Ade Wismoyo | MataMata.com
Reza Rahadian (Instagram/@officialpilarez)

Matamata.com - Tokoh nasional seperti presiden menjadi salah satu karakter yang diangkat dalam sebuah film. Karakter presiden sering muncul utamanya dalam film-film sejarah, biografi, maupun yang bertema nasionalisme. Sederet artis berkesempatan memerankan sosok orang nomor satu di Indonesia lewat film yang mereka bintangi.

Soekarno menjadi salah satu presiden yang kisahnya paling sering diangkat ke layar lebar. Ada banyak aktor yang memerankan sosok karismatik presiden pertama sekaligus proklamator kemerdekaan Indonesia tersebut. 

Tentu saja memerankan tokoh nasional tidaklah mudah, perlu riset untuk bisa mendalami karakter dari sang presiden. Meski sulit, nyata ada artis yang mampu menunjukkan akting memukau hingga terlihat sangat mirip dengan presiden. 

Baca Juga:
Lina Mukherjee Labrak Ahmad Dhani gegara 4 Tahun Lalu Diblokir, Jawabannya Ngeselin!

Penasaran siapa saja artis Indonesia perankan tokoh presiden di film? Cek langsung daftarnya berikut.

1. Marcell Siahaan

Artis Indonesia Perankan Tokoh Presiden di Film. (Instagram/marcellsiahaans)

Pada tahun 2010, film laskar Pemimpi dirilis. Film bertema sejarah ini mendapuk Marcell Siahaan untuk memerankan Soeharto. Dalam film tersebut, diceritakan bahwa Soeharto masih menjadi tentara. Meski lebih dikenal sebagai penyanyi, tapi akting Marcell juga patut diacungi jempol lho.

Baca Juga:
Viral Ortu Farel Prayoga Tak Punya TV untuk Nonton Anaknya, Netizen Gelisah: Baim Wong Jangan Sampai Tahu

2. Ario Bayu

Artis Indonesia Perankan Tokoh Presiden di Film. (Instagram/bayu_ario)

Film Soekarno: Indonesia Merdeka (2013) memilih Ario Bayu untuk memerankan Soekarno. Setelah penunjukannya, ia mendapat penolakan Rachmawati Soekarnoputri. Tapi Ario Bayu membuktikkan bahwa ia mampu memerankan sosok Soekarno dengan sangat baik. Ario bahkan dinominasikan sebagai Aktor Terbaik dalam ajang bergengsi seperti Festival Film Indonesia, Festival Film Bandung, dan Piala Maya. 

3. Reza Rahadian

Baca Juga:
Nikita Mirzani Pamer Video 'Bareng' Ferdy Sambo, Auto Bikin Geger: Awas Lho!

Artis Indonesia Perankan Tokoh Presiden di Film. (Instagram/officialpilarez)

Film Habibie & Ainun (2012) dirilis ketika BJ Habibie masih hidup. Reza Rahadian membuktikan kepercayaan yang diberikan padanya dibayar dengan tuntas. Pasalnya aktor berdarah Ambon ini tampil begitu mirip dengan Presiden Indonesia ketiga. Mulai dari penampilan sampai cara bicaranya sangat mirip. Kesuksesan Reza berlanjut dalam film Rudy Habibie (2016) dan Habibie & Ainun 3 (2019). Reza memboyong banyak penghargaan di Festival Film Indonesia, Festival Film Bandung, dan Indonesia Movie Awards berkat perannya.

4. Baim Wong

Artis Indonesia Perankan Tokoh Presiden di Film. (Instagram/baimwong)

Dua kali berperan sebagai Soekarno dalam film yang ia bintangi. Baim Wong pertama kali memerankan karakter Soekarno lewat film Ketika Bung di Ende (2013). Dua tahun berselang, Baim kembali dipercaya berperan sebagai Bung Karno saat bermain dalam film Jenderal Soedirman (2015). Ketika itu, Baim memerankan masa muda Soekarno yaitu di kisaran usia 35 tahunan.

Baca Juga:
Sengit! Cicit Mbah Priok Tantang Pesulap Merah Adu Tembak, Taruhannya Uang Rp5 M

5. Aghniny Haque

Artis Indonesia Perankan Tokoh Presiden di Film. (Instagram/aghninyhaque)

Artis muda yang merupakan atlet Aghniny Haque sukses memerankan presiden wanita pertama Indonesia Megawati Soekarnoputri lewat film Taufiq: Lelaki yang Menantang Badai (2019). Perjalanan hidup Taufiq Kiemas suami Megawati diangkat menjadi sebuah  film biopik. Artis muda yang juga bermain dalam film Mencuri Raden Saleh ini mampu memperagakan cara bertutur Megawati berhasil diperagakan dengan sangat baik.

6. Pandji Pragiwaksono

Artis Indonesia Perankan Tokoh Presiden di Film. (Instagram/pandji.pragiwaksono)

Meski bukan sebagai pemain utama, namun akting Pandji Pragiwaksono sebagai Susilo Bambang Yudhoyono dalam film Di Balik 98 (2015). Pandji memang hanya muncul sekali ketika memerankan sosok presiden Indonesia yang dua kali menjabat ini. Tanpa banyak dialog, Pandji yang muncul dalam rapat saat SBY masih menjadi tentara sukses menyita perhatian publik.

7. Teuku Rifnu Wikana

Artis Indonesia Perankan Tokoh Presiden di Film. (Instagram/rifnuwikana)

Dikenal sebagai aktor serba bisa, Teuku Rifnu Wikana berhasil memerankan sosok Presiden Joko Widodo lewat film biopik Jokowi (2013). Kala film ini dirilis, Jokowi memang belum menjabat sebagai presiden melainkan masih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

8. Ben Joshua

Artis Indonesia Perankan Tokoh Presiden di Film. (Instagram/benjoshua_r)

Kiprah Jokowi kembali diangkat ke layar lebar pada tahun 2014 lewat film Jokowi Adalah Kita. Sayangnya, film yang dibintangi oleh Ben Joshua ini harus ditarik oleh pihak rumah produksinya, K2K Production. Padahal baru sehari sejak filmnya dirilis. Sehingga tak banyak penonton yang bisa memberikan penilaian dari akting Ben Joshua yang memerankan Jokowi. 

Dari sekian banyak artis Indonesia perankan presiden di film, nama Reza Rahadian yang disebut paling mirip dengan tokoh nasional yang ia perankan. Kalau menurutmu siapa yang paling mirip?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More