Nur Khotimah | MataMata.com
Profil dan Biodata Patra Gumala. (Instagram/@patragumala)

Matamata.com - Patra Gumala tengah menjadi sorotan publik setelah video berjudul "Feminis Tersinggung?' yang menampilkan dirinya saat open mic viral di media sosial. Patra Gumala menuai kontroversi karena dalam materinya itu ia menyinggung soal parkiran khusus perempuan dan difabel.

Ia juga menyebut jika ada feminis yang tersinggung dengan jokesnya, maka seharusnya mereka lebih tersinggung dengan parkiran khusus perempuan. Ia bahkan mempertanyakan kenapa perempuan mau disamakan dengan difabel. Karena menurutnya hanya ada dua parkiran khusus di pusat perbelanjaan yaitu untuk kaum difabel dan perempuan.

Potongan video tersebut viral di media sosial dan menuai kontroversi. Lantas siapa sebenarnya Patra Gumala? Berikut MataMata.com sudah himpun sederet informasi tentang sosoknya lewat ulasan Profil dan biodata Patra Gumala berikut.

Baca Juga:
9 Pasangan yang Berawal dari Konten, Terbaru Jess No Limit & Sisca Kohl

1. Profil dan Biodata Patra Gumala

Profil dan Biodata Patra Gumala. (Instagram/@patragumala)

Patra Gumala merupakan komika, penyiar, dan musisi asal Jakarta yang bernama asli Fadhil Patra Dwi Gumala. Patra lahir pada 20 Oktober 1985 yang artinya sekarang usianya sudah 36 tahun. Patra adalah anak ke-2 dari 3 bersaudara.

Patra Gumala menikahi Irena Fatma Pratiwi pada tahun 2011 yang merupakan rekan kerjanya di Gen FM Jakarta. Dari pernikahannya Patra dikarunia dua orang anak laki-laki. Putranya masing–masing bernama Kafka Araya Gumala dan Devendra Hamka Gumala. Patra Gumala bisa dibilang multitalenta karena memiliki beberapa karier sekaligus.

Baca Juga:
Begini Respon Desta Ketika Anaknya Sakit: Walau Demam, Tetap Tidak Tidur Semalaman

2. Pendidikan

Profil dan Biodata Patra Gumala. (Instagram/@patragumala)

Patra Gumala menempuh pendidikan di Universitas Indonesia dan meraih gelar Diploma Komunikasi pada tahun 2005 silam. Ia melanjutkan pendidikan sarjana di kampus yang sama di bidang politik dan satu angkatan dengan Raditya Dika yaitu pada tahun 2009. Patra Gumala lalu mengambil Magister Komunikasi UI pada tahun 2012.

3. Awal karier

Baca Juga:
Ribut dengan Akun Gosip Play It Safe Baby, Awkarin Dituduh Pansos: Ini Orang Gak Berubah

Profil dan Biodata Patra Gumala. (Instagram/@patragumala)

Karier Patra Gumala dimulai dengan menjadi penyiar radio sejak tahun 2006. Ia pernah bekerja sebagai penyiar di Trax FM selama tiga tahun lamanya. Patra kemudian pindah ke Gen FM Jakarta dan terkenal serta menjadi presenter di banyak acara. Hingga sekarang, Patra masih aktif siaran sebagai penyiar di Gen FM.

4. Musisi

Profil dan Biodata Patra Gumala. (Instagram/@patragumala)

Selain penyiar radio, Patra mengejar karier sebagai musisi. Ia merupakan bassis di band Speedkill yang beraliran metal. Patra bergabung pada tahun 2008 saat Speedkill comeback. Bersama tiga rekannya, Danang Prihantoro (vokal), Muhammad Syafii (gitar) dan Zaini Arasyid (drum) Speedkill merilis album berjudul Buas pada tahun 2016.

Baca Juga:
10 Potret Kejutan Ultah Okky Lukman dari Tukang Becak, Berkesan Banget!

5. Penulis

Profil dan Biodata Patra Gumala. (Instagram/@patragumala)

Tak puas dengan karier sebagai penyiar dan musisi, Patra memulai debut sebagai penulis pada tahun 2012. Ia menerbitkan buku pertamanya oleh penerbit Plotpoint yang berjudul Seri 123: Tips PDKT & Nembak. Buku tersebut merupakan terbitan dari Seri 123, bersama dua buku lainnya yang ditulis oleh rekan sesama penyiar di Gen FM Jakarta.

6. Karier sebagai komika

Profil dan Biodata Patra Gumala. (Instagram/@patragumala)

Patra Gumala awalnya tampil dari panggung satu ke panggung lainnya untuk open mic. Baru pada tahun 2016, ia ikut audisi Stand Up Comedy Indonesia season 7 (SUCI 7). Sejak saat itu namanya menjadi makin dikenal luas. Ia juga sudah beberapa kali dipercaya menjadi presenter untuk program televisi.

7. Tuai kontroversi

Profil dan Biodata Patra Gumala. (Instagram/@patragumala)

Patra yang pernah menggelar special show bertajuk "PATRAIARKI" untuk menceritakan tentang ajaran patriarki dan tuntutan feminisme di era sekarang ini tengah jadi sorotan. Pasalnya salah satu materi yang ia bawakan viral dan menuai banyak kontroversi. Lantaran ia menyinggung feminis yang merasa tersinggung dengan jokesnya. Hingga menyamakan parkiran perempuan dengan parkiran difabel. Ia juga mempertanyakan mengapa perempuan mau disamakan dengan difabel.

Itu tadi profil dan biodata Patra Gumala, komika yang tengah disorot usai videonya saat bawakan materi stand up viral dengan judul feminis tersinggung. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More