Nur Khotimah | MataMata.com
Artis Lulusan S3. (Instagram/@okisetianadewi)

Matamata.com - Menjadi artis adalah karier yang diinginkan oleh banyak orang. Demi menjadi seorang publik figur ada yang sampai rela melepas pendidikannya. Tapi hal tersebut tidak berlaku bagi sederet artis berikut. 

Pasalnya mereka tetap menomorsatukan pendidikan meski sudah meraih popularitas. Tak hanya meraih gelar sarjana, mereka juga memiliki gelar doktor yang diraih setelah lulus S3. Bahkan ada pula yang memiliki dua gelar doktor sekaligus lho.

Kesuksesan yang diraih sebagai seleb tak membuat artis tersebut berhenti belajar. Menimba ilmu justru dijadikan hal utama yang diprioritaskan. Lantas siapa saja mereka? Biar nggak makin kepo simak dulu daftar artis lulusan S3 dan sudah bergelar doktor berikut.

Baca Juga:
9 Adu Peran Pemain Drama Reborn Rich, Soroti Dua Kehidupan Song Joong Ki yang Sangat Berbeda

1. Alya Rohali 

Artis Lulusan S3. (Instagram/arohali)

Artis senior Alya Rohali memiliki berparas cantik dan punya kemampuan akting mumpuni. Selain itu Alya juga berotak encer, hal ini dibuktikan dengan ditempuhnya program double degree untuk jenjang S2. Setelah lulus sebagai sarjana hukum dari Universitas Trisakti ia melanjutkan program magister hukum dan kenotariatan di Universitas Indonesia. Ia melanjutkan kuliah S3 dan mengambil bidang kenotariatan.

2. Oki Setiana Dewi

Baca Juga:
9 Potret di Balik Layar Bad Prosecutor, Drama Keren D.O. EXO Tamat dengan Rating Memuaskan

Artis Lulusan S3. (Instagram/@okisetianadewi)

Sebelum dikenal sebagai pendakwah Oki Setiana Dewi lebih dulu memulai karier sebagai bintang film. Sukses sebagai artis dan penceramah, Oki ternyata punya dua gelar doktor. Gelar yang pertama diraihnya di bidang Komunikasi Dakwah pada program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah. Kemudian ia kembali mengambil S3 di Institut Perguruan Tinggi Ilmu Agama Alquran dan sudah mengikuti sidang promosi doktor.

3. Marissa Haque

Artis Lulusan S3. (Instagram/marissahaque)

Istri Ikang Fawzi, Marissa Haque berhasil mendapat gelar doktor dari Pusat Studi Lingkungan Institut Pertanian Bogor pada 2012 silam. Riwayat pendidikan yang ditempuh oleh Marissa Haque memang tidak linear sebab ia bergelar sarjana hukum dari Universitas Tri Sakti. Kemudian melanjutkan S2 di bidang Bahasa Anak Tuna Rungu Universitas Katolik Atma Jaya dan justru lulus dengan gelar magister di bidang Administrasi Bisnis UGM Yogyakarta. 

Baca Juga:
11 Potret Reiner Manopo, Raja Sinetron Laga Kini Viral Jadi Tukang Servis Jok Motor

4. Dea Tunggaesti 

Artis Lulusan S3. (Instagram/deatunggaesti)

Kini berkarier sebagai pengacara, Dea Tunggaesti adalah alumni Universitas Pelita Harapan. Lulus S1 ia mengambil magister hukum di UGM dan kembali melanjutkan kuliah di jenjang S3. Dea pun meraih gelar doktor dari Universitas padjajaran. 

5. Chintya Sari

Baca Juga:
10 Potret Transformasi Kirana Anak Anggun yang Baru Ultah ke-15, Makin Cantik

Artis Lulusan S3. (Instagram/chintyasari.msi)

Tanpa banyak yang tahu pedangdut Chintya Sari telah mendapat gelar doktor pada bidang psikologi dari Universitas Padjadjaran. Sebelumnya ia meraih gelar sarjana manajemen dan magister komunikasi.

6. Desy Ratnasari 

Artis Lulusan S3. (Instagram/desyratnasariterdepan)

Artis yang sekarang berkiprah di dunia politik, Desy Ratnasari juga merupakan lulusan S3 psikologi. Ia menempuh pendidikan doktornya di Universitas Indonesia. Tak hanya sukses sebagai artis dan politikus, Desy juga membuktikan kemampuannya di bidang akademik dengan menjadi dosen tamu di universitas swasta. 

7. Dede Yusuf 

Artis Lulusan S3. (Instagram/ddyusuf66)

Populer berkat film Catatan si Boy (1986), Dede Yusuf sudah cukup lama meninggalkan dunia hiburan dan jadi politikus. Untuk menunjang karier politiknya, Dede melanjutkan pendidikan hingga jenjang S3. Ia bahkan lulus dengan predikat cumlaude hanya dalam waktu singkat yaitu 2,5 tahun saja. 

8. Edwin  Manansang 

Artis Lulusan S3. (Instagram/edmanans)

Pernah mencicipi karier sebagai penyanyi dengan vokal Edwin Manansang tetap mendahulukan pendidikan. Buktinya ia sudah memiliki gelar doktor di bidang ekonomi bisnis sejak 2012 silam. Edwin menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Indonesia dan kini menjadi PNS Eselon II di Kemenko Perekonomian. Edwin memegang jabatan sebagai Asisten Deputi Kerjasama Ekonomi Multilateral dan Pembiayaan.

9. Kiki Friderica

Artis Lulusan S3. (Instagram/fridericawidyasari)

Artis lawas Kiki Frederica mendapat  gelar doktor dari Universitas Gajah Mada pada 2019. Artis bernama asli Friderica Widyasari ini lulus dengan predikat cumlaude. Ia memilih terus belajar karena ingin tak ingin bergantung pada karier keartisan Sekarang ia menjabat memiliki jabatan mentereng yaitu Chief Executive Officer (CEO) BRI Danareksa Sekuritas.

Pendidikan adalah hal penting yang harus terus dikejar seperti yang dilakukan oleh 9 artis tadi. Kisah mereka yang mementingkan pendidikan meski sudah sukses sangat inspiratif dan semoga bisa menginspirasi.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More