Ade Wismoyo | MataMata.com
Perjalanan Karier Aulia Rakhman (Twitter/@rischyramadhani)

Matamata.com - Sosok komika Aulia Rakhman saat ini sedang disorot terkait pernyataannya tentang nama Nabi Muhammad SAW saat Standup dalam acara "Desak Anies" pada Kamis (7/12/2023).

Aulia Rakhman menyinggung berapa banyak orang bernama Muhammad di penjara. Karena pernyataannya tersebut, Aulia ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama.

Melalui Instagram @auliarakhman90, Aulia Rakhman sebenarnya telah memberikan klarifikasi. Bukan menghina, Aulia bermaksud menyindir orang bernama Muhammad yang sifatnya tidak sejalan dengan Rasulullah.

Baca Juga:
Komika Kiky Saputri Sindir Belinda Juara MasterChef Indonesia Season 11: Kasian Banget yang Namanya Kiki

Sayangnya video klarifikasi itu tidak membuat Aulia Rakhman lantas terbebas dari jerat hukum. Ancaman pidana 5 tahun penjara pun kini tengah menghantui Aulia.

Sebagai seorang komika, seperti apa perjalanan karier Aulia Rakhman? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Raih Golden Ticket SUCI 5

Baca Juga:
Boris Bokir, Presenter dan Komika Jenaka yang Ngaku Kesepian usai Bercerai

Perjalanan Karier Aulia Rakhman (Twitter/@rischyramadhani)

Berdasarkan cuitan dari rekan-rekannya di X, Aulia Rakhman sempat mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 5. Aulia bahkan mendapatkan Golden Ticket audisi SUCI 5 di Jogja.

Namun dalam daftar peserta SUCI 5 tahun 2015, nama Aulia Rakhman tidak ada. Pemenang SUCI 5 kala itu adalah Rigen yang kini jadi cast acara televisi "Main Hakim Sendiri" NET.

2. Alasan Tidak Lanjut SUCI 5

Baca Juga:
Profil dan Agama Mongol Stres, Komika yang Ngaku 2 Kali Khatam Al-Quran

Perjalanan Karier Aulia Rakhman (Twitter/@standupindo_lpg)

Alasan Aulia Rakhman berhenti dari SUCI 5 tidak diketahui secara pasti. Akun resmi Standup Indo Lampung hanya menjelaskan alasan Aulia tidak lanjut SUCI 5 dengan kalimat "takdir berkata lain".

Aulia Rakhman menerima Golden Ticket SUCI 5 pada akhir November 2014. Pencapaian tersebut rupanya didapatkan Aulia setelah tiga bulan ditinggalkan sang ayah untuk selama-lamanya.

3. Gelar Standup Comedy Show #BatasSuci

Baca Juga:
Komika Mongol Minta Asisten Konsisten Sedekah Jumat, Nominal Harus Besar: Jangan Kasih Rp 2 Ribu

Perjalanan Karier Aulia Rakhman (Twitter/@komtungTV)

Kendati tidak lanjut di SUCI 5, Aulia Rakhman tetap terus berkarya. Aulia diketahui membuat Standup Comedy Show berjudul #BatasSuci yang hanya bisa dinikmati fans di Lampung.

Saat mempromosikan show "Batas Suci", akun X @standupindo_lpg pun menyinggung perjalanan Aulia Rakhman yang mendapat Golden Ticket di SUCI 5. Pencapaian itu tentu membuktikan apabila Aulia merupakan seorang komika berbakat.

4. Berkarya di Lampung

Perjalanan Karier Aulia Rakhman (Twitter/@standupindo_lpg)

Seperti para komika kebanyakan, Aulia Rakhman membuat Standup Comedy Show spesial. Dengan judul #BatasSuci, Standup Comedy Show Aulia cukup mencuri perhatian hingga digelar dua kali, yakni pada 2017 dan 2019.

Bersama kawan-kawan di Standup Indo Lampung, Aulia Rakhman juga sempat membuat serial comedy BeGAL (Becanda Gaul Anak Lampung). Serial yang dibuat pada 2014 itu terdiri dari 5 episode yang masih dapat disaksikan melalui channel YouTube Newendi Septian.

5. Suka Berkebun

Perjalanan Karier Aulia Rakhman (Twitter/@BDLberkebun)

Selain Standup, Komika Aulia Rakhman memiliki ketertarikan pada kegiatan berkebun. Akun X @BDLberkebun kerap membagikan potret keikutsertaan Aulia dalam kegiatan panen bersama.

Dalam materi Standup pun, Aulia Rakhman pun sesekali menyelipkan materi berkebun. Salah satu materi Aulia ialah mengenai cita-citanya untuk berinvestasi pada tanaman.

Itu dia sedikit cerita perjalanan karier Aulia Rakhman di dunia Standup Comedy Indonesia. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More