Nur Khotimah | MataMata.com
Rekomendasi Film Hari Pahlawan. (IMDb)

Matamata.com - Hari Pahlawan selalu diperingati setiap tanggal 10 November. Peringatan Hari Pahlawan adalah salah satu cara untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan oleh para pejuang.

Ada banyak cara untuk bisa menunjukkan penghargaan kepada mereka yang gugur di medan perang demi kemerdekaan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh sineas Tanah Air dengan membuat film bertema pahlawan.

Selain untuk mengabadikan perjuangan pahlawan, film bertemakan perjuangan juga agar masyarakat bisa melihat betapa besar pengorbanan dan usaha yang dilakukan demi membuat Indonesia merdeka. Berikut adalah rekomendasi film Hari Pahlawan yang sudah MataMata.com himpun dan bisa ditonton bersama keluarga.

Baca Juga:
'Mana Ada Artis Mau sama Gue', Robby Purba Sebut Calon Istrinya Masih Keluarga Sendiri

1. Merah Putih (2009)

Rekomendasi Film Hari Pahlawan. (IMDb)

Berkisah tentang para taruna yang selamat dari pembantaian dari Belanda. Mereka adalah pasukan gerilya yang berjuang dari pedalaman Pulau Jawa. Dibintangi sederet aktor papan atas seperti Donny Alamsyah, Lukman Sardi, juga Zumi Zola. Merah Putih yang dirilis pada 2009 silam dibuat menjadi trilogi yang sama-sama populer.

2. Darah Garuda (2010)

Baca Juga:
Heboh Digosipin Hamil gara-gara Perut Buncit, BCL Akhirnya Buka Suara

Rekomendasi Film Hari Pahlawan. (IMDb)

Sekuel kedua dari Merah Putih, Darah Garuda tayang pada 2010 silam dengan pemain utama yang sama dengan film pertamanya. Selain dibintangi pemain yang sama, beberapa pemain baru ikut meramaikan film tersebut. Pada sekuel yang kedua, tugas para gerilyawan adalah untuk melawan Jendral Van Mook. Sekuel kedua masih mengambil latar tahun 1947.

3. Hati Merdeka (2011)

Rekomendasi Film Hari Pahlawan. (IMDb)

Film terakhir dari trilogi Merah Putih, adalah Hati Merdeka yang rilis pada 2011. Sama seperti dua film pertamanya, Hati Merdeka masih mengisahkan tentang perjuangan pasukan gerilya melawan Belanda. Para pejuang harus berjuang dengan banyak perbedaan di antara mereka mulai dari status, budaya, hingga agama. Ketiga film sekuel Merah Putih mengambil latar tahun 1947-1947 di mana para pejuang terus berperang dan bergerilya di awal kemerdekaan.

Baca Juga:
Geger Detik-detik Ashanty Pegang Perut Ayu Dewi saat di Tanah Suci: Hamil Lagi?

4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Rekomendasi Film Hari Pahlawan. (IMDb)

Berbeda dari tiga film sebelumnya yang menggambarkan perjuangan pahlawan di medan perang, Garin Nugroho mengambil kisah lain. Ia memilih mengangkat kisah perjuangan guru bangsa, Tjokroaminoto yang tak lain adalah pendiri organisasi Sarekat Islam (SI). Tjokroaminoto berjuang mengangkat hak dan martabat rakyat.

Tjokroaminoto yang memiliki latar belakang keislaman kuat dengan tegas menolak kesenjangan sosial. Selama perjuangannya ia sudah melahirkan banyak tokoh nasional seperti Soekarno, Semaoen, dan Kartosoewirjo. Walau beberapa dari muridnya mengambil ideologi dan jalan yang berbeda hingga saling berselisih paham.

Baca Juga:
10 Lagu Dangdut Koplo yang Viral di TikTok, Kalau Denger Pasti Langsung Joget

5. Battle of Surabaya (2015)

Rekomendasi Film Hari Pahlawan. (IMDb)

Berbeda dari film sebelumnya, Battle of Surabaya adalah film animasi yang rilis pada 20 Agustus 2015. Berkisah tentang peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang juga jadi latar belakang peringatan Hari Pahlawan. Film yang disutradarai oleh Aryanto Yuniawan mengisahkan kehidupan Musa. Ia adalah seorang pemuda yang menjadi tukang semir.

Musa ternyata bertugas sebagai kurir yang mengirim surat rahasia untuk para pejuang. Musa bersama sahabatnya Yumna dan Danu ikut berjuang dengan cara mereka. Ketiganya menyaksikan perang dan kehilangan orang terkasih selama perjuangan merebut kemerdekaan. Battle of Surabaya telah meraih banyak penghargaan termasuk Film dengan Animasi Terbaik dalam ajang Berlin International Film Festival pada 2017.

6. Kartini (2017)

Rekomendasi Film Hari Pahlawan. (IMDb)

Selanjutnya ada Kartini yang mengisahkan perjuangan R.A Kartini untuk memperjuangkan kesetaraan hak bagi kaum perempuan. Hanung Bramantyo menggandeng Dian Sastrowardoyo sebagai Kartini. Lewat film ini, penonton akan melihat bagaimana Kartini dan saudaranya Roekmini juga Kardinah mendidik perempuan di Jepara dan sekitarnya agar bebas dari kebodohan dan kemiskinan.

7. KADET 1947

Rekomendasi Film Hari Pahlawan. (IMDb)

Mengangkat kisah tentang peristiwa serangan udara pertama yang dilakukan oleh Angkatan Udara RI pada tahun 1947. Serangan itu dilakukan oleh para kadet atau taruna calon penerbang. Para kadet menyerang pertahanan tentara Belanda yang ada di Semarang, Ambarawa, dan Salatiga lewat serangan udara. Film yang digarap oleh Rahabi Mandra dan Aldo Swastia tayang pertama kali di bioskop pada 25 November 2021.

Perjuangan yang dilakukan para pahlawan mungkin lebih hebat dan membutuhkan pengorbanan yang lebih besar dari yang bisa dilihat pada film-film tadi. Jadi sudah sepatutnya kemerdekaan yang diraih dengan tumpah darah diisi dengan perjuangan lain untuk memajukan Indonesia di segala bidang. Dari beberapa rekomendasi film bertema pahlawan tadi mana yang akan kalian tonton di Hari Pahlawan ini?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More