Ade Wismoyo Diwanna Ericha | MataMata.com
Unggahan Ridwan Kamil [Instagram/@ridwankamil]

Matamata.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah selesai dalam menuntaskan dua tugas mulianya di Tanah Suci, Arab Saudi.

Ia bertanggung jawab menjadi Amirul Hajj Jawa Barat, bertugas menjadi pemimpin rombongan jamaah haji di provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia itu.

Dikarenakan tugasnya sudah selesai ia pun ingin pulang ke Indonesia.

Baca Juga:
10 Momen Gen Halilintar Bertemu Atuk Setelah 3 Tahun Tak Bertemu, Terharu Banget

Unggahan Ridwan Kamil [Instagram/@ridwankamil]

"Tugas selesai, saatnya pulang ke Tanah Air. Hari Ahad atau Hari Minggu ini hari terakhir saya beribadah di tanah suci, besok Senin subuh sudah kembali pulang terbang ke tanah air tercinta. Semoga selamat sampai rumah." tulisnya dalam caption unggahan video reels di akun Instagramnya, dikutip Senin (18/07/2022).

Dalam unggahannya itu, Emil nama panggilan akrab suami Atalia Praratya membagikan cuplikan-cuplikan video perjalanan berhaji.

Semua momen tahapan-tahapan rukun haji diabadikan dan diunggahnya. Saat menjadi Amirul Hajj Jawa Barat, Emil datang ke tempat penginapan jamaah haji asal provinsinya.

Baca Juga:
7 Potret Artis di Resepsi Via Vallen, Konsepnya Ala Negeri Dongeng

"Tugas menjadi Amirul Hajj Jawa Barat sudah dilaksanakan semaksimal mungkin. Berbagai koordinasi dan aksi melancarkan kegiatan jamaah haji sudah dilakukan dan terus dikerjakan dengan koordinasi dengan tim pendamping haji daerah," tambahnya.

Selanjutnya, tugas keduanya adalah berangkat beribadah badal haji atas nama putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Sudah ia tunaikan sebagai seorang 'Ayah' yang mewakili anak kesayangannya.

"Tugas kedua melakukan badal haji atas nama Eril selesai sudah. Haji Emmeril Kahn Mumtadz, sudah menyempurnakan rukun Islam ke-5 nya melalui fisik dan jiwa saya ayahnya," pungkasnya.

Baca Juga:
Angga Wijaya Hadiri Pernikahan Keponakan Dewi Perssik Bikin Warganet Salut: Semoga Rujuk

Unggahan Ridwan Kamil [Instagram/@ridwankamil]

Ketika melakukan perjalanan beribadahnya, ia selalu memegang foto putranya yang telah berpulang ke Rahmatullah pada 26 Mei 2022 karena tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss. Seolah-olah Eril lah yang beribadah haji, termasuk ketika melakukan tawaf dan berdoa di depan Multazam.

Ridwan Kamil juga memenuhi wasiat dari almarhum putra sulungnya untuk berkurban di Palestina. Dalam unggahan, Emil juga menyertakan video saat pemotongan daging lembu di Palestina atas nama Eril.

"Setiap rukun dan ibadah saya kerjakan, seolah-olah almarhum yang melakukannya sendiri. Termasuk wasiatnya ingin berkurban di Palestina juga sudah ditunaikan," tegasnya.

Baca Juga:
Anak Tasya Kamila Jadi Kolektor Kipas, Alasannya Bikin Netizen Heran: Padahal Ada AC

Tak lupa, ia mengakhiri tulisannya itu dengan ucapan selamat kepada seluruh jamaah haji Indonesia yang beruntung mampu melaksanakan haji di tahun ini.

"Selamat untuk semua jamaah haji Indonesia yang beruntung Allah panggil dan mudahkan urusannya dengan berhaji tahun 2022 ini.

Semoga semua menjadi Haji Mabrur dan Hajjah mabruroh. Aamiin," tutup Ridwan Kamil pada tulisannya.

Load More