya melejit setelah bermain dalam film Rojali Juleha (1979). Ia juga tergabung dalam grup lawak Prambors. Pepeng meninggal dunia di usia 60 tahun pada 6 Mei 2015 silam.

7. Irwan Krisdiyanto

Artis Berdarah Madura. (Instagram/da2_irwan_sumenep)

Jebolan ajang kontes dangdut D'Academy ini menjadi juara ke-3 di musim kedua kontes tersebut. Ia adalah pedangdut kelahiran Sumenep, 17 November 1993 yang dikenal dengan cengkok khas dan vokal mendayu.

Tak hanya di dunia musik, Irwan berprestasi secara akademik dengan diraihnya penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi dari Universitas Wiraraja, Sumenep. Ia juga menerima penghargaan sebagai Pendatang Baru Pria Terpopuler Indonesian Dangdut Awards 2015.

Itulah sejumlah artis berdarah Madura yang memiliki banyak prestasi. Mulai dari penyanyi hingga bintang seni peran, karakter disiplin dan pekerja keras yang dimiliki orang Madura sepertinya menjadi salah satu kunci kesuksesan mereka. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More