Nur Khotimah | MataMata.com
Profil Posan Tobing (instagram/@posantobing)

Matamata.com - Nama Posan Tobing jadi sorotan setelah menyerang band Kotak terkait royalti yang belum dibayarkan. Posan mengunggah video keluhan yang menampilkannya marah-marah.

Sebagai informasi, Posan Tobing pernah tergabung dalam band Kotak sejak 2004 hingga 2011 sebagai drummer. Baru-baru ini Posan menagih royalti ke mantan rekannya di band yang telah membesarkan namanya itu.

Berikut profil Posan Tobing yang belakangan jadi sorotan karena polemik royalti dengan band Kotak.

Baca Juga:
10 Potret Pesantren Atta Halilintar yang Hampir Selesai Dibangun, Aula Mewah Bikin Terpukau

Profil Posan Tobing

Profil Posan Tobing (instagram/@posantobing)

Posan Tobing lahir pada 18 Januari 1983 di Jakarta. Pemilik nama lengkap Haposan Harianto Tobing ini dikenal sebagai drummer dan produser musik yang pernah tergabung dalam band Kotak.

Posan Tobing menikah dengan wanita bernama Valentina Tya. Dari pernikahan ini, Posan dikaruniai dua anak yang diberi nama Kimi Riama Arum Tobing dan Alby Raja Tobing.

Baca Juga:
Nagita Slavina Keceplosan, Ayu Dewi Beneran Lagi Hamil Anak Keempat?

Karier Posan Tobing

Profil Posan Tobing (instagram/@posantobing)

Karier Posan Tobing di bidang musik berawal dengan menjadi drummer salah satu band rohani. Posan kemudian mendapatkan kesempatan untuk membuat namanya dikenal dengan menjadi drummer Kotak pada 2004.

Bersama Kotak, Posan Tobing menelurkan sejumlah karya yang dirilis melalui album Kotak (2005), Kotak Kedua (2008) dan Energi (2010). Namun dia memutuskan hengkang pada tahun 2011.

Baca Juga:
Pilunya Via Vallen Curhat Hamil 8 Minggu tapi Jantung Janin Tak Berdetak: Rahim Ami Sunyi Nak

Setelah keluar dari Kotak, Posan Tobing membentuk band baru yang diberi nama The Winner. Banyak karya Posan yang dirilis bersama band barunya ini, seperti Pusing (2010), Kesaktianmu (2012), Telanjangi Dunia (2013) hingga Allah Maha Besar (2017).

Polemik Royalti

Profil Posan Tobing (instagram/@posantobing)

Melalui unggahan Instagram dan wawancara di sejumlah acara, Posan Tobing mengungkapkan kekecewaannya terhadap Tantri Kotak dkk terkait masalah royalti. Posan merasa tak dihargai sebagai eks drummer Kotak.

Baca Juga:
Kaesang Pamer Chat Bahas Fitting Baju, Stikernya Bikin Salfok: Jangan Sampai Bapak Tahu Mas

Setelah resign sejak 2011 lalu, Posan Tobing mengaku tidak mendapatkan hak royalti dari lagu-lagu ciptaannya. Posan juga menuding Chua dan Cella memblokir akun media sosialnya.

Sebagai tanggapan, para personel Kotak telah merilis video klarifikasi pada 7 Oktober 2022 melalui media sosial. Menurut band Kotak, pembayaran hak royalti bukan lah kewajiban mereka, melainkan WAMI (Wahana Musik Indonesia).

Itulah profil Posan Tobing yang tengah jadi sorotan karena menagih royalti ke band Kotak.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More