Ade Wismoyo | MataMata.com
Profil Gus Miftah (Instagram/@gusmiftah)

Matamata.com - Gus Miftah kembali menjadi sorotan karena bertanya agama Farel Prayoga, penyanyi cilik yang viral sampai diundang Istana Negara berkat meng-cover lagu "Ojo Dibandingke". Jawaban Farel yang menegaskan bahwa agamanya adalah sebuah privasi membuat Gus Miftah tak sedikit menuai kritik.

Sebelumnya Gus Miftah juga dikenal sebagai guru Deddy Corbuzier yang menjadi mualaf pada 2019. Simak profil Gus Miftah berikut ini.

1. Biodata Gus Miftah

Baca Juga:
'Hari Aku Kayak Udah Sampai di Sini' Nita Thalia Putus Asa usai Divonis Kerusakan Saraf Otak Level 4

Profil Gus Miftah (Instagram/@gusmiftah)

Gus Miftah mendapat nama Miftah Maulana Habiburrahman dari kedua orangtuanya. Pria kelahiran Lampung, 5 Agustus 1981 ini merupakan keturunan ke-9 Kiai Ageng Hasan Besari pendiri Pesantren Tegalsari, Ponorogo. Ia mengenyam pendidikan di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah. Istri Gus Miftah bernama Dwi Astuti Ningsih dan telah dikaruniai 2 anak.

2. Perjalanan Karier Gus Miftah

Profil Gus Miftah (Instagram/@gusmiftah)

Sejak kuliah, Gus Miftah aktif di organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Dakwah Gus Miftah dimulai pada tahun 2000-an di daerah Sarkem (Pasar Kembang) Yogyakarta yang dikenal sebagai kawasan prostitusi.

Baca Juga:
Potret Body Goals Nafa Urbach di Usia 42 Tahun, Makin Seksi Memesona

Kajian agama rutin digelar Gus Miftah dengan ditemani Gunadi alias Gun Jack yang dihormati sebagai penguasa daerah Sarkem. Tentu bukan hal yang mudah berdakwah di kawasan prostitusi. Akan tetapi Gus Miftah tidak pantang menyerah dan justru fokus berdakwah di tempat semacam klub malam hingga salon plus plus.

Hingga akhirnya Gus Miftah mendirikan Pesantren Ora Aji yang dalam bahasa Indonesia berarti Tidak Berarti. Gus Miftah menamai pesantrennya demikian untuk menggambarkan tidak seorang pun yang berarti di mata Allah selain karena ketakwaan. Pesantren Ora Aji didirikan di Tundan, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta pada 2011.

3. Kontroversi Gus Miftah

Baca Juga:
Buntut Diduga Sindir Rizky Billar, Sule Tuai Cibiran Netizen: Dia Lupa Ngaca

Profil Gus Miftah (Instagram/@gusmiftah)

Sejak kemunculannya, Gus Miftah sudah mengundang kontroversi bagi masyarakat yang belum mengenal sosoknya. Gus Miftah awalnya viral melalui sebuah video yang memperlihatkan dirinya sedang dakwah di sebuah klub malam di Bali. Aksi Gus Miftah yang berdakwah di lokasi hiburan malam pun sempat disentil Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Gus Miftah juga pernah ceramah tentang persatuan umat saat peresmian Gereja Bethel Indonesia Amanat Agung. Tudingan sesat hingga kafir lantas dilayangkan pada ulama muda Nahdlatul Ulama (NU) ini.

Tak sampai di situ, pertunjukan wayang di pondok pesantren milik Gus Miftah pernah dikecam. Pasalnya terdapat lakon mirip Ustaz Khalid Basalamah yang dipukuli. Yang baru-baru ini ramai diperbincangkan, Gus Miftah dianggap mengintervensi agama Farel Prayoga meski tudingan tersebut telah dibantah.

Baca Juga:
Nita Thalia Idap Kerusakan Saraf Otak hingga Sempat Dikira Sudah Tiada, Ini Gejala yang Dialami

Itu dia profil Gus Miftah dengan segala pro dan kontra yang mengiringi perjalanannya sebagai ulama. Bagaimana pendapatmu? 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More