Ade Wismoyo | MataMata.com
Artis Pilih Golput 2024 (Instagram/@mastercorbuzier)

Matamata.com - Pemilu 2024 akan segera berlangsung pada 14 Februari mendatang. Seluruh masyarakat Indonesia pun mulai menentukan pilihannya untuk mendukung pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden, termasuk para artis Tanah Air.

Lewat media sosial, para artis yang telah menentukan pilihannya menunjukkan dukungan terhadap Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) tertentu. Sebut saja Raffi Ahmad yang belakangan ikut serta dalam kegiatan paslon nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Rakabuming Raka.

Beda dari kebanyakan, artis-artis berikut ini justru menyatakan sebagai golongan putih alias golput. Salah satunya Nirina Zubir yang diduga akan golput karena tegas menyatakan ogah menyuarakan dukungan untuk paslon mana pun.

Baca Juga:
Pilkada Depok 2020, Ayu Ting Ting Pastikan Tak Golput

Seperti diketahui, golput adalah pilihan masyarakat Indonesia yang terdaftar sebagai pemilih untuk tidak memilih atau ikut serta sehingga tak akan menggunakan hak suaranya dalam pemilu. Golput bahkan diharamkan oleh MUI.

Nirina Zubir kemudian mengklarifikasi bahwa sebisa mungkin akan menggunakan hak suaranya. Hanya saja istri Ernest Cokelat tersebut menantikan capres dan cawapres yang mampu berkomitmen menyelesaikan masalah mafia tanah.

Lantas siapa saja artis pilih golput 2024 apabila Nirina Zubir masih pikir-pikir ulang? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga:
Sering Golput, Pemilu 2019 Momen Pertama Kali Raffi Ahmad Nyoblos

1. Jerinx SID

Artis Pilih Golput 2024 (Instagram/@true_jrx)

Pada 5 Januari lalu, Jerinx SID mengaku akan kembali golput pada Pemilu 2024 nanti. Bahkan Jerinx menolak tawaran dua paslon yang ingin mengundangnya manggung dengan fee ratusan juta rupiah.

Sikap Jerinx SID tak berubah lantaran juga golput pada Pemilu 2019. Menurut drummer band SID tersebut, golput bukan tidak peduli dengan politik, tetapi justru sikap menekan pemerintah agar tegas memilih memihak rakyat atau investor terkait reklamasi teluk benoa.

Baca Juga:
Anti Golput-Golput Club, 6 Gaya Artis Muda saat Nyoblos Pertama Kali

2. Sujiwo Tejo

Artis Pilih Golput 2024 (Instagram/@president_jancukers)

Begitupun Sujiwo Tejo yang tetap konsisten golput, baik pemilu terdahulu maupun Pemilu 2024 mendatang. Kendati begitu, ia tidak menyarankan masyarakat untuk ikut golput.

Sujiwo Tejo bahkan menyarankan masyarakat untuk tetap memberikan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024. Hanya saja aktor 61 tahun tersebut juga menyarankan untuk memilih semua paslon agar kertas suara tidak disalahgunakan pihak tertentu.

Baca Juga:
Menetap di Luar Negeri, 5 Artis Tanah Air Ini Nggak Mau Golput Lho

3. Nora Alexandra

Artis Pilih Golput 2024 (Instagram/@noraalexandra)

Beda dengan Jerinx SID, Nora Alexandra memutuskan untuk tidak golput. Nora Alexandra akan tetap memilih dan mengunjungi TPS pada Pemilu 2024 nanti.

Namun menurut Jerinx SID, sang istri akan memilih semua paslon. Pilihan Nora Alexandra tersebut membuat surat suara tidak sah sehingga belakangan ini juga dianggap sebagai sikap golput.

4. Deddy Corbuzier

Artis Pilih Golput 2024 (Instagram/@mastercorbuzier)

Beda dari tahun-tahun sebelumnya, Deddy Corbuzier akan golput di Pemilu 2024 mendatang. Hal itu berkaitan dengan jabatan baru Deddy sebagai Letnan Kolonel Tituler TNI AD.

Deddy Corbuzier mendapatkan pangkat Letkol Tituler sejak Desember 2022. Salah satu kewajiban Deddy sebagai Letkol Tituler ternyata adalah tidak memilih saat pemilu nanti alias golput.

Itu dia sederet artis pilih golput di Pemilu 2024 mendatang dengan berbagai alasannya. Kalau kamu, sudah menentukan pilihan belum nih? 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More