Yohanes Endra | MataMata.com
Momen Penamaan Jalan Mpok Nori di Jakarta. (Instagram/engkar_nori)

Matamata.com - Pemerintah DKI Jakarta memberikan penghargaan kepada komedian Betawi, Mpok Nori atas dedikasinya semasa hidup. Wujud penghargaan tersebut adalah dengan menjadikan namanya menjadi nama jalan. Momen penamaan Jalan Mpok Nori di Jakarta terungkap dari unggahan Engkar Karmilasari.

Mpok Nori adalah satu dari sekian banyak komedian Betawi yang berkarier hingga usia senja dan terus melestarikan budaya. Komedian berpulang pada 3 April 2015 ini membuat keluarga dan penggemarnya bangga sekaligus senang karena selepas kepergiannya, namanya akan tetap dikenang.

Anak mendiang Mpok Nori, Engkar membagikan sederet momen saat dirinya berfoto dengan papan jalan bertuliskan ‘JL. MPOK NORI’. Ia juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta beserta jajarannya atas penghargaan yang diberikan pada mendiang Mpok Nori. Selain Mpok Nori beberapa komedian nama kondang lainnya juga dijadikan nama jalan di Jakarta Timur. Mereka adalah Haji Bokir, Entong Gendut, Haji Darip, dan Rama Ratu Jaya.

Baca Juga:
Sering Dapat Lawan Main Perempuan Muda, Akshay Kumar Diroasting Pelawak India

Sebagai informasi jalan Haji Bokir menggantikan nama Jalan Raya Pondok Gede yang ada di Kecamatan Kramat Jati. Kemudian nama Haji Darip menjadi pengganti nama Jalan Bekasi Timur Raya. Selanjutnya Entong Gendut menjadi nama baru baru jalan yang dulunya Jalan Budaya, Condet. Terakhir, Jalan Rama Ratu Jaya menggantikan nama Jalan BKT.

Lantas seperti apa momen momen penamaan jalan Mpok Nori di Jakarta? Kepoin momennya yang sudah MataMata.com himpun dari akun @engkar_nori berikut ini.

1. Jalan Mpok Nori

Baca Juga:
Denise Chariesta Sebut Sule Pelawak Tak Lucu, Lucinta Luna Keluarkan Khodam: Lo Orang Songong!

Momen Penamaan Jalan Mpok Nori di Jakarta. (Instagram/engkar_nori)

Pemerintah DKI Jakarta sudah merubah beberapa nama jalan yang ada di wilayah Jakarta menjadi nama komedian Betawi yang berdedikasi atas budaya Betawi. Salah satunya adalah jalan Mpok Nori. Hal ini sebagai wujud penghargaan atas dedikasi yang diberikan pemerintah kepada para komedian Betawi.

2. Gantikan Jalan Raya Bambu Apus

Momen Penamaan Jalan Mpok Nori di Jakarta. (Instagram/engkar_nori)

Jalan Mpok Nori menggantikan nama Jalan Raya Bambu Apus, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung. Engkar Karmilasari bersama dengan saudaranya tak lupa berfoto dengan papan jalan yang bertuliskan nama panggung sang ibu.

Baca Juga:
Anak Mendiang Bang Sapri Masih Sering Kirim Pesan ke HP Ayahnya: Kalau Surga Butuh Pelawak Kenapa Papa yang Dipanggil

3. Lokasi jalan

Momen Penamaan Jalan Mpok Nori di Jakarta. (Instagram/engkar_nori)

Jalan Mpok Nori terletak dari Pos Polisi Gempol sampai dengan turunan perbatasan Setu pospol gempol sampai turunan perbatasan setu. Pemberian nama ini membuatnya dan keluarga besar komedian yang bernama asli Nuri Sarinuri tersebut.

4. Ungkap rasa terima kasih

Baca Juga:
Kelakuan Nyeleneh Isyana Sarasvati saat Manggung, Bikin Penonton Ketawa Ngakak: Pelawak Berkedok Penyanyi

Momen Penamaan Jalan Mpok Nori di Jakarta. (Instagram/engkar_nori)

Engkar mengungkapkan rasa terima kasihnya pada Gubernur DKI Jakarta beserta jajarannya. Ia juga berterima kasih pada dinas Bina Marga dan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Pengabadian nama Mpok Nori sebagai nama jalan menjadi momen yang membahagiakan bagi Engkar dan keluarga besarnya.

5. Bangga

Momen Penamaan Jalan Mpok Nori di Jakarta. (Instagram/engkar_nori)

Penamaan Jalan Mpok Nori membuat keluarga mendiang merasa sangat bangga dan senang. Sebab nama Mpok Nori kini akan selalu dikenang dan diingat karena dijadikan nama jalan. Tak lupa Engkar juga berterima kasih pada warga Bambu Apus beserta Lurah, RT, beserta seluruh jajarannya karena sudah memberikan izin nama Jalan Raya Bambu Apus diganti dengan nama sang ibu.

6. Didukung netizen

Momen Penamaan Jalan Mpok Nori di Jakarta. (Instagram/engkar_nori)

Melihat unggahan Engkar yang berfoto dengan papan nama Jalan Mpok Nori, netizen mengungkapkan dukungan mereka. Banyak yang merasa perubahan nama ini sebagai wujud perhatian dan penghargaan atas dedikasi Mpok Nori bagi kelestarian budaya Betawi.

Itulah sederet momen penamaan jalan Mpok Nori di Jakarta yang sudah resmi dilakukan. Beberapa netizen berharap, setiap yang melintasi jalan tersebut akan selalu mengingat karya dan dedikasi Mpok Nori. Sosok Mpok Nori semasa hidup memang sangat ikonik dan lekat dengan kebudayaan Betawi. Tak heran jika Mpok Nori mendapat penghargaan dengan namanya dijadikan nama jalan di kota yang dicintainya.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More