Nur Khotimah | MataMata.com
Jenis Baju Pengantin yang Dipakai Kaesang dan Erina (instagram/@morden.co)

Matamata.com - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sukses menyedot perhatian publik dalam beberapa hari terakhir. Putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut menggelar serangkaian acara adat sekaligus pesta rakyat.

Pasangan yang berbahagia ini tampil dengan busana berbeda untuk setiap rangkaian acara pernikahan mereka. Penasaran apa saja jenis baju pengantin yang dipakai Kaesang dan Erina? Simak ulasannya berikut.

1. Baju Adat Yogyakarta

Baca Juga:
Kaesang Pangarep Disuruh Ngitung Amplop usai Hajatan, Jawabannya To The Point Banget!

Jenis Baju Pengantin yang Dipakai Kaesang dan Erina (instagram/@morden.co)

Untuk akad nikah yang digelar pada Sabtu (10/12/2022), Kaesang Pangarep dan Erina Gudono kompak berbusana adat Yogyakarta dengan nuansa serba putih. Erina begitu menawan mengenakan kebaya kutubaru dipenuh payet berkilau dengan riasan paes ageng.

Kaesang sendiri tampak gagah dalam balutan beskap atau surjan berwarna senada dengan payet di beberapa bagian. Surjan merupakan busana yang kerap dikenakan oleh para sultan Keraton Yogyakarta di masa lampau.

2. Baju Adat Jawa Kesatrian Ageng

Baca Juga:
Soimah Pulang Kondangan Langsung Buka Souvenir Nikahan Kaesang, Isinya Jadi Sorotan: Sederhana Banget!

Jenis Baju Pengantin yang Dipakai Kaesang dan Erina (YouTube Indosiar)

Resepsi pernikahan Kaesang dan Erina digelar dua kali, yakni siang dan malam. Untuk resepsi siang, mereka mengenakan pengantin Kesatrian Ageng yang juga merupakan busana adat Yogyakarta.

Baju pengantin Kesatrian Ageng memberikan tampilan yang berwibawa untuk Kaesang dengan surjan hitam bermotif ukiran emas sebagai atasan dan penutup kepala. Penampilan Erina terlihat anggun dengan kebaya berwarna senada.

3. Baju Adat Jawa Keprabon

Baca Juga:
Bukan Sembarang Rp300 Ribu, Uang Mahar Kaesang dan Erina Ternyata Simpan Kode Rahasia

Jenis Baju Pengantin yang Dipakai Kaesang dan Erina (YouTube Indosiar)

Resepsi malam harinya berlangsung di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah. Kaesang dan Erina mengenakan pakaian adat Jawa yang berbeda dengan yang mereka kenakan pada sesi siang.

Pasangan pengantin baru ini diketahui memakai pakaian Jawa Keprabon, dilihat dari tutup kepala Kaesang. Untuk warnanya, mereka mereka memilih merah dengan motif ukiran berwarna emas.

4. Baju Adat Dodotan

Jenis Baju Pengantin yang Dipakai Kaesang dan Erina (YouTube Presiden Joko Widodo)

Kaesang dan Erina terlihat mengenakan pakaian pengantin khas Solo yang disebut Dodotan untuk acara Ngunduh Mantu. Pakaian ini menggunakan kain kemben panjang dan lebar yakni dodot atau kampuh.

Untuk Kaesang, dodotan dipakai hingga sebatas perut dan memperlihatkan bagian dada. Sedangkan Erina begitu anggun dan menawan dengan rambut sanggul serta paes yang menghiasi keningnya. Riasan paes sudah digunakan sejak akad.

Itu dia jenis baju pengantin apa saja yang dipakai Kaesang dan Erina di rangkaian acara pernikahan mereka.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More