Ade Wismoyo | MataMata.com
Rizky billar. (Instagram)

Matamata.com - Viral di media sosial sebuah narasi yang menyebut bahwa artis Rizky Billar ditangkap ratusan polisi. Sebelumnya ia diketahui telah dilaporkan sang istri, Lesti Kejora atas kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) ke Polres Metro Jakarta Selatan. 

Kabar Rizky Billar diciduk hadir di postingan akun Facebook bernama Gost. Tertera judul 'Semua Tak Menyangka!! Ratusan Polisi Jemput Rizky Billar, Tangis Lesti Kejora Pecah'.

Unggahan soal Rizky Billar dan Lesti Kejora [turnbackhoax.id]

Guna mendukung judul tersebut, si pemilik akun memperlihatkan foto Lesti Kejora yang menangis di samping sang ayah. Hadir pula sosok Rizky Billar dengan tangan diborgol sambil digiring polisi.

Baca Juga:
Nopek Novian Singgung Nama Ariel NOAH, Ekspresi Luna Maya Disorot: Dia Panik

Lantas benarkan kabar tersebut?

PENJELASAN: Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id, situs yang bekerjasama dengan Suara.com, kabar Rizky Billar diciduk ratusan polisi adalah hoaks.

Rizky Billar dan Lesti Kejora makan di Lounge In The Sky. [rizkybillar / Instagram]

SUMBER membagikan konten yang tidak sesuai dengan fakta, sehingga menyebabkan kesimpulan yang salah.

Baca Juga:
6 Fakta Stealer: Seven Joseon Coins, Drama Baru Joo Won dengan Lee Joo Woo dan Kim Jae Won

Video yang dibagikan menggunakan judul umpan klik (click bait) dan foto merupakan hasil suntingan dari beberapa sumber.

Foto ayah Lesti Kejora, Endang Mulyana merupakan hasil liputan dari portal media online yang tayang 31 Agustus 2021. Sementara potret sang putri menangis, diambil dari cuplikan YouTube Rizky Billar, 5 Agustus 2021.

Sementara foto Rizky Billar yang terlihat mengenakan baju orange sambil digiring adalah orang lain. Itu adalah berita berjudul 'Bandar Sabu Asal Aceh Ditembak Mati di Medan' yang tayang pada 13 Agustus 2017.

Baca Juga:
5 Momen Pertemuan Chicco Jerikho dan Kim Se Jeong, Main Drama Bareng

Merujuk pada 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, kabar tersebut termasuk 'Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu'.

Mengenai kasus hukum Rizky Billar, aktor 27 tahun itu rencananya akan menjalani pemeriksaan ulang. Prosesnya akan berlangsung di Polres Metro Jakarta Selatan pada Kamis, 13 Oktober 2022.

Baca Juga:
Wirda Mansur dan Rizky Billar Dijodoh-jodohin, Ustaz Yusuf Mansur Ambil Sikap Tegas

Load More