Yohanes Endra Rena Pangesti | MataMata.com
Mamah Dedeh. (Instagram/mamahdedeh24)

Matamata.com - Mamah Dedeh untuk kesekian kalinya dikabarkan meninggal dunia. Isu yang menyeret nama sang ustazah kondang ini hadir dari video viral yang diunggah akun YouTube Kiss Seleb.

Akun tersebut menggunakan judul "Innalillahi:Semua Sedih Ustadzah Kondang Mama Dedeh Meninggal Dunia!". Sebagai penguat, si admin menyertakan foto Mamah Dedeh bersama rekannya Abdel Achrian.

CEK FAKTA: Beredar Kabar Mamah Dedeh Meninggal Dunia, Benarkah? (Turnbackhoax.id)

Video berdurasi 4 menit 18 detik itu diawali dengan pengenalan Mamah Dedeh. Namun beberapa menit kemudian, menghadirkan informasi dari salah satu portal media online.

Baca Juga:
10 Potret Rumah Mamah Dedeh, Luas Bernuasa Gold

Judul dari pemberitaan media itu adalah, "Kabar Mamah Dedeh Meninggal, Abdel: Barusan Gue Nelepon…" Isinya, klarifikasi dari sahabat Mamah Dedeh, Abdel Achrian dan Ustaz Yusuf Mansur mengenai kabar wafatnya Mamah Dedeh.

Apakah benar Mamah Dedeh meninggal dunia?

PENJELASAN

Baca Juga:
Mamah Dedeh Pesan ke Krisdayanti: Wajib Amanah sebagai Wakil Rakyat!

Menilik penelusuran Turnbackhaox.id jaringan Suara.com, kabar dari video di kanal YouTube Kiss Seleb adalah hoaks. Masuk dalam kategori koneksi yang salah.

Mamah Dedeh. (YouTube/Indosiar)

Mamah Dedeh masih aktif menjalani kegiatan dakwah, Jumat (3/6/2022). Seperti yang terlihat di unggahan terbaru tvOne, mempromosikan acara ustazah bernama lengkap Dede Rosidah tersebut.

"Jumat berkah bersama Al Qur'an. Simak ulasannya bersama Mamah Dedeh pukul 08:00 WIB hanya di tvOne," demikian keterangan yang tersaji.

Baca Juga:
Mulan Jameela Silaturahmi sama Mamah Dedeh, Gayanya Dipuji Bak Barbie Hidup

Ini bukan kali pertama Mamah Dedeh dikabarkan meninggal dunia. Sebelumnya pada Mei 2020, heboh kabar yang menyebutkan sang da'i wafat karena Covid-19.

Sebagaimana diketahui, pada waktu itu Mamah Dedeh pernah dinyatakan postif virus corona. Namun kondisinya pun berangsur membaik dan dirinya terbebas dari Covid-19.  

KESIMPULAN

Baca Juga:
Krisdayanti Bertemu Mamah Dedeh, Dapat Wejangan Begini sebagai Wakil Rakyat

Berdasarkan penjelasan di atas, maka kabar Mamah Dedeh meninggal dunia adalah hoax, salah atau tidak benar. Informasi dan kabar tersebut masuk ke dalam kategori konten menyesatkan.

Load More