Ade Wismoyo | MataMata.com
Urutan Nonton Film The Conjuring Universe (imdb)

Matamata.com - Film-film horor dari The Conjuring Universe tak kalah digemari dari Marvel Cinematic Universe. Film terbarunya, The Nun 2, tayang mulai hari ini, Rabu (6/9/2023) di bioskop.

The Conjuring Universe dibuka oleh perilisan The Conjuring pada 2013 diikuti oleh dua sekuel. Kisahnya tentang Ed (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Taissa Farmiga), pasangan di kehidupan nyata yang menjadi terkenal karena menyelidiki aktivitas paranormal pada tahun 1960-an.

Ketiga film The Conjuring didasarkan pada kisah-kisah dari beberapa pengalaman mereka yang paling menakutkan. Sedangkan film-film yang lain, seperti Annabelle dan The Nun, menjadi cerita asal mula iblis yang menghantui keluarga Warren, yaitu Valak.

Baca Juga:
Sinopsis The Nun 2, Teror Valak Kembali Hantui Suster Irene

Film-film horor yang diciptakan James Wan ini dirilis tidak sesuai dengan urutan peristiwa yang terjadi. Dengan dirilisnya The Nun 2, berikut urutan nonton film The Conjuring Universe secara kronologis.

1. The Nun (2018)

Urutan Nonton Film The Conjuring Universe (imdb)

The Nun mengambil setting tahun 1952 di sebuah biara di Romania. Kisahnya tentang Pastor Burke (Demian Bichir) dan seorang biarawati muda bernama Irene (Taissa Farmiga) yang dikirim Vatikan untuk menyelidiki mayat seorang biarawati yang berujung pada asal usul Valak.

Baca Juga:
7 Film Horor Terbaik yang Bikin Bulu Kuduk Merinding, Ada The Conjuring

Ada kepercayaan bahwa Irene mungkin sebenarnya adalah Lorraine Warren, atau setidaknya mereka mungkin memiliki hubungan.

2. Annabelle: Creation (2017)

Urutan Nonton Film The Conjuring Universe (imdb)

Berlatar tahun 1955, Annabelle: Creation merupakan prekuel dari Annabelle tahun 2014. Kisahnya tentang seorang pembuat boneka bernama Samuel Mullins (Anthony LaPaglia) dan istrinya (Miranda Otto).

Baca Juga:
Tayang di Bioskop, Berikut Review The Conjuring: The Devil Made Me Do It

Sesuai dengan judulnya, film yang ditulis Gary Dauberman ini menceritakan asal usul Annabelle, iblis berwujud boneka yang tersimpan di rumah Ed dan Lorraine Warren.

3. The Nun 2 (2023)

Urutan Nonton Film The Conjuring Universe (imdb)

The Nun 2 berlatar tahun 1956, empat tahun setelah kejadian di film pertama. Penonton akan melihat Taissa Farmiga mengulangi perannya sebagai biarawati muda bernama Irene.

Baca Juga:
6 Fakta Tersembunyi Taissa Farmiga, Sosok Suster Irene di The Nun

Tayang 6 September 2023 di Indonesia, film ini menceritakan Irene yang kembali berkonfrontasi Valak setelah mengambil posisi mengajar di sekolah berasrama terpencil di pedesaan Prancis.

4. Annabelle (2014)

Urutan Nonton Film The Conjuring Universe (imdb)

Berlatar 12 tahun setelah peristiwa Annabelle: Creation, Annabelle menceritakan pasangan muda yang mengalami tragedi setelah berurusan dengan sebuah boneka yang tidak biasa. Mereka meninggalkan boneka tersebut dan pindah ke apartemen lain.

Janice, gadis pengidap polio dari Annabelle: Creation, muncul kembali di film ini. Namun dia bukan anak manis yang dulu kita kenal.

5. The Conjuring (2013)

Urutan Nonton Film The Conjuring Universe (imdb)

Secara kronologis, film keempat The Conjuring Universe sebenarnya adalah yang film yang pertama dirilis. The Conjuring berpusat pada kehidupan Ed dan Lorraine Warren yang membantu keluarga Perron dari iblis yang menghantui rumah mereka.

The Conjuring memperkenalkan Annabelle dan Valak untuk pertama kalinya. Meski dirilis pertama kali, film arahan James Wan ini menjadi cikal bakal The Conjuring Universe.

6. Annabelle Comes Home (2019)

Urutan Nonton Film The Conjuring Universe (imdb)

Annabelle Comes Home menggambarkan kejadian segera setelah keluarga Warren memperoleh Annabelle di film pertama Conjuring. Mereka menyelidiki bahayanya memiliki boneka itu di rumah.

Annabelle kembali meneror keluarga Warren bersama dengan banyak roh dan setan lainnya dari ruang artefak. Peristiwa ini terjadi saat keluarga Warren sedang pergi.

7. The Curse of La Llorona (2019)

Urutan Nonton Film The Conjuring Universe (imdb)

Berlatar tahun 1977, The Curse of La Llorona berpusat pada seorang janda Anna Garcia (Linda Cardellini) yang menjadi target dari roh penuh dendam. Hal ini juga membuat anak-anaknya dalam bahaya.

Seorang pendeta yang muncul di film ini juga berperan dalam Annabelle. Keluarga Warren juga disebutkan secara singkat dalam satu adegan. Terlepas dari hubungan ini, The Curse of La Llorona terasa seperti film yang berdiri sendiri.

8. The Conjuring 2 (2016)

Urutan Nonton Film The Conjuring Universe (imdb)

The Conjuring 2 menceritakan keluarga Warren saat mereka melakukan perjalanan ke London untuk membantu sebuah keluarga di pinggiran kota Enfield. Setting waktunya berdekatan dengan penyelidikan mereka terhadap pembunuhan Amityville.

The Conjuring 2 berhubungan erat dengan The Nun, mengingat iblis yang harus dihadapi keluarga Warren adalah Valak.

9. The Conjuring 3: The Devil Made Me Do It (2021)

Urutan Nonton Film The Conjuring Universe (imdb)

Patrick Wilson dan Vera Farmiga mengulangi peran mereka sebagai keluarga Warren. Mereka membantu Arne Cheyenne Johnson (Ruairi O'Connor) yang menjadi tersangka pembunuhan sadis pada 1981.

The Conjuring 3 menampilkan sosok Valak melalui sebuah foto. Ada pula ritual pemujaan setan yang ditampilkan dalam dua film Annabelle pertama.

Itulah urutan nonton film The Conjuring Universe secara kronologis, termasuk The Nun 2 yang rilis perdana hari ini.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More