Yohanes Endra Yuliani | MataMata.com
Sarwendah dan Ruben Onsu (instagram/sarwendah29)

Matamata.com - Ruben Onsu masih berjuang menghadapi penyakit langka Empty Sella Syndrome hingga penyumbatan di sumsum tulang belakang. Sejak divonis dua penyakit itu, dia mulai takut mati.

"Setiap lu bangun, lu nggak mau tidur lagi karena lu takut nggak bangun lagi?" tanya Irfan Hakim dikutip dari MOP Channel, Rabu (27/7/2022).

Potret Ruben Onsu Kembali Dirawat di ICU(YouTube/The Onsu Family) 

"Iya, gue selalu takut," kata Ruben Onsu membenarkan.

Baca Juga:
Ruben Onsu Ajak Kru TV Belanja Snack, yang Diambil Malah Minyak Goreng: Keren Suaminya Siapa Tuh?

Menurut Ruben Onsu, sudah banyak orang yang mengingatkannya agar tak paranoid pada kematian. Namun tetap saja dia masih merasa takut.

"Orang selalu bilang jangan takut, jangan takut, tapi kan yang tahu badan kita itu kita ya, jadi gue berusaha blek aja buat tidur," ujarnya.

"Jadi ketika gue kebangun (tengah malam) gue nggak mau tidur lagi karena gue punya rasa takut itu (tidak bisa bangun lagi)," kata dia lagi.

Baca Juga:
Blak-blakan, Ruben Onsu Bongkar Alasan Harus Rutin Transfusi Darah Setiap Bulan

Momen Anak-Anak Jenguk Ruben Onsu di rumah sakit. (YouTube/TheOnsu)

Namun, Ruben Onsu membantah jika hal itu bagian dari rasa cemas.

"Bukan cemas ya, tapi punya rasa takut pada hal itu (kematian) jadi harus kuat, tegar, ya kita kayak manusia yang lain, sekuat-kuatnya kita ada tumbangnya, butuh sandaran," ujar dia.

Bayangan kematian sudah sering ada di pikiran Ruben Onsu. Namun, ia selalu berusaha yang terbaik dan kuat setiap hari demi orang-orang di sekelilingnya.

Baca Juga:
Sarwendah Bagikan Momen Ruben Onsu Terbaring Lemah di Singapura, Mawar AFI Kirimkan Doa

"Seandainya gue jatuh dan tumbang akan banyak yang sedih, gue juga bingung apa ini yang terbaik buat gue ya gue lakuin yang terbaik," kata Ruben Onsu.

Load More