Yulia Rosdiana Putri | MataMata.com
Potret Hangat Najwa Shihab dan Quraish Shihab (Instagram/@najwashihab)

Matamata.com - Beberapa waktu lalu, Daniel Mananta kembali mengundang seorang tokoh agama yang menarik dalam podcast miliknya. Kali ini, Ayah dari Najwa Shihab sekaligus seorang ulama terkemuka di Indonesia, Quraish Shihab yang menjadi pilihan Daniel Mananta.

Video podcast milik Daniel Mananta bersama Quraish Shihab dibagikan pada 3 Juli 2023 lalu. Hingga Kamis (27/7/2023), videonya sudah ditonton hingga 130 ribu kali. Tak hanya di YouTube, Daniel juga membagikan beberapa cuplikan melalui akun TiKTok.

Salah satu cuplikan yang menarik untuk dibahas ternyata berkaitan dengan putri Quraish Shihab, Najwa Shihab. Wanita yang dikenal dengan panggilan Mbak Nana itu memang memilih untuk tidak mengenakan hijab meski dirinya putri dari seorang Quraish Shihab.

Keputusan jurnalis hebat asal Indonesia itu pun menuai rasa penasaran dari Daniel Mananta. Ketimbang bertanya langsung kepada Najwa Shihab, Daniel Mananta memilih langkah yang unik dengan meminta penjelasan dari Quraish Shihab, tentunya selaku seorang Ayah sekaligus tokoh agama Islam.

Quraish Shihab dan Daniel Mananta. (YouTube Daniel Mananta Network)

"Mbak Nana, sampai eneg banget ditanyain, 'kenapa sih Mbak Nana gak berhijab?'" tanya Daniel Mananta kepada Quraish Shihab, melalui video yang sudah ditonton 1,8 juta kali di TikTok tersebut.

Mendengar pertanyaan dari Daniel Mananta selaku host, ditambah lagi dengan pandangan yang pernah diutarakan oleh putrinya soal hijab, Quraish Shihab tampak santai. Ahli agama Islam ini memberikan jawaban mengenai penafsiran perintah Allah soal hijab dalam agama Islam yang berbeda-beda.

"Memang ada perintah untuk menutup bagian-bagian tertentu dari badan, baik badan lelaki maupun badan perempuan, kita sepakat. Tetapi ketika itu akan diterapkan, timbul berbagai penafsiran. Berbicara tentang yang harus ditutup, itu beda pendapat," jelas Quraish Shihab.

Menariknya, Quraish Shihab juga mencontohkan bagian kepala dari perempuan yang disebut termasuk aurat dan harus ditutupi. Hanya saja, sudah sejak lama, timbul perdebatan mengenai bagian kepala yang mana yang harus ditutupi tersebut.

Load More