Ade Wismoyo | MataMata.com
Hukum Menelan Air Liur dan Dahak Saat Puasa (freepik)

Matamata.com - Hukum Menelan Air Liur dan Dahak Saat Puasa, Apakah Membatalkan?

Menelan air liur atau dahak saat berpuasa merupakan hal yang tak bisa dihindari. Lantas apakah hal tersebut membatalkan puasa kita?

Banyak hal yang membatalkan puasa, baik dilakukan secara sengaja maupun tak sengaja. Kamu mungkin bertanya-tanya apakah menelan air liur atau dahak termasuk salah satunya.

Baca Juga:
Doa Selamat Dunia Akhirat, Singkat dan Mudah Dihapal

Biar kamu nggak bingung, berikut hukum menelan air liur atau dahak saat puasa yang dijelaskan dalam beberapa dalil serta hadis.

Hukum Menelan Air Liur dan Dahak saat Puasa

Hukum Menelan Air Liur dan Dahak Saat Puasa (freepik)

Menelan air liur dan dahak saat puasa adalah hal yang wajar. Itu karena dahak merupakan lendir yang secara otomatis diproduksi oleh paru-paru dan tenggorokan untuk melindungi saluran pernapasan dari gangguan.

Baca Juga:
Hukum Sikat Gigi saat Puasa di Pagi dan Siang Hari, Bolehkah?

Menurut surat Al Baqarah ayat 185, Allah SWT telah memudahkan segala urusan manusia, terlebih untuk urusan ibadah. Jadi, menelan air liur dan dahak tidak membatalkan puasa apabila masih dilakukan dengan wajar.

"Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu." (Al Baqarah ayat 185).

Kesepakatan Ulama Berdasarkan Hadis Rasulullah SAW

Baca Juga:
Doa Setelah Wudhu, Jarang Diamalkan Karena Sunnah

Hukum Menelan Air Liur dan Dahak Saat Puasa (freepik)

Selain firman Allah SWT, para ulama juga sepakat bahwa menelan air liur dan dahak tidak termasuk dalam hal yang membatalkan puasa. Alasannya karena itu sudah biasa terjadi dalam tubuh.

Ada juga hadis yang Rasulullah SAW yang menerangkan bahwa menelan air liur dan dahak tidak membatalkan puasa. Disebutkan bahwa selama yang tertelan masih di dalam mulut, maka itu tidak akan menjadi masalah.

Hal tersebut dijelaskan dalam suatu riwayat Bukhari, dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'anhu berikut ini.

Baca Juga:
Niat dan Doa Sholat Tahajud Beserta Tata Caranya

"Ketika kalian sedang melaksanakan salat, sesungguhnya dia sedang bermunajat dengan Rabb-nya (Allah). Karena itu janganlah dia meludah ke arah kiblat, namun meludahlah ke arah kirinya atau ke arah bawah sandalnya. Kemudian dia ambil ujung pakaiannya dan dia ludahkan di pakaiannya."

Syarat Menelan Air Liur dan Dahak yang Tak Membatalkan Puasa

Hukum Menelan Air Liur dan Dahak Saat Puasa (freepik)

Adapun beberapa syarat menelan air liur dan dahak yang tak membatalkan puasa. Pertama, air liur masih murni. Selama tidak ada benda lain yang membuat air liur berubah warnah, maka itu tidak akan membatalkan puasa jika tertelan.

Kedua, air liur berasal dari tubuh sendiri. Selain itu juga disebutkan bahwa air liur tidak keluar dari batas ma'fu yakni mulut bagian luar.

Terakhir, dilakukan secara wajar. Artinya, jika kamu sengaja menelan dahak secara berulang-ulang dalam waktu yang panjang, maka puasamu dianggap batal.

Itu dia menelan air liur atau dahak saat puasa. Asal dilakukan sewajarnya, puasamu di bulan Ramadan aman-aman saja, guys.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More