Kamis, 09 Mei 2024
Yohanes Endra | MataMata.com Minggu, 11 Desember 2022 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Kebersamaan Jokowi dan cucu-cucunya, terutama Jan Ethes, kembali menyita perhatian warganet kala pagelaran acara Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Loji Gandrung, Kota Surakarta, Minggu (11/12/2022).

Ngunduh Mantu dilaksanakan sesuai dengan adat Jawa, dimulai dari panampi boyong manten, nyebar udik-udik, hingga kirab pengantin dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran.

Dari seluruh rangakaian cara tersebut, ada salah satu momen yang membuat warganet salah fokus, yakni ketika Jokowi dan sang istri menyebar udik-udik berisi beras dan uang receh di sepanjang altar.

Baca Juga:
Super Mewah! Potret Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Selama prosesi tersebut, Jan Ethes tampak sangat bersemangat saat memunguti uang receh yang disebar sang nenek ke lantai.

Potret Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (MataMata.com/Suwarjono)

Tidak hanya Jan Ethes, Selvi Ananda dan Kahiyang Ayu juga turut melakukan hal yang sama. Begitu pula Kaesang Pangarep serta Erina Gudono.

Diketahui, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah mengikuti acara resepsi ngunduh mantu dan tasyakuran, Minggu (11/12/2022). Momen ini dilakukan setelah proses akad nikah pada Sabtu (10/12/2022) kemarin.

Baca Juga:
Muka Mantan Kaesang Pangarep Nadya Arifta Mendadak Jadi Sorotan: Kok Mirip Mayang?

Pada acara ini, nantinya, pada awal acara Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melakukan sungkeman kepada orang tua dan mertua. Setelah itu, keduanya akan diarak dengan kereta kuda menuju lokasi tasyakuran yaitu Pura Mangkunegaran.

Dalam live yang disiarkan di kanal Youtube Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tampak memakai baju adat Jawa dodotan.

Pada baju adat ini pihak pria akan memakai kain yang dipasang setengah perut. Sedangkan wanita akan mengenakan kain kemben batik. Kedua bahu mempelai nantinya akan terekspos dengan hiasan kalung bunga di bagian leher.

Baca Juga:
Heboh Kaesang Pangarep Diangkat Presiden Indonesia sebelum Nikah, Netizen Auto Kesal

Pihak keluarga memakai pakaian yang berbeda dari mempelai. Untuk laki-laki, keluarga mengenakan beskap beludru hitam dengan motif khas dan blangkon di bagian kepala. Sementara itu, untuk perempuan mengenakan kebaya beludru dengan sanggul di bagian kepala.

Lantas seperti apa potret acara ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono? Simak beberapa potret acara tersebut!

Baca Juga:
Momen Manis Kaesang Pangarep Cium Iriana Jokowi di Hari Pernikahannya: Tetap Jadi Anak Mama