Yohanes Endra | MataMata.com
Ridho Rhoma. (Instagram/ridho_rhoma)

Matamata.com - Saat Ridho Rhoma dijebloskan ke penjara karena narkoba, Rhoma Irama tak masalah. Namun, ada satu dosa yang tidak akan dimaafkan si Raja Dangdut, yakni murtad.

Tampil di vlog Daniel Mananta, Rhoma Irama menegaskan bahwa seorang pendakwah bukan pemaksa atau penentu. Sekeras apapun orangtua memberi peringatan, tidak menjamin anak mereka tidak akan melakukan kesalahan.

Baca Juga:
Ridho Rhoma Diciduk Polisi 2 Kali, Rhoma Irama Kasih Sentilan Mak Jleb!

"Jangankan seorang Rhoma, jangankan seorang kyai, Nabi pun ketika berdakwah pada umatnya, eh anaknya nggak patuh," kata Rhoma Irama dikutip dari kanal YouTube Daniel Mananta Network, Kamis (3/11/2022).

"Yang penting, kita sebagai orangtua, dalam konteks keluarga, lakukan apa kewajiban orangtua, dan berikan hak anak," sambung penyanyi 75 tahun tersebut.

Setelah orangtua sudah memenuhi kewajiban mereka, apa yang diperbuat anak sepenuhnya tanggung jawab mereka.

Baca Juga:
Ridho Rhoma Dua Kali Terjerat Narkoba, Rhoma Irama: Ada Satu Ayat yang Bikin Papa Gak Marah sama Kamu!

"Tapi dalam kasus Ridho, saya sedih, tapi saya enggak marah, karena saya tahu hakikat kehidupan. Iman itu fluktuatif, tergantung pergaulan, tergantung apa yang dia dengar, apa yang dia geluti berhari-hari, itu akan berpengaruh pada fluktuasi iman," kara Rhoma Irama.

Pelantun Begadang itu memahami bahwa ada banyak godaan bagi yang bekerja di dunia hiburan, seperti Ridho Rhoma.

Rhoma Irama (YouTube/Rhoma Irama Official)

"Saya tahu banget tantangan entertainer itu apa, dan basic-nya (iman Ridho) memang tidak terlalu kuat. Kalau gedebuk jatuh, ya gue garuk kepala aja, rasain lo," ujarnya.

Baca Juga:
Ridho Rhoma Bongkar Dua Alasan Pakai Narkoba, Ada yang Bikin Deddy Corbuzier Heran

Rhoma Irama hanya akan marah pada anaknya jika mereka murtad, baik itu pindah agama atau ateis. Dia bahkan tak akan ragu memutuskan hubungan keluarga.

"Makanya saya it's okay (enggak masalah). Yang tidak boleh tuh, yang saya akan marah pada anak, ketika dia murtad, astaghfirullahaladzim. Ketika dia melawan Tuhan dalam arti kata substansial. Itu mungkin (bakal) putus hubungan," tegasnya.

Video yang Mungkin Anda Sukai

Baca Juga:
Rhoma Irama Sampai Angkat Tangan soal Ridho Rhoma yang Kerap Terjerat Narkoba

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More