Nur Khotimah | MataMata.com
Artis Cerai karena Poligami. (Instagram/maiaestiantyreal)

Matamata.com - Poligami menjadi salah satu isu sensitif dalam hubungan rumah tangga. Selain itu, isu ini juga mengundang banyak pro kontra bagi masyarakat Indonesia. Bahkan beberapa artis cerai karena poligami dan memilih mengakhiri pernikahan mereka.

Ya, sebagian besar perempuan memang menolak dengan tegas praktik poligami. Meskipun ada pula yang rela dimadu oleh suaminya. Praktik poligami memang tidak dilarang asalnya ada persetujuan dari istri pertama. Sayangnya memadu perempuan dengan janji akan bisa berlaku adil tidak selalu berjalan mulus.

Sebagaimana yang dialami oleh beberapa artis Indonesia yang memantapkan hati meninggalkan suami mereka yang ingin menikah lagi. Parahnya ada yang ketahuan berpoligami setelah bertahun-tahun lamanya. Lantas siapa saja artis yang lebih memilih untuk cerai karena dipoligami? Simak daftarnya berikut.

Baca Juga:
Ayu Dewi Pilih Suami Selingkuh daripada Suami Poligami, Alasannya Bikin Melongo

1. Rieke Diah Pitaloka

Artis Cerai karena Poligami. (Instagram/riekediahp)

Artis cantik yang kini aktif sebagai politisi, Rieke Diah Pitaloka memilih untuk menceraikan Donny Gahral Adian. Alasan pemeran Oneng menggugat cerai suaminya adalah karena Donny ternyata menduakannya dengan wanita lain tanpa sepengetahuan Rieke. Kendati Donny meminta untuk menjaga status hubungan pernikahan mereka demi karier, Rieke kekeh untuk bercerai.

2. Cinta Penelope

Baca Juga:
Raul Lemos Santer Diduga Poligami, Reaksi Krisdayanti Disorot: Langsung ke Timor Leste

Artis Cerai karena Poligami. (Instagram/princess_cinta_penelope)

Pernikahan Cinta Penelope dengan dengan Dony Hermawan tahun 2014 silam kandas hanya setelah 10 bulan berlangsung. Dony ketahuan berpoligami padahal sebelumnya Cinta sudah mengizinkan sang suami menikah lagi asal dengan izinnya. Karena ketidakjujuran Dony, pelantun lagu Keong Racun itu melayangkan gugatan cerai pada April 2015.

3. Nia Daniati

Artis Cerai karena Poligami. (Instagram/niadaniatynew)

Farhat Abbas dan Nia Daniati menikah pada tahun 2002 silam. Pernikahan mereka harus kandas karena Farhat menikah lagi. Kendati Farhat meminta izin secara terbuka, tapi Nia menolak dan memilih bercerai. Penyanyi lawas ini pun menggugat cerai Farhat Abbas Januari 2014.

Baca Juga:
Kecam Perselingkuhan, Aldi Taher Doakan Rizky Billar Poligami: Tidak Haram

4. Peggy Melati Sukma

Artis Cerai karena Poligami. (MataMata.com/Ismail)

Artis yang kini sudah hijrah dan semakin religius Peggy Melati Sukma juga mengalami kehancuran rumah tangga karena poligami. Suaminya kala itu, Wisnu Tjandra berpoligami secara diam-diam. Wisnu menikahi model dan penyanyi Leenda Harahap pada tahun 2010. Setelah mengetahui diduakan, Peggy menceraikan Wisnu yang sudah dinikahinya selama 4 tahun. Ia menggugat cerai Wisnu pada tahun 2011 silam.

5. Opick

Artis Cerai karena Poligami. (Instagram/opick_tomboati)

Penyanyi religi Opick diceraikan oleh istrinya Dian Rositaningrum yang sudah mendampinginya selama 16 tahun. Pelantun lagu Tombo Ati itu diketahui menikah lagi dengan perempuan bernama Wulan Mayangsari. Dian sempat mencoba mempertahankan rumah tangganya tapi Opick menolak menceraikan istri mudanya.

6. Dewi Yull

Artis Cerai karena Poligami. (Instagram/dewiyulloffcial)

Menikah pada tahun 1981, rumah tangga Dewi Yull dan Ray Sahetapy berujung perceraian. Pasangan artis senior ini memutuskan bercerai pada tahun 2004. Perpisahan mereka karena terjadi karena Dewi Yull menolak dimadu. Kini keduanya sudah memiliki pasangan baru dan hidup bahagia.

7. Kiwil

Artis Cerai karena Poligami. (Instagram/kiwilcomedy)

Komedian Kiwil adalah salah satu artis yang menikahi lebih dari dua perempuan. Kiwil menikahi istri pertamanya Rohimah pada 28 Februari 1998. Kiwil menikah lagi dengan Meggy Wulandari pada 2003 dan digugat cerai pada 2020. Usai cerai dari istri kedua, Kiwil malah menikah lagi dengan Eva Bellisima. Akibatnya Rohimah yang sudah sangat sabar dengan sikap Kiwil menyerah dan merelakan pernikahan yang dibina selama 22 tahun kandas.

8. Ustaz Ahmad AlHabsyi

Artis Cerai karena Poligami. (Instagram/ahmadalhabsyi_real)

Tanpa sepengetahuan istrinya, Putri Aisyah Aminah Ustaz Ahmad AlHabsyi berpoligami. Mirisnya Putri tahu jika dirinya dimadu lewat telepon dan pesan singkat. Yang lebih menyakitkan, Putri telah diduakan selama 7 tahun lamanya. Bahkan dari poligami yang dilakukan tersebut, Ustaz Ahmad AlHabsyi telah memiliki dua orang anak. Akhirnya Ustaz Ahmad Alhabsyi diceraikan oleh Putri pada November 2017.

9. Maia Estianty

Artis Cerai karena Poligami. (Instagram/maiaestiantyreal)

Isu KDRT hingga orang ketiga mewarnai drama perceraian Maia Estianty dan Ahmad Dhani. Maia memutuskan menyerah pada pernikahannya dan bercerai karena tak ingin dimadu. Tak lama setelah, cerai Ahmad Dhani segera menikahi Mulan Jameela sementara Maia memilih melajang cukup lama. Baru pada 2018, Maia mantap menikah lagi dengan Irwan Mussry.

Itulah artis yang lebih rumah tangganya hancur karena poligami. Ada yang jadi korban poligami suami, ada juga yang justru menjadi pelaku poligami sehingga menjadi penyebab kehancuran pernikahan mereka.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More