Nur Khotimah | MataMata.com
Artis Lakukan ritual Malam 1 Suro. (Instagram/suzzannaofficial)

Matamata.com - Malam 1 Suro akan jatuh pada tanggal 30 Juli 2022 esok. Selama ini perayaan malam 1 Suro selalu diidentikkan dengan berbagai ritual berbau mistis. Tak hanya dilakukan oleh masyarakat umum, sejumlah artis juga pernah melakukan ritual tersebut. Padahal dalam kalender Hijriyah, malam 1 Suro bertepatan dengan tanggal 1 Muharram yang merupakan tahun baru Islam.

Berbagai ritual yang biasa dilakukan saat awal bulan Suro dalam kalender Jawa ini antara lain memandikan keris ataupun benda pusaka. Ada pula yang mandi kembang 7 rupa. Bagi sebagian orang ritual tersebut bertentangan dengan keyakinan agama. Meski banyak pula yang meyakininya sebagai warisan budaya.

Roro Fitria adalah salah satu artis yang selama ini dekat dengan berbagai ritual berbau mistis termasuk saat malam 1 Suro tiba. Namun, sejak berhijab, Roro sepertinya mulai meninggalkan ritual tersebut. Ia memiliki ritual baru yang ia jalani yaitu dengan melakukan perawatan kecantikan di sebuah klinik seperti diungkap dalam potret terbaru yang ia unggah di Instagram.

Baca Juga:
11 Aktris Korea Ultah Bulan Agustus, Ada Pemain Drakor Adamas dan Today's Webtoon

Lepas dari ritual baru tersebut, Roro dulu tanpa segan memamerkan bermacam persiapannya jelang malam 1 Suro. Roro bukan satu-satunya artis yang jalani ritual tersebut. Lantas siapa saja artis lakukan ritual malam 1 Suro? Simak daftarnya berikut.

1. Roro Fitria

Artis Lakukan ritual Malam 1 Suro. (Instagram/roro.fitria1989)

Roro Fitria sebelum berhijab sangat percaya pada hal gaib. Bahkan pada suatu kesempatan Roro menjalani ritual jelang malam 1 Suro dengan menyiapkan sesajen lengkap. Ia membuat sesaji dari kemenyan dan bunga, sebelumnya ia juga pernah mandi kembang. Hal ini membuat publik menuduhnya telah melakukan perbuatan syirik. Meski demikian, Roro tetap menjalankan tradisi yang sudah ia lakukan bertahun-tahun.

Baca Juga:
Ziva Magnolya Bela Keisya Levronka: Minimal Diem Nggak Usah Banyak Cingcong

2. Ade Andrini

Artis Lakukan ritual Malam 1 Suro. (Twitter)

Mantan artis yang kini alih profesi sebagai pembawa acara, Ade Andrini memiliki garis keturunan langsung dari Keraton Mangunegaran. Tak heran jika ia akrab dengan ritual malam 1 Suro. Pada suatu kesempatan ia mengajak Vicky Shu untuk ikut serta dalam ritual tahunan tersebut.

3. Vicky Shu

Baca Juga:
J-Hope BTS Jalan-Jalan di Chicago, Harga Outfitnya Bikin Dompet Nangis

Artis Lakukan ritual Malam 1 Suro. (Instagram/vickyshu)

Penyanyi cantik Vicky Shu pernah menjalani ritual malam 1 Suro bersama sahabatnya Ade Andrini. Kehadiran Vicky Shu dalam ritual yang digelar besar di Solo ini semakin meramaikan acara.

4. Suzzanna

Artis Lakukan ritual Malam 1 Suro. (Instagram/suzzannaofficial)

Mendiang Suzzanna yang menyandang gelar sebagai ratu horor tanah air juga dekat dengan semua aktivitas mistis, termasuk ritual di malam 1 Suro. Bahkan ketika malam 1 Suro tiba, Suzzanna akan bersemedi dan memakan sepiring bunga melati segar. Salah satu lokasi semedi yang kerap dikunjungi Suzzanna adalah Sendang Umbul Jumprit yang ada di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

Baca Juga:
Ikut-ikutan Dibully soal Keisya Levronka, Danang DA Balik Semprot Netizen: Salah Alamat!

Ritual malam 1 Suro memang menjadi salah satu momen yang ditunggu bagi penganut ajaran kejawen. Ritual yang dekat dengan nuansa mistis ini juga menjadi salah satu warisan budaya. Kendati demikian, ritual malam 1 Suro tak jarang dianggap bertentangan dengan ajaran agama Islam terlebih, umat Islam merayakan tanggal tersebut sebagai perayaan tahun baru Islam. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More