Ade Wismoyo | MataMata.com
Profil Rudy Salam. (Instagram/runasalam)

Matamata.com - Kabar duka datang dari keluarga Roy Marten. Melalui Instagram, Gading Marten mengabarkan bahwa Rudy Salam meninggal dunia hari ini, Jumat (18/11/2022). Seperti diketahui aktor senior yang sudah berkarier sejak tahun 1975 itu adalah kakak dari Roy Marten.

Rudy Salam meninggal dunia di Rumah Sakit Harum. Ia meninggalkan seorang istri dan dua orang anak untuk selamanya. Kabar duka yang disampaikan oleh Gading Marten ikut menjadi duka bagi penggemar Rudy Salam.

Sepanjang kiprahnya sebagai aktor, Rudy Salam sudah membintangi banyak film layar lebar dan sinetron. Film terakhir yang dibintangi Rudy Salam adalah 2014: Siapa di Atas Presiden? (2015). Untuk mengenang sosoknya sebagai aktor senior, berikut profil Rudy Salam.

Baca Juga:
Detik-detik Lucinta Luna Berkelahi dengan Isa Zega Viral: Gelutnya Kurang Laki!

1. Biodata Rudy Salam

Profil Rudy Salam. (Instagram/runasalam)

Rudy Salam lahir di Salatiga, Jawa Tengah pada 3 Desember 1948. Ia memiliki nama lengkap Rudy Sutantio Abdul Salam. Rudy merupakan kakak dari aktor Roy Marten dan Chris Salam. Jadi Rudy Salam adalah om dari Gading Marten.

Pada tahun 1978, Rudy Salam menikahi artis cantik, Marina Gardena. Dari pernikahannya itu, Rudy Salam memiliki dua orang anak. Kedua anaknya yaitu Runa Salam dan Rama Prakarsa Salam.

Baca Juga:
Dipolisikan gegara Lepas Baju di Panggung, Widi Vierratale Banjir Dukungan Netizen: Letak Pornografinya di Mana?

2. Awal karier

Profil Rudy Salam. (Instagram/runasalam)

Rudy Salam memulai kiprahnya sebagai aktor pada kisaran tahun 1975. Kemudian pada tahun 1977, ia dipercaya bermain dalam film Jakarta Jakarta. Sejak debut jadi bintang film layar lebar, Rudy Salam segera jadi aktor pilihan banyak sutradara.

Bahkan pada masa awal karier, Rudy Salam pernah bermain dalam 7 judul film sekaligus di tahun yang sama. Beberapa film yang sukses melambungkan namanya adalah Rosita, Sejuta Duka Ibu, juga Garis-Garis Hidup. Film yang semuanya tayang di tahun 1977 itu ia bintangi dengan aktris Doris Callebaute.

Baca Juga:
Kabar Duka dari Gading Marten, Rudi Salam Meninggal Dunia

3. Film yang dibintangi

Profil Rudy Salam. (Instagram/runasalam)

Rudy Salam lebih dulu dikenal luas sebagai pemain film. Sebab sebelum terjun ke dunia sinetron, Rudy lebih dulu meraih ketenaran sebagai aktor film. Rudy Salam sangat populer pada era 90an. Ia jadi pemain beberapa film populer seperti Rosita (1997), Yang Muda Yang Bercinta (1977), Roda-Roda Gila (1978), Dalam Pelukan Dosa (1984).

Kariernya sebagai bintang film tetap bersinar hingga era 2000-an. Beberapa film yang dibintanginya tersebut tak kalah populer. Seperti Mama Cake (2012) juga Garuda Superhero (2013). Termasuk film aksi dengan bumbu isu politik berjudul 2014: Siapa di Atas Presiden? yang jadi film layar lebar terakhirnya. Dalam film yang juga dibintangi Atiqah Hasiholan itu, Rudy berperan sebagai Faisal Abdul Hamid.

Baca Juga:
Angel Karamoy Bicara soal Hubungan dengan Jose Poernomo: Doakan Saja, Semoga Jodoh

4. Bintang sinetron

Profil Rudy Salam. (Instagram/runasalam)

Sukses sebagai bintang film, Rudy Salam juga mendulang sukses sebagai pemain sinetron. Puluhan judul sinetron sudah diperankan olehnya. Sebut saja sinetron laris Pernikahan Dini (2001), Buku Harian Nayla (2006), Candy (2007), Nikita (2009), dan sinetron terakhirnya Kau yang Berasal dari Bintang (2014). Peran yang dimainkan oleh Rudy Salam pun beragam. Mulai dari antagonis juga protagonis. Kebanyakan ia berperan sebagai ayah dari tokoh utama dalam sinetron yang dibintangi.

5. Pensiun dari dunia hiburan

Profil Rudy Salam. (Instagram/runasalam)

Puluhan tahun berkiprah sebagai aktor dan telah bermain dalam banyak judul film serta sinetron. Rudy Salam memutuskan untuk berhenti dari dunia hiburan dan memperdalam agama. Usai pensiun, Rudy Salam menjadi pengkhotbah di gereja. Ia pun mengaku bahagia bisa menjadi anak Tuhan.

6. Meninggal dunia

Profil Rudy Salam. (Instagram/runasalam)

Rudy Salam meninggal dunia di usia 73 tahun. Ia menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Harum pada pukul 06.04 WIB. Kabar duka ini disampaikan oleh keponakan Rudy Salam, Gading Marten lewat Instagram. Rudy Salam meninggalkan seorang istri dan dua orang anak untuk selamanya. 

Kepergian Rudy Salam tak hanya menjadi duka bagi keluarga tapi juga semua insan perfilman. Semoga almarhum ditempatkan di tempat terbaik di sisi Tuhan. Selamat jalan, Rudy Salam!

Load More